alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Luhut Isyaratkan Bos PLN Tak Boleh Berlatar 'Keuangan'
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48e61310d29525bd720cbf/luhut-isyaratkan-bos-pln-tak-boleh-berlatar-keuangan

Luhut Isyaratkan Bos PLN Tak Boleh Berlatar 'Keuangan'


Luhut Isyaratkan Bos PLN Tak Boleh Berlatar 'Keuangan'

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Perekonomian
 Luhut Binsar Panjaitan menyebut pimpinan PT PLN (Persero) tidak boleh diduduki oleh sosok yang memiliki latar belakang keuangan. Ia berkaca pada penyelesaian kasus pemadaman massal pada Minggu (5/8), yang menurutnya terjadi karena para ahli teknik kelistrikan tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan.

Ia memang tidak menunjuk satu nama tertentu. Namun, menilik profil pelaksana tugas (plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, yang memang berlatar belakang keuangan. Pendidikan terakhirnya adalah S2 bidang Manajemen di STM PPM Jakarta, serta meraih gelar Profesi Ajun Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAAIK). 

Ia pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan Indonesia Power, Eksekutif Utama Bidang Keuangan Indonesia Power yang ditugas karyakan sebagai Senior Spesialis Keuangan Divisi Keuangan Korporat PLN, Kepala Divisi Pendanaan dan Asuransi Indonesia Power. 

"Saya pikir peran dari ahli-ahli bidang ini (kelistrikan) dari PLN harus dilakukan. Tidak boleh PLN dipimpin oleh orang yang mengerti finance saja, PLN harus kembali kepada nature dia, di mana banyak masalah yang eloknya dipimpin orang teknologi," imbuhnya di kantornya, Senin (5/8). 

Karena jajaran yang kurang paham dengan masalah teknik, hal ini tentu berpengaruh ke durasi penanganan pemadaman massal. Oleh karenanya, wajar saja jika Presiden Joko Widodo marah di hadapan direksi PLN Senin (5/8) pagi. Terlebih, pemadaman selama seharian ini tentu memukul perekonomian DKI Jakarta dan sekitarnya. 

"Kalau misalkan (Plt Dirut) minta masyarakat ikhlas (karena pemadaman), ya ikhlas saja. Tapi dia ya suruh tanggung jawab juga," jelas dia.

Ia pun menyadari, kini terdapat opini di masyarakat bahwa Menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN) Rini Soemarno harus segera memilih dirut PLN defintif selepas kasus ini. Tujuannya, agar keputusan operasional, termasuk penanganan pemadaman massal, bisa lebih efektif.

Namun, ia sendiri juga belum tahu, apakah nantinya Rini benar-benar akan menetapkan dirut definitif sesudah ini. 

Apalagi, Jokowi juga sudah memberi arahan di sidang kabinet paripurna bahwa semua menteri jangan membuat keputusan setidaknya sampai Oktober mendatang. Kecuali, ada hal khusus yang memang diarahkan langsung olehnya. 

"Lagipula, menterinya (Menteri BUMN) juga lagi naik haji, menunggu dia pulang dulu saja. Saya tidak tahu khusus kalau mengenai hal ini (penetapan dirut PLN)," tutur dia. 

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mengatakan kasus yang terjadi kemarin mencoreng citra PLN di masyarakat. Sebab, pemadaman kemarin sangat merugikan konsumen, apalagi bisa menimbulkan kerugian ekonomi baik skala besar maupun skala kecil.

Memang, pemadaman itu bukan terjadi karena kesengajaan manajemen. Namun, kecekatan manajemen dalam mengatasi persoalan ini justru sangat penting. Menurut dia, keputusan operasional dan perencanaan strategi korporat disebut masih kurang optimal lantaran pemerintah hobi menggonta-ganti pelaksana tugas direktur utama. 

Tercatat, PLN sudah dua kali memiliki plt direktur utama selepas Sofyan Basir tersangkut kasus PLTU Riau 1, yakni Djoko Abumanan dan Sripeni Inten Cahyani. 

"Memang tidak ada hubungan secara langsung blackout accident dengan penetapan dirut PLN Baru, tetapi penetapan plt dirut secara bergantian sangat mengganggu kinerja dan jalannya organisasi PLN, termasuk dalam penanganan blackout accident. Sehingga, Menteri BUMN harus segera menetapkan dirut PLN definitif dalam waktu dekat ini," kata dia.

(glh/bir) 

SUMUR

w
aduhhh, kalo jd presiden harus ngerti keuangan juga ga niihhh


profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan davecchio memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Ya kedepan cari yang basicnya orang lapangan alumni teknik ..asal bukan alumni 212 aja..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rebelx dan 3 lainnya memberi reputasi
Betul bangets nih opung.., kalo rusak tau dr pesan berantai teknisi kampung ke dirut di et opis..., tp kalo ditanya solusi..., jawabannya ua... uu...., aa.., uu.... aja.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lantas president? Walikota, gubernur (Jokowi) awas ada yg tersinggung lek...dipecat kau nanti. emoticon-Wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ahok cocok jadi Dirut PLN
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan davecchio memberi reputasi
Quote:

Harus donk, nanti kalo ngga ngerti soal keuangan bisa-bisa ketipu bawahannya terus. Apalagi kalo suka melakukan I don't read what I sign emoticon-Malu

PLT nya sich mestinya yang paham tentang hal-hal Teknis.
profile-picture
profile-picture
wiry dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Simalakama......listrik masalah...bisa sih cepet tapi keluarin milyar...satu regu teknisi di sini...eh ga bisa , rugi dong bos...duit hilang pelanggan seneng...atau duit hilang juga pelanggan marah2 tapi duit hilangnya ga milyar tapi trilyun
....eh...emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Keuangan itu adalah inti dari semua bisnis....

Menurut gue sih gpp dari disiplin keuangan.. Tapi ya harus ngerti bidang lain juga dong..

Level dirut mah harus paham semua..

Karena dia berada di garis paling depan dalam sebuah perusahaan.. emoticon-Cool



















Astajim...
Btw, ini PLT dirut kok cewe? Apa ga takut kena azab ini perusahaan? Pantesan kemaren kena mati lampu masal, rupanya ini penyebab utamanya... emoticon-Mad
Quote:
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
orang teknik pasti ngerti uang
orang keuangan pasti nga ngerti teknik

bagaimana logika ini?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh yellowmarker
KEMARIN SIH GUA LIHAT JOKOWI GAK MAU PENJELASAN TEKNIK KARENA EMANG DIE GAK NGERTI TRUS TERLALU PANJANG PENJELASANNYA ......

YANG DIA MAU GIMANA TIDAK TERULANG , GIMANA PENYELESAIANNYA TERUTAMA SAMA YANG MASIH BERDAMPAK ,
PENJELASAN SINGKAT DAN TEPAT GITU.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Kabel.Hangus memberi reputasi
Quote:


Kek nya gak begitu .
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Perusahaan teknis seperti ini harus dijabat oleh orang yang mengerti teknik juga. Keuangannya diserahkan ke ahlinya.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
asiyap pak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Asiyap gan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan davecchio memberi reputasi
negara lain mati listrik cuma sebentar
bukan sepanjang tahun

kalau di indonesia itu paling parah lakukan pemadaman listrik bergilir sepanjang masa di kota-kota
sampai-sampai warganya kebanyakan udah beli generator

yang tinggal di pulau sumatra ,kalimantan,sulawei dll
.pasti wargaya udah merasakan pemadaman listrik bergilir sepanjang tahun

di pulau jawa aja yg jarang pemadaman listrik makanya warganya langsung heboh
Quote:


Semua tentang ahok
Suka suka antum
Gue bingung dikit dikit ahok ketua kpk ahok bpk ahok menpanrb ahok ketua pssi ahok menpora ahok

Ga ada orang lain?
Quote:


Lha kata antum suka-suka ane kan
Quote:


Maka ntuh
Tapi ane nanya disini emoticon-Ngakak
Quote:


Coba tanya sama kaskuser yang lain gan
kan cuma plt, ganti aja
ya mungkin secara teknis di lapangan kurang menguasai, tapi plt bisa minta masukan dari anak buahnya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di