alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
HOT NEWS , Peneliti Menemukan Emas 2D Tertipis Di Dunia, Tebal Hanya 0,47 Nanometer
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b338fd43972702b73439f/hot-news--peneliti-menemukan-emas-2d-tertipis-di-dunia-tebal-hanya-047-nanometer

HOT NEWS , Peneliti Menemukan Emas 2D Tertipis Di Dunia, Tebal Hanya 0,47 Nanometer

HOT NEWS , Peneliti Menemukan Emas 2D Tertipis Di Dunia, Tebal Hanya 0,47 Nanometer
Emas Tertipis Didunia 
Universitas Leeds yang terletak di Negara Inggris telah menejutkan dunia dengan menemukan emas tertipis. Emas ini hanya berukuran 0,47 nanometer, emas ini hanya tersusun atas 2 permukaan atom yang saling bertumpukan satu sama lain. Sangat tipis sekali jika dilihat oleh mata telanjang, bahkan tidak akan bisa. Ukuran ini hanya bisa dilihat oleh Mikroskop Elektron, bahkan ini disebut sebagai material 2D. Penemuan yang sangat menakjubkan dan luar biasa.

HOT NEWS , Peneliti Menemukan Emas 2D Tertipis Di Dunia, Tebal Hanya 0,47 Nanometer

Terus Kenapa Emang? Apa sih Kegunaannya?
Emas terkenal dengan sifatnya yang anti karat makanya disebut sebagai logam mulia. Selain itu ternyata emas dapat berperan sebagai katalis yang artinya bisa mempercepat reaksi kimia tanpa mempengaruhi hasil dari reaksi kimia tersebut. Selain sebagai katalis emas juga berperan sebagai penghantar listrik atau biasa yang disebut sebagai konduktor. Bayangin ya,dapetin emas ini susah lho gan, gali dulu habis itu di ekstrak dulu, ada si namanya Hidrometalurgi, cocok buat dapetin emas dari bahan galian tuh. Apalagi cuman dengan 0,47 nanometer,kegunaannya bisa banyak sekali ,ga kebayang kan yaaa. 

Dalam tes laboratorium, ukuran emas 0,47 nanometer menunjukkan 10 kali lebih efisien ketimbang ukuran lainnya. Dari sifat sifat yang diatas, emas bisa dimanfaatkan atau di aplikasikan dalam banyak bidang loh. Dalam skala ukuran nanometer justru malah banyak manfaatnya. Selain hemat emas wkwk material ini bisa dijadikan inovasi teknologi, kesehatan dan Industri. Dalam dunia kesehatan bisa digunakan untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi atau yang disebut sebagai katalis. Siapa sangka penemuan ini dapat menciptakan enzim buatan, karena ukurannya yang pas dan sifat logam ini sangat bersahabat dengan kondisi biologis manusia. Dalam perkembangan teknologi dilihat dari sifatnya yang sangat fleksibel dan menghantarkan listrik dengan baik,sangat menguntungkan diaplikasikan ke teknologi yang semakin hari semakin berkembang. 

HOT NEWS , Peneliti Menemukan Emas 2D Tertipis Di Dunia, Tebal Hanya 0,47 Nanometer

Loh Cara Nemiunnya Gimana Emang?
Sintesis nanosheet emas berlangsung dalam larutan air dan dimulai dengan asam kloroaurat, zat anorganik yang ada kandungan emasnya. Lalu direduksi menjadi logam. Bahan kimi akhirya mendorong emas membentuk lembaran hanya setebal 2 atom. Lalu jika dimasukkan dalam air nanti warnanya berubah menjadi Hijau. Pada saat pengamatan menggunakan mikroskop elektron menjelaskan pembentukan atom menjadi kisi yang terorganisir. Dengan rasio ukuran sekecil ini maka akan sangat bermanfaat bagi dunia Sains dan Teknologi. Ini dari sumber yang nanti ane cantumin dibawah yee. 

HOT NEWS , Peneliti Menemukan Emas 2D Tertipis Di Dunia, Tebal Hanya 0,47 Nanometer

Simple Information
Ukuran                      : 0,47 Nanometer
Penemu                    : Universitas Leeds United Kingdom ( Inggris)
Jenis                         : Material 2D
Kegunaan                 : Katalis Dunia Medis, Penunjang Inovasi Teknologi Enzim Buatan, Menghemat Penggunaan Material, Penunjang Terobosan Baru Dunia Industri.
Kelebihan                  : Konduktor Baik, Katalis Baik, Tahan Korosi , Fleksibel, Simpel, Ukuran Kecil 
Sifat                           : Logam 
Cara Mendapat        : Melakukan Ekstraksi dan Pemisahan Sifat Logam Dari Material Lainnya 
Pemimpin Peneliti   : Dr Sunjie Ye, Universitas Leeds


Spoiler for Dr Sunjie Ye:

Dari Sumber si yang cewe 

https://physicalsciences.leeds.ac.uk.../dr-sunjie-ye


HOT NEWS , Peneliti Menemukan Emas 2D Tertipis Di Dunia, Tebal Hanya 0,47 Nanometer

Harapan Untuk Kedepannya
Penemuan ini sangat berguna dong pastinya. Apalagi mempunyai banyak sifat yang bisa mendukung untuk melakukan inovasi teknologi dalam bebagai bidang. Namun layaknya sifat pada umumnya tidak ada yang sempurna. Maka alangkah baiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk dimanfaatkan dalam bidang tertentu agar dapat memaksimalkan kelebihan yang dipunyai oleh material tersebut. Sebaiknya juga dapat dimanfaatkan untuk memnuhi kebutuhan yang semakin bertambah dengan material yang terbatas. Alangkah baiknya industri juga memanfaatkan dengan baik material 2D ini agar efisiensi industri bisa meningkat dan mengurangi konsumsi bahan yang sulit didapatkan bahkan terbatas jumlahnya.

Untuk info saja bahwa emas saat ini sangat sulit didapatkan bahkan hitungan dalam dunia tambangnya saja adalah part per milions (ppm) bayangkan betapa sulitnya mendapat 1 gram emas dalam 1 ton bongkah yang berhasil diambil dari dalam perut bumi ini. Indonesia punya tambang emas berterbaran daru ujung ke ujung, sangat baik sekali bila memanfaatkan penelitian ini dan dilakukan lebih lanjut sehingga mendapat hasil yang bisa sesuai dengan kebutuhan. Hal ini juga bisa menarik investor untuk mendanai beberapa tambang emas yang kurang supply dalam bidang apapun. Semoga penelitian ini bisa menjadi pelopor peneliti lainnya untuk menemukan bahan bahan yang bisa digunakan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Perkembangan Ilmu Pengetahuan juga sangat diperlukan untuk menunjang penelitian yang dilakukan sehingga dapat tepat guna dan bermanfaat di segala bidang. 




HOT NEWS , Peneliti Menemukan Emas 2D Tertipis Di Dunia, Tebal Hanya 0,47 Nanometer

Sumber: 
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber
Sumber s

Special Credit : University Of Leeds
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eShopSulis dan 15 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Quote:



Quote:


nice inpo agan TS emoticon-2 Jempol
semoga jadi HT emoticon-2 Jempol
Kegunaannya bakal ada, harganya kira-kira berapaan ya? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post kreator.9.ES
makasii wkwk belom dijual dong orang barusan nemu wkwk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
bahaya jg nih klo kaum hawa tau ada emas model gitu,khususnya ibu negara...emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
silahkan yang ahli saja yang komen, mas mas kaya saya mantau aja
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Setipis selaput takdir hidup dan mati emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Walaupun tipis, namun gak tebal kok. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Berarti gak asal mitos klo ada yg bilang campuran kimia tertentu dengan bahan logam bisa merubah jadi emas emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
baca sekali ngga mudeng, baca lagi ah
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Emas yg tebal cuma ada di Indonesia, tepatnya pulau Jawa. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
teruuuuus??
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
nice info nih gan
baru penemuan nyaa ajaaa
belum proses pembuatan untuk di jual dipasaran ya
masih ane pantengin buat liat hasil emas nyaemoticon-Wagelaseh
konveksi tas
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
duh dimasukin mulut jg lumer tuh
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
disini jga banyak bre
emoticon-Cool
mas bambang, mas udin, mas asep
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dancing dragon
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
tipis yak...lebih tipis dari masbrand
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
walaupun kecil tapi manfaat ny begitu bnyak ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Mas tarjo mas kulin emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


Mantaaaps..
profile-picture
profile-picture
cyoga17 dan kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di