alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Kemenperin Tantang Jabar Miliki Pusat Industri Kreatif
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d497082c82084749f6e5646/kemenperin-tantang-jabar-miliki-pusat-industri-kreatif

Kemenperin Tantang Jabar Miliki Pusat Industri Kreatif

Kemenperin Tantang Jabar Miliki Pusat Industri Kreatif

BANDUNG - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menantang Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk memiliki pusat industri kreatif. Sarana tersebut diharapkan mampu mendongkrak industri kreatif Jawa Barat yang masih di bawah Bali dan Yogyakarta.

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, Jawa Barat mestinya memiliki pusat industri kreatif seperti Bali yang memiliki Bali Creative Industry Center (BCIC).

"Kenapa Bali bisa, masa Bandung (Jawa Barat) enggak bisa? Kalau bisa, Bandung bikin. Yogyakarta saja sudah mau bikin. Nanti kami support bersama pemprov," ujar Gati seusai membuka acara Talkshow Creative Talk di Bandung Creative Hub, Selasa (6/8/2019).

Baca Juga:

Acara Creative Talk adalah sebagai kick-off dari kegiatan pengembangan kewirausahaan melalui program Creative Business Incubator-Bali Creative Industry Center (BCIC). Acara ini sebagai upaya menumbuhkan sektor industri kreatif di dalam negeri.

Menurut Gati, pusat industri kreatif bisa menjadi wadah bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Termasuk menjadi tempat untuk pembinaan dan pengembangan mayarakat. Karena secara potensi, SDM Jawa Barat memiliki kemampuan menciptakan produk kreatif.

"Industri kreatif Bandung harusnya nomor satu. Sementara sekarang masih di bawah Bali dan Yogyakarta. Saya jadi terbebani, sementara saya cinta banget sama Bandung. Saya ingin anak-anak kreatif Bandung bisa lebih maju lagi," ujarnya.

Di Bali, lanjut Gati, BCIC menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif kriya dan fashion untuk mengembangkan usaha dalam konteks "meet-share-collaborate". Di mana para pelaku bisa bertemu, berbagi pengalaman dan ide kreatif sehingga pada akhirnya bisa berkolaborasi untuk menciptakan karya bersama.

Lebih lanjut dia menjelaskan, berdasarkan data statistik Badan Ekonomi Kreatif tahun 2016, Provinsi Jawa Barat tercatat memiliki share Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap PDB Ekonomi Kreatif sebesar 11,81%. Selain itu, pada tahun 2016, Jawa Barat menempati urutan pertama dari 10 provinsi yang memiliki kontribusi ekspor ekonomi kreatif terbesar yaitu sebesar 31,96%. "Ini menunjukkan bahwa potensi ekonomi Provinsi Jawa Barat cukup besar khususnya di bidang ekonomi kreatif," tuturnya.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/142...tif-1565089537

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kemenperin Tantang Jabar Miliki Pusat Industri Kreatif Kemenperin Tantang Jabar Miliki Pusat Industri Kreatif

- Kemenperin Tantang Jabar Miliki Pusat Industri Kreatif DPR Awasi Investigasi PLN Soal Pemadaman Listrik Massal

- Kemenperin Tantang Jabar Miliki Pusat Industri Kreatif Plt Dirut PLN Bantah Pohon Sengon Penyebab Blackout

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di