alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komnas HAM: Razia Buku Marxisme Melanggar Hak Memperoleh Informasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48f71dc820847cda5151bf/komnas-ham-razia-buku-marxisme-melanggar-hak-memperoleh-informasi

Komnas HAM: Razia Buku Marxisme Melanggar Hak Memperoleh Informasi

Medanbisnisdaily.com-Jakarta. Komnas HAM mengatakan aksi Brigade Muslim Indonesia (BMI) merazia buku yang dinilai mengajarkan Marxisme di Makassar tidak boleh dilakukan. Menurutnya pelarangan atau razia buku harus melalui pengadilan.

"Ya, yang pertama soal razia buku itu, siapapun tidak boleh merazia buku karena sudah ada keputusan dari Mahkamah Konstitusi kalau pelarangan dan razia buku itu harus lewat pengadilan," Ujar Komisioner Bidang Pendidikan dan Penyuluhan Anak Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara saat dihubungi, Senin (5/8/2019) malam.

Beka menjelaskan razia buku yang dilakukan oleh BMI melanggar hak warga negara untuk memperoleh informasi. Dia mengatakan setiap warga negara berhak untuk memperoleh pengetahuan.

"Kedua, melanggar hak untuk memperoleh pengetahuan. Saya kira kemudian apa yang dilakukan oleh BMI itu mengurangi penikmatan atas hak untuk memperoleh informasi, hak untuk memperoleh pengetahuan yang seharusnya diperoleh oleh warga negara yang lain," kata Beka.

Beka menilai aksi yang dilakukan BMI di Makassar itu melakukan tindak pidana. BMI dinilai telah melakukan pemaksaan.

"Saya kira itu kemudian melakukan tindakan pidana, ada unsur pidananya karena melakukan pemaksaan," ucapnya.

Lebih lanjut, Beka mendorong pihak kepolisian untuk menindaklanjuti razia buku itu. Sehingga tidak ada lagi aksi serupa di kemudian hari.

"(Mengimbau) Tidak hanya untuk BMI, tetapi saya kemudian mendorong kepada Polisi untuk segera memproses lebih lanjut soal razia buku ini. Supaya tidak ada lagi preseden yang sama terjadi di kemudian hari," kata dia.

"Artinya proses kepolisian itu bisa mendorong supaya masyarakat tidak boleh lagi secara sembarangan atau kemudian secara beramai-ramai memaksakan kehendaknya," lanjutnya.

Sebelumnya, BMI merazia buku-buku yang dianggap berbau komunis, termasuk buku milik Franz Magnis Suseno. Mereka menyebut buku milik Franz menyebarkan ajaran Karl Marx setelah membaca sinopsis buku.

"Kita ini tidak bisa buka itu buku karena disegel, tetapi sinopsisnya itu memang mengarah ingin menjelaskan pemikiran pemikiran Karl Marx. Makanya kami menganggap dan menduga ada indikasi," kata Ketua BMI Muhammad Zulkifli, Senin (5/8/2109).

Dia menyebut informasi soal buku yang menyebarkan paham komunisme berasal dari warga. Zulkifli mengatakan pihak pun telah berkoordinasi dengan bagian Intel Polrestabes Makassar dan Intel Kodam Hasanuddin.

"Saya sama-sama intel Kodam turun, kok. Jadi kita ini bertindak berusaha berkoordinasi tidak melanggar hukum, tapi kalau kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian, pihak TNI selalu beliau mengarahkan ke kami, selalu mendahulukan tindakan persuasif," terangnya.(dtc)

http://www.medanbisnisdaily.com/m/ne...leh_informasi/

Edan coeg, buku pun dimusuhin juga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
tidak percaya diri
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
biarin aja orang belajar apasih isme isme itu..

paling umum yang beginian ya jadi anak punk kecrek diangkot berase patriot.. cuma dikit yang lolos ampe jadi politikus.. udah lolos ya isme tinggal isme..
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Komnas HAM: Razia Buku Marxisme Melanggar Hak Memperoleh InformasiKomnas HAM: Razia Buku Marxisme Melanggar Hak Memperoleh Informasi
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Wes mbuhlah, sak karepmu
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
brigade muslim indonesia ????
profile-picture
profile-picture
cabekriting21 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
lagi besar kepala mereka habis berhasil nutup resto babi di mall, makanya jangan sampe dapet panggung nih kelompok dungu keracunan gurunisme emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apwgsejatigann dan 2 lainnya memberi reputasi
Brigade GOBLOGGG emoticon-Ngakak
Baru menduga tetapi udah maen rajia aja.. Dasar berigade pengangguran goblog emoticon-Ngakak
buku kilafah aja ada gw pernah baca di salah 1 bookstore kok...ga pernah dirajia
profile-picture
.Orenji. memberi reputasi
Belajar bahasa inggris dikit2.
Tuh di google banyak ebook marxisme, maoisme, leninisme, komunisme, sosialisme, dll.
Diubah oleh eggnostick
Katanya anti komunis?
Masa ga ngerti komunis?

Gimana mau melawan komunis kalo sistemnya ga pernah dipelajarin?
Lihat 1 balasan
UUD 1945 pasal 45
ayat 1 : Rakyat Indonesia diwajibkan menghayati dan mengamalkan ajaran komunisme
ayat 2 : Rakyat Indonesia dilarang menggunakan nama dan simbol-simbol komunisme

emoticon-Entahlah
Balasan post apwgsejatigann
Quote:


Yang dilarang di Indonesia itu kan PARTAI komunes.
Kalo ajarannya malah diwajibkan
Tuh loe duduk di bangku sekolah dari tk sampe perguruan tinggi
Isinya kalo bukan komunisme ya komunisme
Cuma gak pake nama komunisme
dilarang pake nama komunisme

makanya yang katanya anti komunisme itu
cuma sebatas anti nama dan gambar palu arit
tapi kalo ngoceh ya isinya komunisme

sudah dicuciotak dan dipropaganda sejak tk sampe otaknya defisit

..................................................... emoticon-Ngacir


Quote:


emoticon-Ngakak
dasar miskin emoticon-Bedug
profile-picture
slider88 memberi reputasi
Diubah oleh peyotpetot
Quote:


Bukannya ajarannya juga?
Yang pas tjahjo kumolo nyebutun disitu leninisme marxisme dll juga kan?
masih jaman ya razia2 buku, download di internet banyak
Lihat 1 balasan
tap mprs memang kebodohan tiada taranya nggak sekalian semua guru dari sd sampai universitas di masukin penjara karena ngajarin komunisme didalamnya. tetapi ya nggak berani karena nunjukin kebodohan nantinya bakal di hapus tapnya dan mana mau mereka. parah bener.
Balasan post dxbike
Quote:


Ya sama loe download bisa bikin loe di penjara ada jejak digital disana dan kalau internet banyak yang sesat lain ma buku yang bisa dibedah karena ada nilai duitnya
buku itu gaboleh di razia karena bentuk pemikiran.

negara kita bukan negara otoriter setelah reformasi.

jd inget waktu wiranto wacana tim hukum, pada protes gegara isi pikiran jg bakal di awasi, dr wartwan senior PWI smp akademis pd protes.

jadi...... muncul isu rezim otoriter tanya kenapa

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

kalau dibiarin sama polkis itu ormas gajelas yg razia siap siap aja isu isu yg sekarang ada bakal di goreng sama media makin jadi

emoticon-Ngakak
Diubah oleh KuwuRT
Quote:


Haha, jaman udah berubah gan. Ini jamannya kebebasan informasi. Situ mau melawan dunia? Bukannya membaca itu hukumnya wajib?
Diubah oleh dxbike
Lihat 1 balasan
baca buku marxisme = auto pki ,,,,

baca quaran = auto islam

baca injil = auto kristen

emoticon-Goyang
Balasan post dxbike
woy ada undang undangnya yaitu tap mprs. mau wajib kek mau kagak kek loe masuk penjara kalau melanggar hukum mau hukum itu beres ataupun kagak beres. hukum itu sifatnya memaksa bukan musyawarah atau diskusi.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di