alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d49272509b5ca0d864ca1a3/kejadian-mati-lampu-terparah-sepanjang-tahun-2016-hingga-2019

KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019

KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019

WELCOME TO MY THREAD

KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019


Pada tanggal 04 Agustus 2019, Negara Indonesia, disekitar pulau Jawa, khususnya di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ("Jabodetabek") mengalami pemadaman listrik besar – besaran.

Listrik telah berhasil dipulihkan di sebagian besar ibukota Indonesia, Jakarta dan sekitarnya setelah kota berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa itu padam tanpa pasokan listrik selama lebih dari sembilan jam (bahkan ada yang sampai 12 jam dibeberapa daerah) karena masalah teknis menurut perusahaan listrik negara, PLN, Minggu (waktu setempat).

Pemadaman listrik yang biasa disebut juga dengan istilah "power outage" atau “blackout” di Jakarta dan sekitarnya ini menyebabkan kelumpuhan beberapa sistem online hingga jaringan untuk berkomunikasi.

Pemadaman yang terjadi saat itu ikut melanda provinsi-provinsi tetangga yang tersebar di daerah yang dihuni oleh lebih dari 10 juta orang dan tampaknya telah mempengaruhi sebagian besar ibukota untuk mendorong penggunaan generator di beberapa kantor, mal, dan apartemen.

Pemadaman ini membuat kerugian cukup besar kepada beberapa pengusaha, bahkan juga menyebabkan beberapa acara keluarga atau event yang berlangsung pada hari minggu tanggal 04 Agustus 2019 harus dipaksa berhenti karena hal ini terjadi hingga dini hari waktu setempat.

Namun begitu apakah anda tahu bahwa pemadaman listrik besar – besaran juga pernah terjadi dinegara lain? Yang juga memberikan dampak luar biasa kepada masyarakat sebagaimana sejarah pernah menorehkan berita – berita mengenai “blackout” terbesar sepanjang sejarah manusia baru – baru ini.

So sebelum menilai pemadaman listrik di Indonesia parah atau tidak, ada baiknya kita bijak juga melihat kejadian pemadaman listrik yang pernah juga terjadi di negara lain yang sebenarnya ada yang lebih parah jika dibandingkan dengan pemadaman listrik yang terjadi di Indonesia. 

1. Venezuela Black Out


KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019


Pada hari Kamis, 7 Maret 2019, Venezuela jatuh ke dalam kegelapan. Sebagian besar Sistem kelistrikan hingga pencahayaan negara itu padam termasuk didalamnya ibu kota Caracas, yang juga ikut – ikutan masuk kedalam gelapnya malam.


Pada bulan Maret 2019, pemadaman listrik berulang kali terjadi secara nasional di Venezuela. Hal ini menyebabkan negara bernama Venezuela itu jatuh ke dalam negara yang mencekam ketika  jaringan listrik negara tersebut mati total di malam hari.

Spoiler for Video Negara Venezuela ketika black out nih gan:



Para ahli dan sumber-sumber pejabat yang dikelola oleh pemerintah Venezuela mengaitkan kejadian padamnya listrik karena kurangnya pemeliharaan dan perawaratan hingga masalah keahlian teknis di negara tersebut. 

Namun begitu banyak juga yang mengaitkan pemadaman listrik yang terjadi pada negara tersebut dengan kegiatan sabotase sebagaimana pernah dinyatakan pemerintahan dibawah pimpinan Nicolás Maduro.

Pemadaman yang semakin meluas terjadi pertama kali pada tanggal 7 Maret 2019 sekitar pukul 16:56 waktu setempat. Hal ini berlangsung hingga tanggal 14 Maret, ketika pada akhirnya listrik pulih kembali.

Pemadaman yang terjadi sebelumnya langsung mempengaruhi kegiatan rumah sakit, klinik, industri usaha dan transportasi hingga layanan air. Bahkan pemadaman yang sempat terjadi sebelumnya sudah banyak memakan korban kematian ketika pemadaman listrik berlangsung.

Pada tanggal 12 Maret, pemerintah berhasil mengalirkan listrik kembali ke beberapa bagian negara itu, namun begitu Caracas tetap hanya bertenaga sebagian sedangkan wilayah barat dekat perbatasan dengan Kolombia tetap gelap. Pemadaman listrik berlangsung di beberapa daerah selama beberapa hari setelah 14 Maret.


Antara tanggal 14 dan tanggal 16 Venezuela kembali tanpa daya dan terus berlanjut hingga tanggal 28 Maret.

Menurut berita yang penulis ambil dari berbagai macam artikel online, setidaknya empat orang tewas akibat kurangnya pasokan listrik selama tiga hari (“Koq bisa ya?”).

Setelah tanggal 28 Maret, faktanya pemadaman masih terus berlanjut pada tanggal 29 Maret, selama 24 jam. 

Terhitung selama bulan Maret, Venezuela mengalami pemadaman listrik selama 10 hari secara keseluruhan.

Pemadaman listrik yang berkelanjutan telah memperburuk krisis dan penderitaan rakyat di Venezuela mulai dari terputusnya pasokan air hingga masalah ekonomi lainnya.

Bahkan banyak pasien meninggalkan rumah sakit karena layanan dirumah sakit tidak maksimal.  Bandara di negara Venezuelapun dalam keadaan gelap. Keadaan ini menyebabkan keprihatinan dari negara lain, sebut saja Jepang salah satunya yang siap berinvestasi di Venezuela untuk membantu menyelesaikan pemadaman listrik.

So gimana pendapat kaskuser soal ini? semoga saja negara kita tercinta jangan sampai kayak Venezuela ya.




2. Puerto Rico Blackout



KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019



Pemadaman listrik di daerah Puerto Riko merupakan pemadaman terbesar kedua dalam catatan sejarah daerah tersebut.

Padamnya listrik di daerah tersebut terjadi karena hantaman badai Maria yang sempat terjadi pada bulan September 2017.


Spoiler for Poerto Rico ketika black out nih gan:


Sejak badai monster menghantam wilayah Karibia Amerika pada September 2017 dan merusak jaringan listrik, lebih dari 3,4 miliar jam pasokan listrik telah hilang di daerah tersebut.

Kejadian ini menjadikan pemadaman listrik terpanjang kedua dalam sejarah dunia, menurut laporan dari Rhodium Group, sebuah perusahaan riset ekonomi.

Satu-satunya pemadaman dalam sejarah dunia yang lebih besar dari Puerto Riko adalah  pemadaman listrik yang pernah terjadi di negara Filipina pada tahun 2013 akibat Topan Haiyan dimana sekitar 6,1 miliar jam pasokan listrik hilang setelah badai besar itu menimpa negara tersebut. 

3. Azerbaijan Blackout


KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019

Pada tahun 2018, Pemadaman listrik besar-besaran menghantam Azerbaijan dan memengaruhi sebagian besar negara itu. Pemadaman listrik  yang sempat terjadi merupakan kejadian pemadaman terburuk sejak jatuhnya Uni Soviet pada tahun 1991.


Presiden Ilham Aliyev membentuk komisi pemerintah untuk menyelidiki kecelakaan yang terjadi di pembangkit listrik negara tersebut yang berlokasi di daerah Mingechavir.

Menurut para pejabat menyebabkan pemadaman listrik besar - besaran pada negara tersebut karena kerusakan transformator yang kemudian memicu terjadinya kebakaran masif dimana kebakaran ini baru bisa dipadamkan dalam waktu 20 menit.

Spoiler for Keadaan black out Azerbaijan:



Pemadaman terjadi ketika negara Laut Kaspia itu mengalami gelombang panas, dengan suhu melebihi 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) dimana hal ini kemudian menyebabkan konsumsi daya meningkat. 

Pemadaman listrik yang terjadi dinegara tersebut membuat ibukota, Baku, dan hampir 40 kota yang ada di dalam wilayah lain negara tersebut menjadi gelap.

Para pejabat mengatakan listrik berhasil dipulihkan setelah beberapa jam kemudian akan tetapi beberapa stasiun kereta bawah tanah di ibukota tersebut tidak bisa beroperasi. Pemerintah telah berjuang sepanjang hari untuk memulihkan daya di wilayah lain pada negara ini.

4. Japan Blackout

KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019


Pemadaman listrik besar-besaran sempat terjadi di negara Jepang dimana lebih dari 580.000 rumah penduduk padam untuk jangka waktu pendek di pusat Tokyo pada Rabu sore, bulan Oktober tahun 2016.

Pemadaman ini otomatis mengganggu kereta api dan lampu lalu lintas bahkan membuat membuat lift yang ada digedung - gedung berhenti.


Pemadaman listrik menghantam rumah-rumah dan gedung-gedung perkantoran di 11 bangsal Tokyo, termasuk Minato, Chiyoda, dan Shinjuku, tetapi kebanyakan dari wilayah tersebut memiliki persediaan listrik yang kemudian mampu memulihkan pemadaman dalam waktu 10 menit.

Tokyo Electric Power Company Holdings Inc. mengatakan pemadaman itu kemungkinan disebabkan oleh kebakaran di fasilitas Tepco di Niiza, Prefektur Saitama.

Spoiler for Japan Blackout:



Kemudian pada hari yang sama perusahaan yang mengelola listrik tersebut mengadakan konferensi pers dan meminta maaf atas masalah yang terjadi. 

Menteri Ekonomi Hiroshige Seko mengarahkan pihak - pihak terkaitu untuk menyelidiki penyebab masalah, lalu kemudian menginstruksikan untuk mengambil tindakan lebih lanjut guna mencegah terulangnya kejadian tersebut.

Saat petugas pemadam kebakaran menangani kobaran api, asap hitam tebal mengepul dengan nyala api. Asapnya begitu pekat menyerupai pembakaran karet.

Pemerintah setempat menyarankan warga disekitar untuk tidak membuka jendela mereka karena berbahaya. Banyak restoran dan toko di jalan di sekitar kobaran api tutup walaupun lokasi antara pedagang dengan daerah terjadinya kebakaran terletak jauh dari zona perumahan.

5. Indonesia Blackout

KEJADIAN MATI LAMPU TERPARAH SEPANJANG TAHUN 2016 HINGGA 2019


Sebagian besar listrik telah dikembalikan ke ibukota Indonesia, Jakarta, dan kota-kota terdekat, 12 jam setelah pemadaman besar dimulai pada hari Minggu, 04 Agustus 2019.


Pemadaman yang merugikan lebih dari puluhan juta orang itu menyebabkan beberapa sistem dan jaringan telepon seluler error.

Walaupun Perusahan Listrik Negara telah menjelaskan bahwa Pemadaman yang terjadi disebabkan oleh masalah teknis namun begitu Rakyat dan Presiden Jokowi kecewa dan marah dengan kejadian ini.

Spoiler for Berita internasional soal Indonesia Blackout:



Hampir 10 juta orang tinggal di Jakarta, dan sekitar 20 juta di kota-kota sekitarnya. Pemadaman listrik juga melanda provinsi tetangga, rumah bagi puluhan juta lebih penduduk.

Gangguan sudah dimulai pada tengah hari pada hari Minggu waktu setempat dan listrik perlahan dipulihkan sembilan jam hingga dua belas jam kemudian lalu mati lagi secara bergilir pada hari senin.

Pemadaman listrik sering terjadi di Jakarta dan daerah sekitarnya pada hari Minggu sangat lama namun begitu  Bandara internasional kota itu tidak terpengaruh, sementara rumah sakit juga masih  aman karena menggunakan generator listrik cadangan. Namun begitu, lampu lalu lintas mati di beberapa wilayah ibukota, hal ini kemudian memperburuk kemacetan di kota yang terkenal macet itu.

Bahkan Kereta berhenti tiba-tiba dan mereka harus menunggu lama, ada begitu banyak bayi di dalam kereta, mereka menangis, dan orang-orang berteriak meminta untuk  dibukan pintu.



Spoiler for Budaya:




Spoiler for Thread Ane Yang Lain:









profile-picture
profile-picture
DeviMp dan Vandisk memberi reputasi
Diubah oleh 8caseofdeath
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
perusahaan lilin negara emoticon-Leh Uga
awalnya gue pikir blackout itu yang hitam keluar
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
kaya lagu apa gitu...

seperti mati lampu emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
Gw dihutan 3 hari 2 malam kaga ada listrik.
Hanya ditemanin api unggun.
Gpp tuch
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
sedih gan , gara2 kemaren mati itu seharian ga bisa push rank . padahal hari Minggu harinya ngepush emoticon-Frown

senen~sabtu kerja kyk quda gan
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
gegara mati lampu rumah tetangga gw kebakaran njir gegara lilin
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
Ternyata negara lain juga... Semoga tidak terjadi lagi lah, kita sudah ketergantungan sama listrik soale..
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
Okarin sampai harus ngabisin 5 Em gara-gara mati lampu kemarenan emoticon-Big Grin
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
aseek,lampu emergency, genset, baterai, ups, naik daun
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
Quote:


Lah buset bener juga ente emoticon-Leh Uga
Quote:


Cerdas ente gak salah juga itu, kalo ditranselasi english ke indo ya hitam keluar emoticon-Leh Uga
Quote:


Lagu apaan gan? emoticon-Betty
Quote:


Luar biasa gan ente lelaki sejati emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya gan ane juga sedih gan kagak bisa push rank atau chicken dinner hari minggu kemaren emoticon-Mewek
profile-picture
DeviMp memberi reputasi
Quote:


Apes namanya gan emoticon-Mewek
Quote:


Iya gan ane ngerasa kalo gak ada listrik hampa hidup ane gan emoticon-Betty
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Quote:


5 em apaan gan emoticon-Betty
Quote:


Iya kemaren ane beli lilin dipasar banyak orang rebutan beli genset gan emoticon-Leh Uga
Semoga jangan sampe terjadi kaya Venezuela deh gan. Ngeri banget dampaknya bisa begitu emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
Quote:


Lagu ini loh gan
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
8caseofdeath memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di