alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d48b2df349d0f14e110a411/7-tipe-sepeda-motor-sesuai-fungsi-dan-kebutuhan

7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan

7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan

Motor memiliki beragam tipe, bentuk, ukuran, dan standar kegunaan. Bagi kamu penggemar otomotif, mungkin sudah tahu tentang beberapa tipe motor. Tapi, tidak sedikit juga di antara kamu yang belum mengetahuinya, terutama bagi yang ingin memiliki motor pertamanya. Sebelum membeli motor, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan.

Apakah kamu tahu perbedaan tipe motor seperti sportbike, cruiser, atau skuter? Tidak masalah kalau seandaianya kamu belum tahu. Berikut ini adalah ulasan tentang tujuh tipe motor paling umum yang ada di pasaran saat ini.


1. Sportbike
7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan
Sportbike adalah tipe motor yang difokuskan untuk menghasilkan performa bagus, kecepatan tinggi, kemampuan menikung tajam, dan pengereman yang pakem. Motor tipe ini biasanya dibuat sangat bertenaga dan punya bobot yang ringan, tapi tidak menjadi motor yang nyaman seperti tipe lainnya.

Contoh sportbike yang bisa kamu temukan di pasaran seperti Kawasaki Ninja 250R, Triumph Daytona 675 triple, Yamaha YZR-R1, dan Suzuki Hayabusa.


2. Standart/Naked-bike
7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan
Di masa sekarang, banyak motor tipe standart juga disebut sebagai naked-bike. Menawarkan performa yang hampir sama dengan sportbike, tapi dengan kenyamanan posisi berkendara yang lebih baik dan fungsinya yang serba guna. Tipe motor ini punya segmen pasar yang besar di dunia otomotif.

Tipe motor naked-bike yang bisa kamu temukan di jalanan sepert Yamaha All New Vixion, Suzuki GSX-R150, Honda CB 150R, dan Kawasaki Z650.


3. Dual-sport
7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan
Bisa di jalan aspal, bisa di medan lumpur, oleh sebab itu motor ini disebut tipe dual-sport. Motor ini sama baiknya jika digunakan melintas di jalan raya mau pun di jalan-jalan pinggir pedesaan.

Banyak komunitas-komunitas dual-sport yang menggunakan motor seperti Honda XR600R, Suzuki DR650, KTM 525EXC, dan Yamaha 2020 TW200.


4. Cruiser
7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan
Tipe motor ini punya posisi berkendara agak membungkuk dengan pijakan kaki lebih maju dan posisi tangan lurus ke depan. Hampir semua cruiser punya tampilan rendah, panjang, dan gagah. Motor cruiser biasanya menghasilkan tenaga besar dan mudah dikendarai.

Harley-Davidson adalah produsen cruiser paling terkenal, namun pabrikan otomotif lain seperti BMW, Honda, Moto Guzzi, Yamaha, Suzuki, Triumph dan Victory mulai mengikuti jejak yang sama.


5. Touring
7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan
Meski tipe motor apa pun bisa digunakan untuk touring, pabrikan otomotif telah mengembangkan tipe motor spesifik yang dirancang untuk keperluan ini. Motor touring dibuat untuk perjalanan jarak jauh, dilengkapi dengan pelindung cuaca, bagasi tahan air, dan keunggulan lain seperti kemudi ringan, stereo, dan boncengan nyaman.

Sedikit contoh motor tipe touring yang ada di pasaran swperti BMW K 1200 LT, Yamaha Royal Star Venture, Honda Gold Wing, dan Harley-Davidson Electra Glide.


6. Retro
7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan
Ada yang suka tipe motor modern, ada juga yang suka motor bergaya retro. Tidak perlu membeli motor bekas, karena sekarang sudah banyak motor modern yang mengusung gaya retro atau klasik.

Tidak semua orang menyukai motor jenis ini, sehingga pasarnya sangat terbatas. Salah satu motor tipe retro yang terbaru adalah Kawasaki W175, Yamaha SR400, Honda Super Cub, dan Royal Enfield Classic Battle Green.


7. Skuter
7 Tipe Sepeda Motor Sesuai Fungsi dan Kebutuhan
Tipe motor menempati segmen pasar paling besar, khususnya di Asia. Sering digunakan di kota atau pun di desa, tidak ada motor yang lebih serba guna dibanding tipe skuter. Kini, telah diperkenalkan tipe skuter yang lebih besar untuk kenyaman berkendara, bagasi lebih luas, dan mampu menempuh perjalanan jauh.

Banyak motor tipe skuter beredar di pasaran, seperti Honda Vario, Yamaha Nmax, Suzuki SkyWave, dan banyak lainnya

Nah, itu tadi tujuh tipe motor yang perlu kamu ketahui. Pemilihan Tipe motor harus disesuaikan dengan harga dan kebutuhan. Benar kan?


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di