alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Polemik Qurban Online dan Sejumlah Tips yang Wajib Agan Tahu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b64b9a727680d40199d71/polemik-qurban-online-dan-sejumlah-tips-yang-wajib-agan-tahu

Polemik Qurban Online dan Sejumlah Tips yang Wajib Agan Tahu

Polemik Qurban Online dan Sejumlah Tips yang Wajib Agan Tahu

Beberapa tahun terakhir Qurban Online menjadi pembicaraan hangat tiap kali menjelang perayaan hari raya besar umat Islam, Idul Adha. Pembicaraan tersebut kaitannya dengan hukum qurban online dalam Islam. Apakah qurban online itu sah? begitu salah satu pertanyaan yang diajukan.

Perbedaan pendapat atau persilangan argumen dalam Fiqih adalah hal biasa. Perbedaan semacam ini sudah ada di kalangan Fuqoha masyhur seperti Imam Malik, Ibnu Hambal, Hanafi hingga Syafi'i, keempat Imam Mazhab fiqih itu kerap berbeda pendapat tentang suatu perkara.

Pun dengan qurban online, tak sedikit ustadz yang memberikan pendapat dan pendapatnya saling berlawanan. Kedua pendapat yang kotradiksi itu juga didasari dengan dalil Al Quran dan Al Hadis. Lantas bagaimana kita menyikapinya?

Nafsi, nafsi, alias kembali pada diri sendiri. Kita boleh mengikuti pendapat yang menganjurkan ibadah qurban seperti biasanya. Membeli hewan qurban sendiri, menyerahkannya ke petugas masjid terdekat, dan mewakilkan seluruh penyembelihan, pengulitan, pencelcelan hingga pendistribusian.

Boleh juga mengikuti pendapat yang membolehkan qurban secara online. Kita mentransfer sejumlah uang ke lembaga tertentu yang kepercayaannya terjamin dan berpengalaman, mewakilkan seluruh prosesi ibadah qurban kepadanya hingga selesai.

Dalam hal ini tentu keduanya memiliki plus dan minus masing-masing. Apa saja plus dan minusnya? silahlah dijawab di kolom komentar ya Gan.

Nah, adapun menurut mimin, qurban online itu sah-sah saja, dan bahkan solusi untuk agan yang jadwalnya sangat padat, ada tugas pekerjaan, atau dinas ke luar negeri. Pastinya dengan jadwal sepadat itu agan tidak memungkinkan untuk memilih dan membeli hewan qurban di pasar. Iya kan? Karenanya, qurban online bisa menjadi pilihan.

Belum lagi soal penyembelihan, pengelolaan dan pendistribusian, dengan qurban online semua itu bisa teratasi dengan baik dan progresif.

SuperQurban


Seperti halnya program superqurban Rumah Zakat. Superqurban adalah program Rumah Zakat dalam mengoptimalisasi daging qurban yang diolah menjadi cadangan pangan dari protein hewani untuk masyarakat di Indonesia dan Dunia.

Superqurban menjadi salah satu program inovasi Rumah Zakat dalam pelaksanaan Ibadah Qurban dengan mengolah dan mengemas daging Qurban menjadi Kornet dan Rendang. Produk Superqurban mampu menjawab masalah pendistribusian daging Qurban sampai ke daerah-daerah pelosok dan terdepan di Nusantara.

Kornet yang tahan hingga 3 tahun dan rendang Qurban yang tahan sampai 2 tahun, bisa didistribusikan sepanjang tahun, dan sangat efektif untuk pembinaan gizi dan Aqidah. Berangkat dari sini Rumah Zakat meraih banyak penghargaan dari program Superqurban sebagai produk inovasi optimalisasi daging hewan Qurban.

Bila pengelolaan hewan qurban sampai  seperti itu, masak iya qurban online tidak boleh? Sekali lagi, itu kembali pada diri masing-masing.

Jadi kalau misal agan mau menunaikan ibadah qurban dan dengan secara seperti biasanya, silahkan, itu baik dan langsung bisa dinikmati masyarakat sekitar. Namun bila agan ingin qurban online, di Rumah Zakat misalnya, silahkan ikuti beberapa tips sebagai berikut.

Tips Qurban Online

1. Pilih Lembaga Terpercaya

Sejak mencuatnya Qurban online, banyak sekali lembaga baru bermunculan yang menawarkan layanan ini dengan harga yang super murah. Saran saya, harap hati-hati dan baiknya agan memilih lembaga yang sudah terpercaya dan namanya sudah populer di Indonesia, seperti Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, NUcare atau yang lain.

2. Cermati Program Lembaga Tersebut

Setiap lembaga memiliki program khusus dalam menjalankan qurban. Ada yang konvensional atau seperti biasanya, ada yang didistribusikan ke pelosok negeri dalam bentuk daging mentah, ada pula yang prograsif seperti program Superqurban Rumah Zakat.

Silahkan cermati dan pilih yang sesuai dengan harapan agan.

3. Tunaikan Sesuai Dengan Prosedur Lembaga

Tidak bisa dipungkiri, dengan munculnya lembaga penyalur hewan qurban baru, banyak sekali oknum penipuan mengatasnamakan lembaga yang sudah terpercaya. Mereka berkedok sebagai penyalur lembaga tersebut dan meminta korban untuk menyalurkan uangnya lewat oknum tersebut.

Karenanya, sebelum agan transfer dan berniat qurban online, pastikan nomor rekening atau pihak ketiga tersebut benar-benar telah menjadi mitra resmi lembaga penyalur qurban.

Seperti halnya BebasBayar yang sudah menjadi mitra resmi Rumah Zakat dalam hal bakti sosial maupun qurban online. Bila agan memilih menunaikan ibadah qurban dengan mewakilkan ke Rumah Zakat, agan bisa transfer biaya qurban via aplikasi BebasBayar.

Nah, untuk memverifikasi apakah BebasBayar benar-benar mitra resmi Rumah Zakat, agan tinggal masuk ke web official Rumah Zakat dan melihatnya di laman partnership. Bila agan kebingungan, agan juga bisa menghubungi lembaga Rumah Zakat secara langsung dan menanyakannya, atau bisa juga cek di media sosial Rumah Zakat.

Dengan cek ricek terlebih dulu agan akan terselamatkan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. So, hati-hati ya gan!

Yaps, itulah ulasan singkat tentang qurban online beserta tipsnya. Semoga siapa saja yang berqurban di hari raya Idul Adha tahun ini bisa diterima ibadah-Nya dan dicatat sebagai amal baik disisi-Nya, diluaskan rizkinya, dipanjangkan usianya, dan yang tak kalah penting adalah didekatkan jodohnya. Amin 3x.


=================
Oh ya, agan mau qurban online di Rumah Zakat?
Cuss langsung kesini saja!
emoticon-Recommended Seller

>>Qurban Online<<

profile-picture
profile-picture
profile-picture
TuanLi dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh BebasBayarcom
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mantaap
Tahun ini qurban ayam atau qurban perasaan?
Ooo, begitu. Aduh josss
yg penting jngan nyumbang ke lembaga afiliasi kelompok radikal
ebusyet ternyata ujung-ujungnya iklan wkwkwkwk
Nafsi, nafsi, alias kembali pada diri sendiri. Kita boleh mengikuti pendapat yang menganjurkan ibadah qurban seperti biasanya.

betul banget gan, balik lagi ke kepercayaan masing2 aja. lagian kurban online menurut ane lebih murah jauh daripada yang biasa, asal kita cermat aja milih lembaganya kayak yg ts bilang emoticon-Smilie
Wah, lengkap banget nih sarannya. Makasih gan atas saran sarannya, semoga niat kita berqurban tahun ini bisa direalisasikan emoticon-Malu
kalau gw mah males qurban" online . mending beli . kasih ke mesjid terdekat . pas hari H liat dipotong dan di bagikan..
Lihat 5 balasan
Karena ane tinggal di Jabotabek, setuju utk kurban online.
Di Jabotabek, sekere-kerenya, ngga bakal kekurangan, bahkan ada yg dapet lebih dr 1 bungkus.
Beda dengan daerah2 terpencil & pelosok, mungkin mereka jarang makan daging.
Nah, kurban online ini akan meratakan pembagian rezeki sampe pelosok2, disamping menghidupkan ekonomi daerah, karena biasanya kambing/sapi dibeli dari peternak lokal.
Btw, ane kurban online, kalo pingin gule/sate mending beli ngga ngarepin daging kurban kita.
Lihat 1 balasan
Ane kalau qurban ke rumah yatim aja di daerah kelahiran, amanah banget emoticon-Recommended Seller
Balasan post zibox
Quote:


ane masih suka yang kaya begini gan, aman, simple, dan praktis (kalo menurut ane) kalo yang lainnya mah kurang tau
Balasan post zibox
@raliakbarrr
Kalau ane Bukan masalah aman nya gan
Itu mah udah Niat kita . Ngasih Qurban pasti udah dapat Pahala.
Tapi sakit hatinya itu Kalau tau itu Qurban yg kita Sumbang. Malah di Korupsi.
Kebanyakan begitu kalau online. potong sana sini
dan Ga jelas juga siapa yg dapat
Balasan post zibox
Quote:


@zibox iyaa sihh gan yang penting itu niat berQurban, kalo sampe hasil qurban kita di korupsi ane gak tau lagi deh itu dosanya kaya apa
kurban kalau bisa kita ikut menyaksikan pd saat pemotongan
Lihat 1 balasan
Balasan post sherrif_pedro
Betul Gan, tapi kan tidak semua orang bisa menyaksikannya langsung. Ada yang masih dinar ke luar kota, pekerjaan kantor, bahkan tugas negara. Kalau sudah begitu, Qurban Online kan bisa jadi solusi Gan.

Makanya aplikasi BebasBayar menggandeng Rumah Zakat sebagai mitra Qurban Online. Begindang Om!

emoticon-Recommended Seller
Balasan post pnsgol3a
Sepakat banget Gan. Pendistribusian itu sangat penting. Di Jakarta orangnya pada mampu-mampu, dan udah biasa makan daging. Jadi kalau dikasih daging lagi, yaaah udah pada bosan mereka.

Makanya dengan adanya program Qurban Online di aplikasi BebasBayar diharapkan mampu membantu saudara kita yang kekurangan hewan Qurban.

Lagi pula aplikasi BebasBayar juga menggandeng Rumah Zakat sebagai mitranya.
Balasan post raliakbarrr
@zibox Karenanya agak tidak dikorupsi, BebasBayar menggandeng Rumah Zakat sebagai mitra resmi.

Kenap Rumah Zakat kan?
Balasan post zibox
Gan cek PM saya dong


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di