alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d49731882d4955cbe4292fd/wah-indahnya-ini-dia-gedung-kayu-tertinggi-di-dunia

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Maraknya pembangunan yang menggunakan baja dan beton menjadi salah satu sumber penghasil karbon di atmosfer. Hal ini diperparah dengan dibangunnya gedung-gedung besar yang komposisinya menggunakan baja dan beton. Hal ini tanpa disadari justru menjadi salah satu aktivitas penghasil karbon terbesar karena dari baja dan beton ini diproduksi sendiri menghasilkan jutaan emisi karbon tiap harinya.

Apakah alam kita masih dapat menampung karbon-karbon yang bertebaran ini? Ya tentunya masih, namun dalam waktu dekat bila kegiatan ini masih terus dilakukan maka adakalanya atmosfer di bumi ini masuk kedalam fase stasioner dimana atmosfer sudah tidak mampu lagi memurnikan dirinya kembali dan lapisan ozon semakin berlubang.


Spoiler for 25 king building:


Nah fenomena tersebut rupanya sangat diperhatikan oleh arsitek-arsitek di Australia. pada tahun ini mereka akhirnya memutuskan untuk mencoba konsep baru yang mana bisa mengurangi karbon hasil pembangunan gedung dengan menciptakan gedung yang tidak menggunakan beton ataupun baja yakni gedung dengan kayu. Terlihat aneh bukan? Tapi faktanya gedung ini sudah dibangun dan sukses menjadi gedung perkantoran berbahan dasar kayu pertama di dunia. Sebut saja nama gedung ini 25 King, gedung 25 King dibangun dengan dasar peduli lingkungan dan melestarikan alam. Gedung ini juga merupakan gedung kayu tertinggi di dunia (45 m).


Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Yups gedung ini dibangun dengan rangka kayu sehingga bisa meminimalisir penggunaan kerangka baja. Kayu juga membutuhkan sedikit semen untuk menempelkannya sehingga terciptanya emisi karbon semakin ditekan. Secara khusus, bangunan ini menggunakan kayu laminasi-silang, sejenis kayu lapis yang dibuat menggunakan perekat canggih dengan kekuatan struktural yang sebanding dengan baja.


Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Kekuatan tersebut memungkinkan desainer dan perusahaan konstruksi mulai merangkul kayu sebagai bahan yang ramah lingkungan untuk konstruksi bangunan besar. Kayu laminasi silang memiliki emisi karbon yang jauh lebih rendah daripada kayu konstruksi tradisional ataupun baja, yang padat sumber daya untuk membuatnya. Atas dasar ini maka ditetapkanlah kayu laminasj silang sebagai sumberdaya terbarukan yang dapat memerangkap karbondioksida.


Bagian interior bangunan ini pun terasa makin stylish karena perpaduan balok kayu yang indah dan penuh estetika membuat kegiatan perkantoran di gedung ini tidak membosankan. Selain itu keuntungan utama kayu sebagai bahan konstruksi adalah ringan — sekitar seperempat berat bangunan beton yang setara ukurannya yang berarti fondasinya bisa lebih kecil, dengan begitu akan dibutuhkan lebih sedikit beton dan juga lebih sedikit waktu untuk menggali dan menuangkan semen. Karena mudahnya membangun bangunan dengan kerangka kayu, tercatat gedung ini hanya perlu waktu 15 bulan untuk membangunnya, waw pencapaian yang luar biasa fantastis mengingat gedung ini tergolong besar. Berikut ini potret-potret interior didalamnya :


Spoiler for lobby:


Spoiler for pintu masuk:


Spoiler for bagian yang disewakan:


Spoiler for ruang perkantoran:


Spoiler for ruang perkantoran 2:


Spoiler for the lounge:


Wah indah sekali ya perpaduan kayu ditiap-tiap kerangka bangunan. Kalau begini jadinya gedung makin stylish dan ramah lingkungan — Jadi kekinian gitu kayak model-model cafe yang bertebaran di Indonesia hehe. Ane sih setuju banget dengan implementasi ini! Gimana komentarnya gan?, tulis aja di kolom komentar!



Sumber : Disini
Sumber gambar : Bing.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10


Quote:


siap gan, sekut emoticon-Jempol
Quote:


Banyak gan yg bernasib sama kayak gw emoticon-Ngakak (S)
Gw ini phobia laut sama phobia ketinggian emoticon-Malu (S)
Yg senasib banyak, solusi katanya di hypnosis tapi tetep aja dengan jangka waktu pendek/ ga permanen dan nyari yg cocok itu susah emoticon-Nohope
Balasan post pakolihakbar
Quote:


Waduhh ane belum dapet solusi buat mengatasi fobia ini gan, mungkin bakal ane selidiki lebih lanjut siapa tahu ternyata ada yang bernasib sama gan emoticon-Frown
Quote:


Cukup mengganggu sih emoticon-Malu

Gw ga bisa naik bianglala maupun wahana² yg tinggi², manjat pohon pun gw ga bisa emoticon-Berduka (S)

Kalo kebetulan harus banget ke balkon yg cuma di lantai 2 gw pasti lebih milih banyakin duduk daripada berdiri karena kalo berdiri gw rasanya mau jatoh emoticon-Frown
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pakolihakbar
Quote:


Duh gimana ya gan? Apakah fobia tersebut mengganggu agan?
Quote:


Seriusan emoticon-Malu
Mungkin efek dari gw takut sama ketinggian kali gan jadi kalo ada sesuatu yg membuat gw ga nyaman ketika berada jauh di atas tanah itu bakalan bikin gw parno dan jantung berdegup cepet emoticon-Takut (S)
Untung aja sih ga ada di Indonesia kalo hampir semua bangunan di Indonesia pake kayu dan bertingkat sih mending gw diem aja dirumah emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post abellacitra
Quote:


Aye juga suka sist dengan interior kayu pada bangunan ini emoticon-Wowcantik
Balasan post pakolihakbar
Quote:


Ahahahaha yang bener agan, Untung aja belom ada di Indonesia emoticon-coffee emoticon-Big Grin
Balasan post diandraps
profile-picture
diandraps memberi reputasi
2 lantai ada bunyi kreeeet aja gw parno apalagi gw main ke gedung ini emoticon-Belo
bisa² gw kena serangan jantung mendadak emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
aku suka kk. jiand bagus beut
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post 7vhia
Quote:


Sama-sama
emoticon-Hai
oalah seperti itu kah

nice info :tepuktangan
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post dompetjadipeci
Balasan post Exogenexuz
Quote:


Nah itu gan! Agan pintar!
emoticon-2 Jempol

Berkali-kali ane jelasin para kaskuser dimari kalau australia pandai mengelola perkayuan dengan penebangan selektif yang dipikirkan dengan matang dan super hati-hati. Kaskuser di mari malah pada skeptis kalau pembangunan gedung ini membuat hutan terbabat habis padahal hal-hal sepele semacam itu sudah dipertimbangkan dengan sangat matang
emoticon-Request
Australia ini, terutama adiknya (new zealand), paling jago urusan kayu, itu yg ane lihat selama di sana emoticon-2 Jempol
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post sapiSYGsapiMLG
Quote:


Ahahahaha ajegile pemerintah bise aje. Apa ada kepentingan dibalik kepentingan
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
sapiSYGsapiMLG memberi reputasi
Balasan post a6oesdj4rsy
Quote:


Yups! Sains dan Art berkolaborasi membentuk gedung kayu tertinggi di dunia! Mantap euyyy!
emoticon-Wow
Balasan post juventinja
Quote:


Haha mereka mikir supaya cari alternatif pondasi bangunan yang memiliki emisi karbon paling rendah. Nah ane juga baru tahu gan ternyata pembuatan struktur bangunan beton menghasilkan emisi karbon terbesar setelah pembakaran bahan bakar fosil
emoticon-Request
arsiteknya mikir apaan yak ampe begono
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di