alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48d67d88b3cb6a7b0ae90e/terorisme-yang-sesungguhnya-adalah--mati-lampu

Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu

Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu

Mati lampu di Indonesia? Sudah biasa.. Mati lampu di Jakarta? Hmm.. Masih sering terjadi sepanjang ingatan saya. Tapi mati lampu sampai berjam-jam, bahkan nyaris seharian?? Ini baru luar biasa bikin kesal!

Coba tunjuk, siapa di antara kita yang tidak naik pitam dengan apa yang baru saja berlangsung kemarin! Sedang enak istirahat di hari Minggu yang tenang, tiba-tiba aliran listrik padam.

Awalnya saya kira mati lampu biasa. Tahunya ketika saya cek group-group Whatsapp, satu per satu terman-teman absen sehingga terkuaklah informasi bahwa tidak hanya wilayah Tangerang Selatan yang mati lampu. Kawan-kawan yang di Jakarta pun mengalami hal yang sama. Bahkan juga yang tinggal di wilayah Bogor.

Makin beranjak ke sore hari, kawan di Bandung pun laporan merasakan situasi yang serupa. Akhirnya baru ketahuan, ternyata hampir separuh Pulau Jawa padam. Dan yang sulit diterima logika adalah waktu padam yang terlampau panjang, bahkan hingga belasan jam di wilayah tertentu.

Di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangsel, tempat saya tinggal, listrik baru menyala kembali sekitar pukul 22.10 WIB. Sementara di beberapa kawasan seperti Ciledug dan Bintaro Jaya, listrik sudah kembali mengalir sekitar satu jam sebelumnya.

Informasi penyebab blackout alias mati total pun berseliweran di sana-sini. Hingga saat ini, apa yang sesungguhnya terjadi masih dalam investigasi pihak PLN dan Polri.

Memang kita semua sudah mendengar jawaban Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani soal kronologi mati listrik massal, ketika disambangi Presiden Jokowi (Jokowi). Namun, apakah ada unsur kelalaian, kesengajaan, sabotase atau sejenisnya, masih harus kita tunggu sama-sama hasil investigasinya.

Terlepas dari itu semua, peristiwa blackout kemarin sungguh lampu ini memperlihatkan kepada kita betapa rentannya sistem kelistrikan nasional. Terlihat jelas tingginya resiko sistem kelistrikan berbasis pembangkit besar (fosil, nuklir maupun panas bumi) dan sangat mudahnya sistem itu lumpuh atau dilumpuhkan, sengaja atau tidak.

Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu

Jika kita berandai-andai sejenak menyamakan kejadian semalam dan tadi pagi dengan gangguan terhadap stabilitas dan keamanan negara, maka sah-sah saja jika skala blackout semalam disejajarkan dengan serangan terorisme masif yang mampu melumpuhkan banyak sendi dalam masyarakat.

Bayangkan saja, listrik mati berjam-jam berakibat pada sangat sulitnya mengakses sinyal seluler maupun internet. Mayoritas jaringan ATM offline, lampu lalu-lintas tampak mati di berbagai titik. Akibatnya, banyak terlihat kemacetan dimana-mana.

Moda transportasi Kereta commuter line (KRL) dan MRT (mass rapid transit) paling terdampak hingga pelayanan dihentikan sementara karena menggunakan tenaga listrik. Sementara moda Transjakarta sekalipun masih beroperasi, tampak antrian penumpang mengular dimana-mana. Belum lagi kegiatan ekonomi yang butuh listrik dan komunikasi digital langsung slowing down atau melambat.

Mungkin yang masih berjalan aktif dan normal adalah aktivitas di mall, pusat perbelanjaan, hotel maupun apartemen yang memiliki pasokan tenaga listrik cadangan. Tetapi sekiranya kita ambil titik ekstrim dari kejadian ini, ambil satu contoh, ketahan dan keamanan, jika saja negera lain tahu apa yang terjadi, mudah sekali melumpuhkan Republik Indonesia!

Komunikasi sangatlah sulit kemarin malam. Bahkan jauh lebih sulit ketimbang sewaktu Menkominfo Rudi Antara membatasi penggunaan media sosial seperti Whatsapp, Instagram dan Facebook, sehubungan dengan kejadian 22 Mei 2019 lalu.

Tanpa kita sadari, inilah terorisme yang sesungguhnya! Di kala listrik yang merupakan kebutuhan utama manusia modern tiada, sendi-sendi kehidupan msayarakat akan goyah. Elektrisasi, informasi, telekomunikasi, finansial, transportasi, dan lainnya, yang ujung-ujungnya akan mengganggu stabilitas keamanan nasional.

Dan kalau sudah mengancam stabilitas nasional, seharusnya pejabat yang bertanggungjawab mundur. Di Taiwan misalnya, Menteri Bidang Perekonomian Taiwan Lee Chih-kun mengundurkan diri setelah terjadi malfungsi pada pembangkit listrik tenaga gas alam mereka 15 Agustus 2017 lalu. Akibatnya, jutaan rumah tangga mengalami pemadaman listrik di tengah gelombang panas yang tengah melanda negara tersebut.

Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu

Atau Menteri Ekonomi Korea Selatan, Choi Joong-Kyung, yang mengundurkan diri pada 15 September 2011 lalu, karena merasa bertanggung jawab atas terjadinya pemadaman listrik yang menimbulkan kemarahan masyarakat

Kalau di Indonesia, siapa yang bakal mundur?? Ada juga kita dipaksa menelan permintaan maaf seperti yang sudah-sudah. Maklum, negara santun...


Acuan:

Intip Reaksi Pejabat Dunia Saat Mati Listrik: Mohon Maaf Hingga Mundur

Petaka Mati Lampu se-Jawa 2019, Listrik RI Rapuh Salah Siapa

Diubah oleh noldeforestasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu
profile-picture
venom123 memberi reputasi
Mati lampu apa mati listrik, kalau lampu mati ya tinggal diganti to...

Ya kedepan jangan sampai terulang lagi kejadian mati listrik total seperti hari minggu kemarin, bahaya juga bagi keamanan nasional.
profile-picture
bangsu memberi reputasi
kemarin bilang teroris nya jalan raya, hari ini lampu besok pasukan mleduk malah jadi pahlawan, pie to jon2 omongan kok diwolak walik koyo bakwan gosong.emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah
pln korup inkompeten dan inefisien, dah itu aja
eug rasa mainannya rini soemarno nih.. minta dirut pln baru dari kubu doi.. biasa, makelar bumn wkwkwk
Diubah oleh adammohak
Njir pulau Jawa baru beberapa hari doang ramenya minta ampun.

Padahal dulu Pulau Sumatra bertahun-tahun digilir ga seramai ini.

Hak hak hak.
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan casiopao memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post ssgbaik
Quote:


ya rame lah boss,, wong sentral pemerintahan dan kaum hedon.. berisik makanya ahahaha
Mati lampu jakarta malah lebih segar berkurang polusinya

emoticon-Leh Uga

Nih teroris, baik dr lampu atau dr bom, kayak bom bali.

Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu
kemarin pagi tumben2an tuh ane bangun udaranya seger.. dingin rasanya .. sering2 lah mati lampu hehe
negara lain mati listrik cuma sebentar
bukan sepanjang tahun

kalau di indonesia itu paling parah lakukan pemadaman listrik bergilir sepanjang masa di kota-kota
sampai-sampai warganya kebanyakan udah beli generator

yang tinggal di pulau sumatra ,kalimantan,sulawei dll
.pasti wargaya udah merasakan pemadaman listrik bergilir sepanjang tahun

di pulau jawa aja yg jarang pemadaman listrik makanya warganya langsung heboh
Diubah oleh bpln.boss
emoticon-Embarrassment giring opini ato apa ne... analogi bebas emoticon-Busa:

bukannya kita sudah punya Densus88 anti teror

jangan samakan mati lampu sama teroriame emoticon-Blue Guy Bata (L)

dampak akibat terorisme menyangkut nyawa dan keselamatan orang banyak serta eksistensi bangsa emoticon-Blue Guy Bata (L)
untung yg mati lampu seharian itu ibu kota..

coba daerah lain... palinh diam aja
Diubah oleh leonard21
Pengen rasanya gue tabok muka orang pulau jawa yg manja mewek2 gara2 mati lampu model ini...

Woi anjink, kami di luar jawa udah dari jaman neopalelulitikum kena teroris bernama "mati lampu" itu..

Setiap minggun njink.. Gue ulangin setiap minggu... emoticon-Cape deeehh

Apa kami semua di sini sudah pada mampus gara2 itu?

Makanya jadi orang jangan manja.. Dikit2 mewek.. Dikit2 ngeluh.. Dikit2 nyalahin presiden.. Nyalahin gabaner..

Gimana negara ini mau maju kalo manusianya manja2 semua kaya lu pade.. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
casiopao memberi reputasi
Diubah oleh filusufkentang
Lihat 1 balasan
Quote:


Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu


Mau dibandingin sama ini ?


Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu


Terorisme Yang Sesungguhnya Adalah … Mati Lampu
Diubah oleh 37sanchi
dasar manja. mati lampu aja panik.
Balasan post ssgbaik
Biasa. Standar janda cui. Ingat jawa la paling penting. Pulau lain? Mau kalian gak ada air kek, gak ada listrik kek. Bukan urusan pusat kek.

Yang penting bagi duit wilayah ke pusat ya.
Balasan post filusufkentang
Wkwkwk. Aku rasa di jawa tuh banyak yang bahkan gak tau rasannya harus sedia lilin di rumah wkkwk. Kita jaman si Kebo terutama sumut harus sedia 20 biji lilin di rumah lol. Belum lagi beli tempat lilin yang anti kebakaran kalo mau aman.

Tidur pun gak tenang dulu. Untuk sekarang udah beli genset.
Quote:


Ga di jaman kebo aja.. Skrg pun hampir setiap minggu pasti kebagian mati lampu...

Makanya org sumatra pasti di rumahnya sedia lampu emergency, genset dan powerbank muatan besar... Itu pasti... emoticon-Cool

Dan selama ini belum nemu tuh gue perusahaan, toko, mall atau usaha yang bangkrut gara2 mati lampu.. emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Huhu payah aah pln, aku jadi mati gaya minggu kemarin.. Mall rame gila jadi malam kemana2 wkwkwk
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di