alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Sang Perintis Indonesia Terjajah 350 Tahun
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d493a2be83c721d4e18a5de/inilah-sang-perintis-indonesia-terjajah-350-tahun

Inilah Sang Perintis Indonesia Terjajah 350 Tahun

Inilah Sang Perintis Indonesia Terjajah 350 Tahun


Empat kapal Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman tiba di perairan Banten pada 27 Juni 1596. Sebelum angkat sauh dari Amsterdam, Cornelis mendapat informasi bahwa di timur jauh sana, ada kepulauan yang menghasilkan rempah-rempah tak terhingga.

Inilah Sang Perintis Indonesia Terjajah 350 Tahun

Banten yang sejatinya hanya merupakan sebagian kecil dari kepulauan rempah-rempah merupakan tempat paling menggiurkan di dunia.  Cornelis de Houtman adalah pembuka jalannya praktik kolonialisme Belanda di Nusantara.

Inilah Sang Perintis Indonesia Terjajah 350 Tahun

Cornelis Sang Perintis Desas-desus mengenai kepulauan rempah-rempah yang terletak di negeri antah-berantah menjadi isu yang marak diperbincangkan oleh kalangan pedagang di Eropa pada akhir abad ke-16 itu, termasuk di Belanda. Kala itu, sebagian wilayah dunia, termasuk beberapa tempat yang memiliki potensi rempah-rempah, memang dikuasai oleh Kerajaan Portugis. Sebagian lainnya diduduki oleh Kerajaan Spanyol.

Inilah Sang Perintis Indonesia Terjajah 350 Tahun

Awalnya, kedatangan bangsa asing ini memang disambut dengan baik oleh penduduk setempat, termasuk oleh otoritas Kesultanan Banten. Saat itu, Banten diperintah oleh Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdulqadir yang baru saja naik takhta (1596-1647). Cornelis seharusnya bisa menunaikan misinya, yakni membeli rempah-rempah yang dibutuhkan, karena transaksi perniagaan di Banten amat gampang. Barter, bahkan mata uang, sudah menjadi alat pertukaran yang cukup populer.

Inilah Sang Perintis Indonesia Terjajah 350 Tahun

Namun, orang-orang Belanda yang belum lama menginjakkan kaki di tanah Banten itu justru bertingkah buruk, terutama dengan seenaknya keluar-masuk Kota Banten. Penduduk setempat yang tadinya menerima kini berbalik sikap lantaran tidak suka dengan perangai orang-orang asing itu.

Inilah cikal bakal Indonesia mulai terjajah oleh bangsa luar, mereka mencari rempah dan Indonesia adalah surganya tanaman rempah! Gansis penasaran kisahnya? Langsung aja play Jas Merah hanya di Kaskus Podcast.










profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ariwanas dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.podcast
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Gaboleh jajah emoticon-Mad
Jajan aja emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lifeforlove dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post adekgantengom
ajak2 dong gan kalo mw jajan emoticon-Big Grin
profile-picture
cellato memberi reputasi
Quote:


Ayok ke walung om, emoticon-Ngacir

Eh ini om apa ante nih emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
okdechkaka dan DeviMp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
indon emang jos emoticon-Big Grin cendollss
profile-picture
cellato memberi reputasi
kezeeel gan ama doi emoticon-Cool
Rahasia dibalik nikmatnya kuliner nusantara
Lihat 1 balasan
Balasan post adekgantengom
om aja . warung mana ? daerah kota ? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:


Iya om walung isklim, beliin adek isklim cokat ya emoticon-Belo
profile-picture
DeviMp memberi reputasi
Kalau perlakuan bangsa belanda (atau lebih tepatnya VOC) lebih manusiawi dan bermartabat, mungkin Cornelis de Houtman jadi bapak bangsa Hindia Belanda modern (bukan Indonesia yah)
mau blanja malah njajah ... emoticon-Cape d...
bangsa belanda atau kongsi dagang dari belanda yang mana kerajaan belanda memiliki saham didalam kongsi dagang tsb?
dari dulu warga kita ternyata ramah dengan orang yang baru datang ke tanahnya, taunya malah kena jajah emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
yunda.me dan lqmnnhkm memberi reputasi
Balasan post mirhamh
bener banget nih gan, kalo nggak ada rempah rempah nggak akan ngerasain nikmatnya kuliner nusantara yang gak bisa didapetin di negara lain.
emoticon-fuck bajingan bule kulit putih eropa tergiur rempah-rempah sampai menjajah indonesia & merampas kekayaan alam indonesia
Artikel keren gan.
jadi pertamanya hanya saling barter tetapi ada maksud terselubung dari koloni belanda ? memang jangan mudah percaya sama orang asing
profile-picture
azid12353 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nice story nih gannn... mantul nihhh... bisa jadi bahan bacaan yeee kan... cerita2 yang kece buat warganett di kaskus sinii... biar isinya tiap hari bukan baca asal baca2 info... tp sekali baca story2 yg bagus dan mantul gitu dehhh... lanjutkan posting thread story2 kerennya gan... kalo bisa yg lebih inspiratif lagiii.. ditungguu...
emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
HOAXXXXXXXXXXXXX


Tapi Melihat Mental Para kacung kacung Poli-tikus Di negeri ini... Wajar Sich Bisa di Jajah selama itu banyak yang Bermental Penjilat dan Asal Bapak/Tante Senang.............Jada wajar lah di jajah selama itu Mungkin jaman dulu juga banyak yang bermental kacung seperti saat ini
profile-picture
andyarishu memberi reputasi
Diubah oleh rorokaler
Balasan post adekgantengom
jajanin eike donk dek emoticon-Frown
profile-picture
DeviMp memberi reputasi
Quote:


Ayok om kita kemon emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di