alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
JK soal Ijtimak Ulama: Jangan Alergi dengan Kata Syariah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4a3c84349d0f5e5c26cddc/jk-soal-ijtimak-ulama-jangan-alergi-dengan-kata-syariah

JK soal Ijtimak Ulama: Jangan Alergi dengan Kata Syariah


JK soal Ijtimak Ulama: Jangan Alergi dengan Kata SyariahWapres Jusuf Kalla meminta masyarakat tidak alergi dengan kata syariah. (CNN Indonesia/Safir Makki)


Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta masyarakat tak alergi dengan penggunaan kata syariah. Kata ini kemarin muncul sebagai salah satu poin rekomendasi dari Ijtimak Ulama IV yang meminta umat Islam sama-sama mewujudkan NKRI bersyariah. 

"Kita jangan alergi dengan kata syariah. Syariah itu mudah sekali. Salat, puasa, itu syariah. Mengajar juga syariah," ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (6/8). 

Penggunaan kata syariah, menurut JK, juga berlaku pada penggunaan baju sehari-hari. Selama baju itu menutup aurat, maka hal itu memenuhi syariah. 


"Saya berpakaian seperti ini syar'i juga," kata JK sambil menunjuk ke kemeja batik lengan panjang dan celana panjang yang ia kenakan.

 Ketua Dewan Masjid Indonesia ini menuturkan syariah sejatinya meliputi akidah dan ibadah. Dalam hal akidah, artinya umat Islam yang percaya pada Allah, Rasulullah, dan Al quran. 

"Kemudian ibadah itu ya apa yang dijalankan, salat, puasa, zakat, haji. Muamalah juga artinya selama halal, tidak haram. Itu syar'i semua," ucap JK. 

Ia meminta agar masyarakat tak menganggap bahwa penggunaan kata syariah itu berbahaya. "Jangan merasa syar'i itu bahaya. Itu sesuatu yang sangat simpel," tuturnya. 

Terlepas dari hal tersebut, JK mengingatkan bahwa forum ijtimak ulama IV yang digelar Senin (5/8) kemarin, tak mewakili suara seluruh ulama. Menurutnya, rekomendasi apapun yang muncul hanya disepakati oleh peserta ijtimak ulama IV. 

"Ulama kita banyak. Jadi tentu tidak bisa mengatasnamakan satu pertemuan bahwa itu pendapat satu ulama. Tentu ulama yang tergabung dalam organisasi itu saja (yang sepakat)," kata JK. 

Ijtimak ulama IV sebelumnya menghasilkan empat poin pertimbangan dan delapan poin rekomendasi. Salah satunya meminta umat Islam untuk sama-sama mewujudkan NKRI bersyariah.

NKRI syariah ini diklaim tetap mendasarkan pada Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan dan batang tubuh Undang-undang Dasar 1945 dengan prinsip ayat suci di atas ayat konstitusi agar diimplementasikan dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.


linkkk
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan davecchio memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
bukan alergi
syariah boleh yg penting jangan paksain ke yang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.tian77 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Balasan post masmomon
gk seindah itu realitanya, aceh sudah lebih dari cukup jadi pembelajaran, sampai cara duduk di motor aja "dipaksain"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
yang tidak boleh itu hanya kelompok saya yg benar
Balasan post Zielregent
Quote:


itu yg disayangkan bray
Aceh juga syariah...tapi lihat kondisi Aceh. Aceh adalah salah satu provinsi terdungu di Indonesia emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
Itjimak ulamak : kami ingin NKRI SYARIAH

Aceh : am i joke to you ?
profile-picture
profile-picture
smersh64 dan AirezZ memberi reputasi
Syariah sih ane gak alergi.

Kalau 'khilaf bareng yuk ah' yang ane jijik.
Bukan kewajiban dalam Islam, tapi maksa pengin diterapkan di Indonesia.

Masalahnya gak ada contoh saat ini di 2019 ini negara yang nerapin 'khilaf bareng yuk ah' bisa maju dan damai.

Masa Indonesia mau dijadiin obyek coba-coba? emoticon-Big Grin
profile-picture
n.y.a memberi reputasi
Balasan post masmomon
Quote:


Iya,bang syariah, asuransi syariah, dll aja nggak masalah. Masalahnya kalau susah dipaksa
profile-picture
masmomon memberi reputasi
Si bapak ini arahnya kemana ya
Lihat 3 balasan
opa jk coba pindah ke aceh sebelum lengser

coba dulu nanti kasi testimoni emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
JK munafik
apa JK alergi dengar kata komunis ?


kekejaman komunis tdk ada seujung kuku dibanding kekejaman syariah,
tapi mengatakan tidak perlu alergi mendengar kata syariah
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 48y24rd memberi reputasi
setelah maen kasar dgn "khalifah"
sekarang dihalusin dikit dgn "syariah"



mau tipu tipu emoticon-Wakaka
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Baik itu kata Syariah maupun kata Komunisme, bagi ane ngak alergi.
Si trump tidak menyembah "Tuhan yang suka perang"
heran masih pada tak paham syariah itu apa

syariah adalah system monopoli yg dibuat untuk monopoli agama islam dan kekuasaanya dalam suatu negara

dalam system syariah, agama selain islam memang sepertinya dibiarkan hidup,
TAPI tidak dibiarkan BERKEMBANG, alias dimatikan pelan2
hanya islam dan muslim yg boleh berkembang.

tidak ada lagi persaingan bagi agama untuk mengembangkan dakwahnya,
karena syariah melarang persaingan dakwah oleh agama lain, dan memonopoli hanya islam yg boleh berdakwah,
dan agama lain tak boleh berdakwah dan berkembang


bagaimana kalau JK mendengar kata suku jawa akan mengambil bisnis di sulawesi yg "dimonopoli" oleh bugis bosowa ?
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Diubah oleh Alejandro.Luis
maksudnya opa jk jangan syariahpobhia emoticon-Traveller
Lihat 4 balasan
deportasi saja jk ke aceh

biar dia merasakannya duluan
Ngomong2 soal syariah.. gw nyari d buku fiqih islam kok gada istilah khilafah dan imam besar tuh ??.. emoticon-Malu (S)

jadi.. tuh ulama ngomingin syariah islam yang mana ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
nandangrahman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


DI/TII bakar rumah, bakar masjid, bunuh orang muslim dan non muslim, pelakunya orang muslim

PKI bakar rumah, bakar masjid, bunuh orang muslim dan non muslim, pelakunya orang muslim

BEDANYA... DI/TII nasional sedangkan PKI regional jawa
Balasan post anakgila
Quote:


syarialaw hanya untuk nasbung

elite2nya mah bebas korup macem di aceh
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di