alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inilah Tanda Mobil Lo Udah Harus Ganti Oli Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4a76a44601cf228929f9a0/inilah-tanda-mobil-lo-udah-harus-ganti-oli-gan

Inilah Tanda Mobil Lo Udah Harus Ganti Oli Gan!


Buat Agan dan Sista yang udah punya mobil nih, Ane mau sharing dikit tentang kapan waktunya Agan dan Sista harus segera ganti oli mobil. Jadi selain berpatokan ama waktu pakai dan kilometer, ternyata ada beberapa tanda yang muncul yang mengindikasikan bahwa mobil harus segera ganti oli.

Inilah Tanda Mobil Lo Udah Harus Ganti Oli Gan!

Biasanya sih mekanik akan memberikan catatan pada kilometer berapa atau pada tanggal berapa mobil harus ganti oli. Tapi, terkadang banyak orang yang lupa dan malas buat ngikutin arahan itu GanSis. Nah, jika Agan dan Sista sering lupa atau malas kayak gini, kalian bisa berpatokan pada beberapa tanda berikut GanSis,

Pertama, lampu indikator pada speedometer atau instrument cluster nyala. Tanda ini cukup membantu pengguna dalam mengetahui kondisi oli mobil. Selain menandakan bahwa oli harus segera ganti, nyala lampu ini juga mengindikasikan tekanan menurun atau kendala lain yang berhubungan dengan pelumas. Segera konsultasi dengan montir Agan dan Sista jika lampu indikator ini nyala.

Kedua, suara mobil mulai terdengar kasar saat dihidupkan. Jika kualitas oli udah mulai menurun, maka akan membuat oli jadi sulit untuk menempel di komponen mesin, apalagi mesin mobil sangat jarang dihidupkan. Apabila oli kurang melumasi komponen mesin, maka yang terjadi adalah suara mesin akan terdengar kasar pada saat pertama dinyalain. Alangkah baiknya segera konsultasikan ke bengkel jika suara mobil Agan dan Sista mulai terdengar kasar.

Ketiga, oli berwarna hitam pekat. Dengan menggunakan dipstick Agan dan Sista bisa ngecek kondisi oli pada pagi hari sebelum menghidupkan mobil. Lap dipstick menggunakan tisu atau kain, lalu masukkan kembali dipstick ke dalam tempatnya agar oli nempel ke dipstick. Kemudian angkat kembali dipstick dan cek apakah oli berwarna hitam pekat atau jumlah oli mendekati batas bawah petunjuk di dipstick. Jika kalian menemukan salah satu dari kondisi ini, maka segeralah untuk mampir ke bengkel...hehe

Keempat, mesin terasa kurang responsif. Berkurangnya kualitas oli, maka akan berdampak langsung ke kondisi mesin. Oli yang sudah waktunya diganti akan menyebabkan tarikan mesin kurang terasa dan akan terasa lebih berat.

Kelima, asap knalpot berwarna hitam. Sejatinya untuk kendaraan non solar, asap knlapotnya akan berwarna putih tipis dan nyaris gak terlihat oleh mata. Nah, apabila warna asap knalpot mulai berwarna kehitaman, Agan dan Sista kudu curiga kalau oli menguap dan ikut terbakar di ruang pembakaran. Jika kondisinya seperti ini, baiknya kalian segera konsultasikan dengan bengkel kepercayaan kalian.

Kira – kira itulah tanda – tanda mobil kalian harus segera ganti oli. Jangan pakai tunggu lama lagi GanSis, jika tanda – tanda ini udah muncul. Jika dibiarkan saja, maka peforma mesin akan semakin menurun.



profile-picture
profile-picture
azid12353 dan kaycaem memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ane baru aja neh
Bentar lagi ganti oli gan 🙏
untuk mobil panduan ganti oli cukup dgn melihat di stik yg tertancap di mesin. cek skala dan warnanya, klo stik dicabut dan masih netes oli dan oli masih bening maka blm saatnya ganti. udah itu aja.
profile-picture
azid12353 memberi reputasi


Quote:


Betul sekali bro. Simple nya sih begitu. Ane juga pake cara ini, selain itu kalo tarikan mobil dah agak beda, semisal agak berat dan lemot, pastiane ganti oli nya emoticon-Malu emoticon-2 Jempol
Lihat 2 balasan
Balasan post azid12353
Quote:


kalo tarikan berat blm tentu olinya. bisa jd kampas kopling udah tipis atau sebab2 lain. perlu cek jg menyeluruh. kalo mobil oli telat 2000km sebetulnya gak masalah selama oli gak habis, beban mesin mobil itu lbih ringan ketimbang mesin motor. misal oli mesin tahan 8000km tp sebetulnya kuat sampe 10000km. tuh mobil angkot oli pasti telat terus tp masih kuat narik banyak penumpang tiap hari.
profile-picture
azid12353 memberi reputasi
Balasan post azid12353
@basuseto Siap, terimakasih atas koreksi dan masukannya gan
Ane sih biasa pake olinya United Oil pak bro. Bisa pesen via telp ato WA di 081289178243. Mumpung promo. Bisa dianter lagi.....


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di