alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kompensasi Konsumen Pangkas Gaji Karyawan, PLN Sudah Tidak Punya Uang?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b391a5cf6c463823eb78a/kompensasi-konsumen-pangkas-gaji-karyawan-pln-sudah-tidak-punya-uang

Kompensasi Konsumen Pangkas Gaji Karyawan, PLN Sudah Tidak Punya Uang?

Kompensasi Konsumen Pangkas Gaji Karyawan, PLN Sudah Tidak Punya Uang?

KedaiPena.Com – Pengamat Energi, Salamuddin Daeng menilai, kondisi keuangan PLN saat sudah mengkhawatirkan lantaran rencana untuk memberikan kompensasi atas padamnya listrik serentak dengan pemotongan gaji karyawan.

“Apakah PLN sudah tidak punya uang lagi, sehingga harus memotong gaji karyawan. Apakah cukup gaji karyawan untuk ganti rugi yang konon angkanya bisa mencapai triliunan rupiah,” ujar Daeng sapaanya saat dihubungi oleh KedaiPena.Com, Rabu (7/9/2019).

Daeng juga mempertanyakan apakah boleh jika berdasarkan Undang -undang berlaku ada pemotongan gaji buruh dan karyawan sebagai sanksi atas kejadian force majeur seperti pemadaman listrik serentak.

“Pernyataan direksi PLN ini harus dipahami dengan baik. Cara memahaminya adalah dengan melihat kondisi keuangan PLN. Salah satunya adalah utang PLN yang menggunung, super jumbo, dibandingkan BUMN lainnya,” tutur Daeng.

Daeng melanjutkan utang PLN tersebut terbentuk akibat berbagai program pemerinta di bidang ketenagalistrikan seperti program fast track 10 ribu megawat, program listrik 32 ribu megawatt.

“Serta berbagai regulasi yang memakan biaya besar seperti aturan Harga batubara Acuan (HBA), harga gas selangit, kewajiban membeli listrik swasta termasuk kelebihan produksi mereka (take or pay). Maka jadilah PLN sebagai ajang bancakan gila gilaan oligarki Indonesia,” jelas Daeng.

Belum lagi, kata Daeng, menumpuknya liabilitas (kewajiban) dan utang PLN dan semakin membesar dari waktu ke waktu. Dalam laporan keuangan tahun 2018 jumlah liabilitas jangka panjang Rp. 407,177 triliun.

“Jumlah liabilitas jangka pendek mencapai Rp. 157,895 triliun. Jumlah liabilitas secara keseluruhan Rp565.073 triliun meningkat sebesar 20.38 % dibandingkan tahun sebelumnya atau mencapai Rp99,532 triliun lebih, ” beber Daeng.

Diketahui, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) harus membayarkan ganti rugi sebesar Rp 839,88 miliar kepada 21,9 juta pelanggannya akibat mati listrik yang terjadi pada Minggu (4/8/2019) lalu.

PLN sendiri akan membayar uang ganti rugi kepada pelanggan dengan memangkas gaji karyawan. Pasalnya, dengan besaran nilai ganti rugi tersebut, keuangan PLN berpotensi negatif.

Laporan: Muhammad Hafidh

Sumber: http://www.kedaipena.com/kompensasi-...ln-tidak-adil/
Diubah oleh ernesto02
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Bah, kemana pula uang tagihan listrik yang tiap bulan di bayar oleh konsumen2nya PLN?
Bonusnya yang dipotong oii.
Kerja di BUMN mah gaji nya bisa 20x kali setaun. Lebihnya itu lah yang boleh dipotong2
profile-picture
adrianfuzagame memberi reputasi
Quote:


Rasio yang kagak bayar tepat waktu banyak om. Pan itu susahnya BUMN kaya PLN atau BPJS. Tengat waktu kagak bayar bisa nego. Kalo swasta dah putus kontrak.


emoticon-Ngakak
Tunjangan jabatan yang dipotong
itu namanya punishment
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
Yg bener pangkas orangnya bukan cuma pangkas gajinya cuk !
bpjs defisit,pln defisit

udah dibilang istirahat aja dulu,,sok2an pembangunanemoticon-Big Grin
monopoli padahal.......

emoticon-Bingung




emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
pln ga punya uang, colek opa jk dongemoticon-Shutup emoticon-Shutup emoticon-Shutup
ah itu mah akal2an aje, bonus mah tetep dapet emoticon-Cool
Dari kemaren beritanya ribut pemotongan duit untuk kompensasi, tapi lom ada sstupun artikel yg jelasin gimana dan bentuk apa kompensasinya?

Jangan2 ini mah akal2an bedebah koruptor ambil keuntungan dari kesulitan. Ngomong kompensasi, tapi duitnya di tilep sendiri lagi
Lihat 2 balasan
Balasan post maya.asar
Kayanya kemaren udah ada yang jelasin deh
Yang dipotong bonus dr pegawe
Ya wajar sih, ada kopensasi pasti laba turun
Laba turun pasti bonus buat karyawan ikutan turun

Balasan post mupengx
@mupengx yg gw tanya tuh kompensasi ke pelanggan itu dalam bentuk bagaimana? Itu yg belum ada keterangan om.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di