alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Omzet Turun, Perajin Logam Desa Ngingas Sidoarjo Keluhkan Mudahnya Barang Impor Masuk
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4929f2c0cad704bf186c2e/omzet-turun-perajin-logam-desa-ngingas-sidoarjo-keluhkan-mudahnya-barang-impor-masuk

Omzet Turun, Perajin Logam Desa Ngingas Sidoarjo Keluhkan Mudahnya Barang Impor Masuk

Sabtu, 3 Agustus 2019 13:28


SURYA.co.id | SIDOARJO - Perajin logam di Desa Ngingas Kecamatan Waru, Sidoarjo keluhkan mudahnya barang impor masuk ke Indonesia. Ketua Koperasi Waru Buana Putra, Samsul Anam mengatakan hal tersebut menjadi masalah karena barang produksi lokal menjadi sulit bersaing.

"Barang impor yang rata-rata didatangkan dari China tersebut harganya lebih murah dan kuantitas nya selalu banyak. Akhirnya kita sulit bersaing dan akhirnya mempengaruhi omset kita," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup surya.co.id), Sabtu (3/8/2019).

Ia membandingkan pada 2017 ke bawah ketika barang impor belum terlalu membanjiri pasaran, omzet perbulan bisa mencapai Rp 1 milyar.

"Namun untuk sekarang susah sekali. Tahun 2017 ke atas dapat omzet per bulan Rp 900 juta saja sangatlah sulit, ya turun sekitar 30 - 40 persen. Padahal omzet tersebut diputar kembali untuk operasional usaha," keluhnya.

Ia mengaku harga barang impor China dapat lebih murah dibandingkan produk lokal karena harga bahan baku di negara tersebut sangatlah murah sekali.

"Plat besi yang dijadikan bahan bakunya kalau di Cina harganya hanya Rp 9000 per kg. Sementara di sini, mencapai Rp. 11.500 per kg. Akhirnya rata rata pemesan cenderung memilih produk impornya, karena lebih murah. Kami biasanya hanya kebagian mendapat pesanan dalam jumlah tak terlalu banyak dari pemesan," jelasnya.

Samsul menjelaskan bahwa masalah ini tidak hanya dirasakan oleh dirinya saja.
Namun juga kepada 200 lebih UKM pengrajin logam yang ada di Desa Ngingas.

"Semua pengusaha mengeluhkan hal yang sama. Kami berharap pemerintah memperketat masuknya barang impor agar produk lokal ini bisa terus eksis.Serta kami meminta agar bahan bakunya dapat ditekan semurah mungkin agar produk lokal dapat bersaing dengan yang impor," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan
Editor: irwan sy


https://surabaya.tribunnews.com/2019...asuk-indonesia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pengrajin logam ngeluh kalah saing ma barang (jadi) impor.. padahal bahan baku mereka impor2 juga.. emoticon-Malu (S)

apa mungkin tuh pengrajin logam pesen bahan bakunya ke krakatau steel ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
Ada harga ada rupa
Barang dari China murah, tapi cepet rusak
Ambil contoh aja, pisau stainless dari China, harga 5 rebu perak, putih berkilat dan tajam. Ente pake 2 bulan udah tumpul, diasah pun bentar jg udah tumpul lagi

Sementara pisau besi gagang kayu buatan lokal tajamnya lebih tahan lama, dan bisa dipake trus sampe puluhan tahun sampe wujud pisaunya berubah jadi tipisss banget

Lihat 3 balasan
Balasan post khafidz99
Quote:


betul sekali, jadi kenapa anda mau beli pisau seharga 5 rebu dan membandingkannya dengan pisau seharga 100rb dan berharap pisau 5rb bisa menandingi kekuatan pisau seharga 100rb? yg bodoh siapa?emoticon-Wakaka
makanya jadi pengrajin bambu... kata wan abud
Quote:


kenapa baca komen pisau impor jadi inget cangkul impor yah gan?
Banyak banget komplain2 tentang bisnis yg merugi karena masuknya barang impor dengan harga lebih murah
Mestinya pada mikir, kenapa bisa harga barang lokal lebih mahal dibanding barang impor ?

Apa karena biaya logistik disini mahal ?
Lah, giliran infrastruktur mau dibagusin presidennya malah dicaci maki.

Biaya produksi di china lebih murah ?
Disini buruh lebih sering demo minta naik UMR tiap tahun.

Kualitas barang impor lebih jelek, jadi barangnya murah ?
Ya tinggal tentuin aja, barang lokal mau nurunin harga dan kualitas ngga ? Atau tetap mengincar segmen market yg mengutamakan kualitas.

Bukan cuma Indonesia yg kelabakan dengan serbuan produk China, semua negara lain juga khawatir.
Lihat 1 balasan
Persaingan usaha makin ketat
Balasan post khafidz99
@kinggidorah666 Yup, jadi kenapa para pengusaha itu mengeluh? Kenapa mereka membandingkan produk mereka dengan produk massal murahan?
Diubah oleh khafidz99
Balasan post ncub
Quote:


kalau negara maju bs saling tolak menolak sama produk china,

kalau negara berkembang tentu saja susah bersaing sama china, bedanya kita sama negara berkembang lain ya harus di akui PROTEKSI produk produk dalam negeri kurang.

Quote:


Mau nerapin proteksi juga sulit, gan.
Expor kita ke china juga bisa dihambat, apalagi di era pasar bebas gini.

Parahnya lagi, bangsa kita lebih suka pakai produk impor dibanding produk dalam negeri.
Balasan post khafidz99
Quote:


Bener banget ini

Gw sih udah ga percaya produk china

Kalaupun memang di pasaran cuma itu ya terpaksa sih

emoticon-Ngakak

Tapi HP udah made in indonesia

PT SAT bagus kualitasnya

Laptop nih belum ada produk indo yang handal

emoticon-Cape d...




GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di