alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
10 ISTILAH FILOSOFI MASYARAKAT JAWA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3b24f4d439721b353daaea/10-istilah-filosofi-masyarakat-jawa

10 ISTILAH FILOSOFI MASYARAKAT JAWA

Assalamualaikum agan dan sista. Selamat datang di thread amatir ane. Kali ini ane akan membahas tentang filosofi-filosofi jawa yang memiliki makna bijak untuk dijadikan pedoman hidup sehari hari.

Berikut filosofi filosofi masyarakat jawa tentang kehidupan beserta penjelasannya:

1). SURO DIRO JOYODININGRAT, LEBUR DENING PANGESTUTI.

Artinya, segala sifat angkara murka, dengki, keras hati, licik hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, rendah hati, dan sabar.

2). NERIMO ING PANGDUM

Artinya menunjukkan pada sikap jujur, ikhlas, tidak mudah mengeluh. Pada intinya, kita sebagai manusia harus Ikhas menerima segala sesuatu hasil usaha telah kita kerjakan dan tidak menyalakan Tuhan sebagai Dzat yang telah memberi apa yang kita butuhkan.

3). DATAN SERIK LAMUN KETAMAN, DATAN SUSAH LAMUN KELANGAN.

Yang berarti kita jangan mudah untuk sakit hati ketika ditimpa musibah dan jangan sedih ketika kehilangan sesuatu.

4). MEMAYU HAYUNING BAWANA, AMBRASTA DUR HANGKARA

Artinya, manusia didunia ini harus selalu berhati-hati (menjaga keselamatan), kebahagiaan & kesejahteraan, serta menghilangkan sifat buruk seperti angkara murka, serakah, sombong dari diri kita.

5). OJO GUMUNAN, OJO GETUNAN, OJO KAGETAN, OJO ALEMAN

Pepatah tersebut berarti, jangan mudah heran, jangan mudah menyesal (kecewa), jangan mudah terkejut, dan jangan manja. Intinya, kita sebagai manusia harus menyikapi segala sesuatu dengan bijak. Seperti ketika kamu mendapat rezeki yang banyak, kamu jangan langsung bangga, kegirangan atau jangan lebay. & ketika menghadapi segala masalah, jangan mudah kaget, hadapi dengan santai, dengan kepala dingin.

6). JER BASUKI MOWO BEO

Istilah tersebut berarti, Untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, maka kita harus rela berkorban. Segala Sesuatu tersebut dapat berwujud kebahagiaan, kesejateraan, kesehatan, pendidikan, jabatan & sebagainya.

7). OJO MILIK BARANG KANG MELOK. OJO MANGRO MUNDAK KENDO.

Yang artinya, jangan mudah tergiur oleh hal hal yang terlihat mewah nan indah. Jangan berpikiran serakah dalam melakukan sesuatu hal, karena dapat membuat niat menjadi kendor dan melunturkan semangat.

8). OJO KUMINTER MUNDAK KEBLINGER. OJO CIDRO MUNDAK CILOKO

Artinya, jangan sok pintar atau merasa paling pandai agar tidak salah arah atau tersesat dalam hidup. Jangan suka berbuat curang atau bermain kotor agar tidak celaka.

9). BALILU TAU PINTER DURUNG NGELAKONI

Yang berarti, Orang bodoh tetapi sering mempraktekan suatu hal atau pekerjaan akan lebih dihargai dari pada orang pintar tetapi belum pernah atau bahkan malas mempraktekan pekerjaan tersebut.

10). OJO KETUNGKUL MARANG KALUNGGUHAN, KADONYAN, LAN KEMAREMAN

Artinya kita sebagai manusia jangan mudah tergiur atau terobsesi oleh nafsu keinginan duniawi untuk memperoleh kedudukan, hidup kaya raya, dan puas akan hal hal duniawi.


Semoga bermanfaat 😁. Sampai jumpa di thread amatir ane berikutnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonwongndeso dan 5 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nrimo ing pandum jero iku gan
profile-picture
wxrdana28 memberi reputasi
Jawa adalah salah satu bangsa dengan peradaban terbesar di dunia bahkan bisa dibilang momer satu karena sampai sekarang masih eksis
Quote:


Masa Sih ?
Filosofi no 1-10 sering jadi soal ulangan bhs Jawa jaman smp/sma😂
Bagus emoticon-thumbsup
profile-picture
liee memberi reputasi
Ojo gumunan, ojo ngaleman
Quote:


Quote:

Quote:

Nice thread, tapi sepertinya lebih cocok masuk subforum Budaya deh gan emoticon-Traveller

Quote:

Iyo gan emoticon-Smilie

Quote:

Yang masih eksis sampai sekarang juga ada yang lain gan

Quote:

Lah semua dong gan emoticon-Ngakak

Quote:

Iyo gan emoticon-shakehand


Diubah oleh kreator.9.ES
Quote:


seriusan gan? ane belom pernah denger sih... tapi mungkin mungkin aja mengingat di jaman moderen yang plural gini orang jawa masih mempertahankan peradaban adat istiadatnya.... tapi kan kalo di indonesia emang semua suku gitu ya gan ga cuma jawa doang emoticon-Bingung (S)
-ngeli ning ora keli
- urip iku urup
-ngilmu iku lelakone kanthi laku
Ojo dumeh gan emoticon-Cool
Yg ane apal dari sd cuma adigang adigung adiguno. Istilah lainnya kaga apal
emoticon-Ngakak
Diubah oleh ngrh93
Terkadang ada aja orang yang mengucapkannya dalam bentuk Quote di Medsosnya tapi gak dijalankan maksut filosofi serat makna itu haduhh dassaremoticon-Blue Repost


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di