alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wapres JK Dukung Menristekdikti Datangkan Rektor Asing
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d49b4f18d9b1759442e9d00/wapres-jk-dukung-menristekdikti-datangkan-rektor-asing

Wapres JK Dukung Menristekdikti Datangkan Rektor Asing

Wapres JK Dukung Menristekdikti Datangkan Rektor Asing
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla 

K24News Indonesia – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyambut baik terkait wacana perektrutan rektor asing untuk perguruan tinggi negeri (PTN). Namun JK meminta kalau perekrutan itu dilakukan secara bertahap.

Jk mengkhawatirkan apabila tenaga asing tersebut langsung direkrut menjadi rektor PTN di Indonesia malah akan kaget. Alangkah baiknya kalau tenaga asing itu mulai dari tahap bawah untuk pengenalan dan pendalaman kemudian dilakukan secara bertahap hingga dia bisa menjadi rektor.

“Setuju rektor asing tapi melalui tahapan sehingga mereka tidak syok, rektornya juga tidak syok. Dimulai dari penasihat teknis, dekan. Baru kalau dimajukan, jadi rektor,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/8).

JK Juga meyakini kalau Indonesia sanggup untuk memberi gaji kepada tenaga asing yang nantinya akan menjadi rektor di PTN. JK menyebut anggaran untuk pendidikan pada 2020 sebesar Rp 550 triliun,


Lihat juga: Berpura-pura Mati, Warga Pontianak Diperiksa Polisi

Menurutnya, wacana tersebut sama saja ketika banyak anak bangsa yang memilih untuk bersekolah di luar negeri.

JK mengatakan dengan mengundang tenaga asing untuk bekerja di PTN akan lebih ringkas karena semisal 1 tenaga asing bisa memberikan ilmu kepada 100 orang.

“Mahasiswa kuliah di tempat asing, yang kita datangkan kan sama aja, kalau ditakutkan asing ya kenapa kita kirim orang ke luar negeri?,” ujarnya.

“Jauh lebih murah datangkan profesornya ke dalam negeri, lebih murah malah ongkosnya 1 profesor atau 1 rektor bisa mengajar 100 orang,” JK menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana akan mengundang rektor dari luar negeri untuk memimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang paling siap untuk dinaikkan rangkingnya. Rencana tersebut akan dilakukan dalam rangka meningkatkan ranking perguruan tinggi di dalam negeri agar bisa mencapai 100 besar dunia.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristedikti) Mohamad Nasir mengatakan pihaknya akan lebih dulu melakukan seleksi pada rektor luar negeri.

“Kamu bisa tidak tingkatkan ranking perguruan tinggi ini menjadi 200 besar dunia. Setelah itu tercapai, berikutnya 150 besar dunia. Setelah ini 100 besar dunia. Harus seperti itu. Kita tidak bisa targetnya item per item,” ujar Nasir seperti dikutip Suara.com dari laman Setkab.go.id, Rabu (31/7).





profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
saya juga mendukung rektor, menteri dan bahkan presiden dari asing

asalkan membawa kemajuan bagi negara ini...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan bagask memberi reputasi
Quote:


Presiden mana bisa
Syaratnya WNI

Kalo rektor ga ada aturannya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post carlito256gmail
Quote:


undang undangnya bisa di amandemen kan?
Kelamaan
Langsung rektor saja
Hal2 teknis kek gini gk penting sebenernya
Kalo mulai dari bawah malah kebawa budaya sini
Beda kalo mulai dari kepala
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
dengan catatan rektor asingnya harus seiman, plus bukan dari negeri cinak. emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Jokowi juga dukung rekrutmen rektor asing
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Jadi inget sesuatu nih emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh penyembahbohlam
Quote:


betul, mana boleh rektor berak sembarangan di kampus emoticon-Recommended Seller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kalau bisa jgn cmn rektor, peneliti dan dosen juga bisa rekrut dr luar asal berprestasi. Dijamin yg lokal akan kepanasan krn ada benchmark baru dan mau dak mau akan ningkatin prestasi. Yg dak ikut gerbong akan ketinggalan.
Jd nanti dosen atau profesor dr indonesia dak merasa cupu di luar negeri. Masak profesor kok publikasi internasional zonk.
profile-picture
profile-picture
broer_ipen dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


knp emng klo bukan dri negri cinak? Otak lo isinya framing aja ya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


dosen dan guru besar yg perlu klo mau pake jasa asing... klo rektor mah ga penting2 amat daeng

mahasiswa kuliah lokal ato di tempat asing, pinter krn pengajarnya bukan krn rektornya


emoticon-Cape d...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
saya jadi inget sesuatu
berapa sih persentase mahasiswa yg lulus dapet kerja sama yg jadi pengangguran wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
SI JK ini udah sangat tidak layak jadi wapres.
Untuk mengatasi hal-hal absurd kayak gini harus segera dipercepat pelantikan Wakil Presiden Kyai Ma'ruf Amin Sang Ulama Pembasmi Penista Agama.
Klo di tailan dan hongkong pulisi dan tentaranya boleh WNA...aneh jg!
Quote:


Kalo rektonya ga d ganti tetep aj sistem pembelajarannya lokal
Justru mending rektornya diganti.biar kurikulumnya dibrnahi skalian
Tenaga pake lokal gpp.yg ptg otak kurikulumnya LN
Quote:


Bisa tapi belum
Dan ga mungkin lah
Mana ada presiden bukan WN negaranya
Kalo WN keturunan mungkin bisa (mungkin ya.walau blm pernah terjadi)
Yg pernah terjadi hanya di negara imigran yg WN aslinya saja ga jelas siapa (amrik & SG)
Diubah oleh carlito256gmail


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di