alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dirazia BMI, Buku Buku Franz Magnis Suseno Justru Kritik Marxisme
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48f6cb2f568d7fa673062d/dirazia-bmi-buku-buku-franz-magnis-suseno-justru-kritik-marxisme

Dirazia BMI, Buku Buku Franz Magnis Suseno Justru Kritik Marxisme

Dirazia BMI, Buku Buku Franz Magnis Suseno Justru Kritik Marxisme

Makassar - Sekelompok massa melakukan razia terhadap beberapa buku yang dipajang di Gramedia yang dianggap berbau paham Marxisme. Kelompok itu turut merazia buku-buku Franz Magnis Suseno. Padahal, buku tersebut isinya justru mengkritik paham Marxisme.

Sebagaimana diketahui, pihak toko buku Gramedia juga membenarkan soal buku-buku berbua Marxisme yang disita oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya Brigade Muslim Indonesia (BMI). Salah satu yang disita ialah buku berjudul Pemikiran Karl Marx: Dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme karya Franz Magnis Suseno.

"Buku-bukunya Franz Magnis kalau tidak salah yang salah satunya mereka sita," kata GM Corporate Communication Gramedia, Saiful Bahri, kepada detikcom, Senin (5/8/2019).

"Kalau tidak salah kan ini kan buku ilmiah," sambungnya.

Pada sebuah video yang didapatkan detikcom, Minggu (4/8/) kemarin, ada empat orang pemuda yang melakukan razia, dan yang memegang setumpuk buku salah satunya bercover muka dari Karl Marx.

Seorang pemuda yang berada di sebelah kanan yang mengaku sebagai jubir mengatakan pihaknya meminta Gramedia mengembalikan buku-buku itu ke percetakan karena melanggar undang-undang.

"Sedang melakukan pencarian buku-buku berpaham radikal yang sebenarnya telah dilarang undang-undang," kata pria tersebut.

Lalu, apa sebetulnya isi buku karya Franz Magnis Suseno tersebut? 

Dalam kata pengantarnya dalam buku tersebut, pria yang akrab disapa Romo Magnis ini menjelaskan alasan mengapa pemikiran Karl Marx mesti diperkenalkan ke khalayak Indonesia. Menurutnya, pemikiran yang kerap disebut sebagai Marxisme itu memiliki pengaruh pada pemikiran abad ke-19. Namun menurutnya, Marxisme tidak cocok diterapkan di zaman ini karena menolak demokrasi dan pluralisme.

"Marxisme tidak lebih dari ideologi perjuangan buruh industri akhir abad ke 19, dia sekarang tidak akan lebih menarik perhatian daripada pemikiran Michail Bakunin dan Robert Owen," tulis Romo Magnis. 

Romo Magnis bahkan mengibaratkan Marxisme seperti fosil dan benda-benda museum. Kendati demikian, dia kecewa jika mempelajari Marxisme disamakan dengan upaya untuk menyebarkan pahamnya. Menurutnya, Marxisme tetap harus dipelajari dengan pandangan kritis dan ilmiah. 

Selain itu, dalam bukunya dia juga menyetujui pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Dia bahkan mengulas, banyak negara-negara komunis yang gagal menjalankan ekonominya karena konsep Marxisme sudah usang seperti fosil zaman Jurrasic

Untuk diketahui, di Indonesia ada aturan yang melarang penyebaran paham Marxisme. Salah satu aturan tersebut tercantum dalam Tap MPRS Nomor XXV Tahun 1966 tentang pembubaran Partai Komunis Indonesia, pernyataan PKI sebagai organisasi terlarang di seluruh wilayah negara Republik Indonesia, dan larangan menyebarkan atau mengembangkan paham atau ajaran komunisme/marxisme-leninisme. Begini bunyinya: 

a. Bahwa faham atau ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme pada hakekatnya bertentangan dengan Pancasila;
b. Bahwa orang-orang dan golongan-golongan di Indonesia yang mengenal faham atau ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme, khususnya Partai Komunis Indonesia, dalam sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia telah nyata-nyata terbukti beberapa kali berusaha merobohkan kekuasaan Pemerintah Republik Indonesia yang sah dengan cara kekerasan.
c. Bahwa berhubung dengan itu, perlu mengambil tindakan tegas terhadap Partai Komunis Indonesia dan terhadap kegiatan-kegiatan yang menyebabkan atau mengembangkan faham atau ajaran komunisme/Marxisme-Leninisme. 
(rdp/tor)


sumurr

nah lo akibat sotoy.. kirain bukunya ajarin marxisme , taunya menentang.. btw.. kata polisi dan BMI, mereka hanya silahturahmi gan.. bukan raziaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Brigade Muslim Indonesia


no komen dah drpd ane kena persekusi bmi



profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ya beginilah kualitas onta...ama buku saja ketakutan. Buku yang salah bahkan emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Nasbung konthol goblog ya gitu itu

Blm baca bukunya dah main tuduh aja


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Dirazia BMI, Buku Buku Franz Magnis Suseno Justru Kritik Marxisme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau kata Roger, dungu.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post ceo.amigroup
Quote:


emoticon-Wakaka
Ga ada yang kangen tuh di rumag si firza
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gerombolan orang begog emoticon-Ngakak
Cuman baca judul tapi gak tau isinya apa emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
mereka sita ?
merrka punya hak ?

itu perampasan.
laporin
profile-picture
profile-picture
abau. dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Udah tau knp sobat gurun harus bego kan emoticon-Wakaka .....
Mereka cm kelompok yg mengandalkan kengototan aja smpe ga tau yg d ngototin itu apa
profile-picture
abau. memberi reputasi
Tipikal orang indo. Baca atau liat sampulnya aja sudah bisa ambil kesimpulan, makanya bisa digoblok2in sama mantan residivis emoticon-Takut
profile-picture
abau. memberi reputasi
merampas?
biasanya dilakuin sama orang yang ga punya duit tapi pengen baca buku namun ga dibolehin baca buku di tempat emoticon-Ngakak
goblok dan kere yang dipertontonkan ke publik memang lucu emoticon-Leh Uga
profile-picture
abau. memberi reputasi
Otot kawat, balung wesi, tapi...........























Dirazia BMI, Buku Buku Franz Magnis Suseno Justru Kritik Marxisme
Ini yg katanya silaturahmi emoticon-Leh Uga
Wong kok pekok
Magniz ini kalo ga salah guru besar deh.
Karya2 nya banyak.
profile-picture
abau. memberi reputasi
Nah kan akhirnya kedunguan tersebar luas.. dan seantero indonesia tahu emoticon-Leh Uga
profile-picture
abau. memberi reputasi
Romo Magnis bahkan mengibaratkan Marxisme seperti fosil dan benda-benda museum.

Seperti khilafah bisa dibilang fosil juga, mungkin cocok diterapkan di jamannya dan di luar sana, tapi tidak di Indonesia dan apalagi jaman sekarang.

Kalo emang khilafah bisa memakmurkan suatu negara, pasti sudah dipakai oleh banyak negara di dunia, faktanya gak ada satupun yg mengusung ideologi ini, terutama negara-negara Arab asalnya,kenapa Indonesia yg negara timteng bukan, liga arab bukan, tapi ada orang2nya yg sok paling khilafah ?
profile-picture
abau. memberi reputasi
biasalah...kita maklumi saja...
mungkin dulu pas pembagian otak dapetnya yg second...itupun udh burique emoticon-Ngakak
nah 4 orang itu bisa tuh langsung diamankan.
itu orang usaha legal formal lho si gramedia.
seenak jidat langsung maen razia.
dasar hukumnya ape???
sok sok an jadi polisi syariah.
dasar binatang berkepala sorban!
emoticon-Marah
profile-picture
abau. memberi reputasi

Silaturahmi enaknya di rumah, bukan dimana manaemoticon-Blue Guy Bata (L)

Cuman silahturahmi...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di