alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3e77bff0bdb278025e5017/10-bahan-alami-pengganti-gula-yang-lebih-sehat-kamu-suka-yang-mana

10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?

10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?

Gula murni yang terbuat dari tebu sangat cepat diserap tubuh dan meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Untuk menghindari risiko akibat asupan glukosa berlebih, kamu bisa menggantinya dengan pemanis lain yang punya indeks glikemik lebih rendah.

Nah, berikut ini sepuluh pemanis yang bisa mengganti peran gula!


1. Madu
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Madu dihasilkan dari sari bunga yang dikumpulkan lebah. Ekstrak tersebut diubah dalam bentuk sirup sebagai bahan pangan koloni lebah. Rasanya yang manis membuat madu sering dijadikan pengganti gula.

Sebenarnya, jumlah kalori dalam madu lebih besar dari gula pasir. Bedanya, madu tak meningkatkan gula darah dalam waktu cepat. Kelebihan lainnya adalah kandungan vitamin B dan C yang baik untuk imunitas, serta potassium untuk meredakan sakit tenggorokan.


2. Sirup jagung
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Sirup jagung tinggi fruktosa ini kerap digunakan sebagai pemanis buatan dalam makanan olahan atau minuman kemasan. Kandungan glukosanya banyak banget. Beberapa glukosa mungkin akan diubah dengan bantuan enzim menjadi bentuk fruktosa. 

Meski bisa menjadi pengganti gula, penggunaan sirup jagung berlebihan juga tak disarankan. Penelitian menunjukkan mengonsumsi sirup jagung tinggi fruktosa  berhubungan dengan obesitas dan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung dan diabetes.


3. Daun stevia
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Stevia merupakan tanaman yang tumbuh di negara-negara beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Meski begitu, belum banyak yang familiar dengan daun satu ini, karena stevia termasuk baru dalam pemanis pengganti.

Keunggulan pemanis stevia yakni bebas kalori dan gula, sehingga aman bagi penderita diabetes. Kamu yang ingin mengurangi konsumsi gula atau sedang diet bisa memanfaatkan tanaman ini. Apalagi sekarang sudah ada stevia bubuk mirip pasir.


4. Gula aren
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Kandungan karbohidrat dan kalori gula aren sama seperti gula pasir. Dalam setiap sendok tehnya, gula aren dan gula putih mengandung 16 kalori.  Tapi, tingkat sukrosanya hanya 70-79 persen, jauh lebih rendah dibanding gula putih yang mencapai 99-100 persen. 


5. Sirup beras merah rendah kalori
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Sirup beras merah ini cocok untuk kamu yang sedang cari alternatif gula, karena rendah kalori. Rasanya mirip karamel dan butterscotch. Satu sendok sirup beras merah hanya mengandung 13 kalori. Selain rendah kalori, sirup ini memiliki kandungan gizi lainnya, seperti magnesium, zink, dan vitamin.


6. Agave nektar
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Agave nektar punya banyak kelebihan dibanding gula. Di antaranya indeks glikemik rendah dan bisa mengurangi sensitivitas insulin (tidak meningkatkan gula darah secara cepat). Pasalnya, agave nektar  mengandung fruktosa lebih banyak daripada gula.

Proses pembuatan agave nektar memerlukan waktu lebih lama. Sirup ini dihasilkan dari tanaman yang sama dengan tequila, yang diproses melalui serangkaian tahap supaya karbohidrat bisa dipecah jadi gula. Jumlah kalorinya hampir sama dengan madu, bedanya agave nektar  tidak mengandung antioksidan.


7. Sirup maple
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Sirup ini didapat dari ekstrak getah pohon maple. Satu sendok makan sirup maple murni mengandung 52 kalori dan 13,5 gram karbohidrat. Sekitar 12,4 gram kandungan karbohidrat itu merupakan sukrosa.

Jumlah sukrosa ini bahkan lebih sedikit dibanding madu. Selain itu, sirup maple juga mengandung zinc, magnesium, dan zat besi yang baik untuk ketahanan tubuh.


8. Blackstrap molasses
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Blackstrap molasses dipercaya sebagai superfood  yang punya segudang nutrisi bagi tubuh, terutama kalsium dan zat besi. Sirup hitam ini juga tinggi mineral lain, seperti tembaga, selenium, kalium, magnesium, dan seng.


7. Sirup yacon
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Terbuat dari akar pohon yakon dan sering digunakan sebagai alternatif pemanis bagi penderita diabetes. Sirup ini diperkaya probiotik yang baik bagi pencernaan.


10. Sirup kurma
10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?
Kurma terdiri dari 80 persen gula berupa fruktosa, sukrosa, serta glukosa. Rasanya sangat manis dan bisa dijadikan alternatif gula alami. Selain itu, mengonsumsi kurma punya banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi tekanan darah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meski pengganti gula, pemanis alami belum pasti lebih sehat kalau dikonsumsi secara berlebihan.  Faktanya, tidak ada perbedaan signifikan dari kandungan vitamin dan mineral antara gula tebu dan pemanis alami lainnya.

Ketika dicerna dalam tubuh, keduanya akan menjadi glukosa dan fruktosa. Jadi konsumsinya tetap harus diatur, ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana? 10 Kafe Baru yang Instagramable di Surabaya Barat, Kamu Sudah ke Sini?

- 10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana? 7 Tips Masak Anti Gagal, Sang Pemula pun Jadi Langsung Jago

- 10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana? 5 Masakan Mewah yang Bisa Kamu Buat Pakai Rice Cooker, Gak Ribet Kok!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Aku sih biasanya ganti gula pake madu tj dirumah
Kalau lagi bikin teh lebih enak pake madu soalnya
Lihat 8 balasan
kalo gula aren enak nya buat bikin kopi campur susu gituuu
tapi kalo untuk yang lain lebih enak pake maduu , bikin sehat juga...
profile-picture
semprongbolo250 memberi reputasi
Balasan post si.montokk
Quote:


wah sama dong, aku juga pake madu TJ murni buat pengganti gula
banyak nya sih buat dicampur pake minuman, biar lebih sehaat emoticon-Smilie
paling sering sih ganti gula pake madu kalau ane gan emoticon-Blue Guy Smile (S)
Balasan post si.montokk
Quote:


leh uga tuh gan, pake madu tj emang enak juga rasanya ane dirumah juga dibeliinnya madu tj sama nyokap
Balasan post si.montokk
Quote:


sama banget dah ama gw,
gw juga kalau nge teh campur madu tj juga emoticon-Smilie b
Balasan post si.montokk
Quote:


leh uga tuh ngeteh ganti gula pake madu tj, ane juga dibeliinnya madu tj mulu ama nyokap
Balasan post si.montokk
@kerupukloverss iya gan, minum aja madu tjnya... bagus tuh... selain bisa diminum langsung bisa juga dicampur makanan atau minuman, biar sehat gan
Balasan post caryancanda
@caryancanda enak ya siss madu tj, bisa dicampur teh anget bisa juga dicampur susu anget sebelum tidur...
apa cuman saya pas kecil nyemilnya gula merah ahahaha ampe lidah kayak gatel gitu tapi gimana ya enak banget... jadi mau coba lagi hihi
Balasan post kerupukloverss
@kerupukloverss saya madu tj kurang suka, malah jadi msker muka haha tapi jadinya kebuang juga gara2 gamungkinkan tu 1 botol buat masker muka haha
pakek madu saja saiya
Balasan post si.montokk
Wahhhh sama kaya ane donggg..kirain cuma ane doang gan yang begitu. Dulu terinspirasi sama film doctor strange, teh diseduh madu. ehh ternyata enak ya wkwkw
kadang kalo gak pakek gula asli tuh rasanya aneehh gt
tapi demi kesehatan trs ane suka ganti pakek madu
Quote:


Etapi masker muka enaknya pakek madu aslii lho sisss.. jangan pakek madu tj kelees hahha
Madu gan tetep favorit nomor satu wkwk
Gula aren tuh gan enak
Biasanya ane campur sama jahe gepuk gan
Anget di badan juga rasanya mantep
madu lah
Cuma pernah nyoba madu doang sih._.
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di