alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
Sudah Jarang Terlihat, Inilah Permainan Seru Anak 90-an!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3b0d147e3a723e18310348/sudah-jarang-terlihat-inilah-permainan-seru-anak-90-an

Sudah Jarang Terlihat, Inilah Permainan Seru Anak 90-an!

Sudah Jarang Terlihat, Inilah Permainan Seru Anak 90-an!


Yuk Kita BerNOSTALGIA dengan Permainan Masa Kecil Kita



Masa kecil merupakan masa yang paling menyenangkan, saat-saat kita tidak memikirkan tentang berkerja untuk mencari uang akan tetapi saat-saat kita bermain dan belajar. Jaman dulu anak-anak 90-an masih jarang yang memiliki Hp. Mungkin hanya sebagian yang punya, akan tetapi hanya Hp untuk sms dan telp saja. Walaupun Hp tersebut ada permainannya itu pun hanya games ular, tetris maupun tembak-tembakan. Gambarnya pun masih seperti itu(tau lah anak-anak jaman dulu). Berbeda dengan jaman sekarang, yang kebanyakan anak sudah memiliki Hp canggih dan tersedia banyak permainan di dalam nya. Anak-anak jaman sekarang alias Anak Zaman Now, kebanyakan dari mereka jarang bermain diluar. Mereka lebih suka bermain Hp dirumah, bermain PS ataupun bermain game-game yang ada di Laptop/Komputer.

Masih ingatkah kalian anak-anak 90 an, saat kita ingin bermain diluar saja orang tua kita terkadang tidak memperbolehkan kita keluar. Ketika teman-teman datang menghampiri rumah dan memanggil nama kita seperti "Budi, main yuk!!!" akan tetapi orang tua kita berkata "Budi mau tidur siang dulu". Pasti masih pada inget deh. Yuk kita berNOSTALGIA bareng dengan membahas permainan jaman dulu yang seru dan asyik dimainkan. Berikut ini permainan Anak 90-an :


1. Petak Umpet

Sudah Jarang Terlihat, Inilah Permainan Seru Anak 90-an!



Permainan ini cocok dilakukan saat istirahat sekolah maupun saat ada waktu luang bersama. Dalam permainan petak umpet, ada penjaga yang harus menjaga tempat yang telah disepakati(bisa pohon, tembok rumah maupun tiang) dan ada juga yang bersembunyi. Yang paling menyebalkan itu saat jadi penjaga dan anak yang harus dicari pulang kerumah tanpa memberitahu, sedangkan kita sebagai penjaga mencarinya sampai sore. Padahal cuma anak itu saja yang belum kena. Pasti diantara kalian pernah mengalami hal tersebut.

Cara Bermain :


1. Semua anak yang ikut permainan membuat kesepakatan terlebih dahulu, berapa lama waktu yang diberikan penjaga untuk berhitung(biasanya sih sampai 10 aja) dan batasan wilayah untuk bersembunyi(kalau anak yang bandel mah bodo amat, pasti ngumpet kemana-mana) serta tempat yang harus dijaga.

2. Setelah sepakat, semua anak hompimpah. Anak yang kalah jadi Penjaga dan harus mencari anak yang bersembunyi.

3. Jika penjaga melihat anak yang bersembunyi, penjaga harus berkata misal " Budi,kena" di tempat jaga yang sudah disepakati. Jika anak yang bersembunyi menempelkan tangan nya terlebih dahulu makan anak tersebut aman.


2. Lompat Tali

Sudah Jarang Terlihat, Inilah Permainan Seru Anak 90-an!


Beli karet terus dirangkai jadi tali, lebih greget lagi ngumpulin karet dari karet bungkus makanan, pasti dari kalian ada yang pernah ngelakuin deh. Lompat tali ini minimal dimainkan oleh 3 orang pemain. 2 memegang tali dari karet dan 1 sebagai pemain yang harus lompat dan menghidari tali.Cara bermainnya simpel, 2 orang memegang tali yang diputar kemudian 1 orang melompati tali tersebut. Pemain yang  melompati tali dikatakan kalah ketika tali mengenai pemain tersebut.


3. Engklek/Jengklek/Sawahan

Nama permainan ini mungkin berbeda di daerah kalian. Saya sendiri kadang menyebutkan jengklek atau sawahan. Bentuknya pun bisa bermacam-macam, bisa seperti pada gambar diatas, ataupun yang lain nya. Akan tetapi yang biasa digunakan adalah yang bentuk pesawat. Jadi pemain membuat kotak-kotak yang membentuk seperti pesawat. Nah, dalam permainan ini pasti diantara kalian pernah deh salah lompat yang menyebabkan kalian harus mengulang dan menunggu giliran. Gagal dalam melempar juga pasti pernah kalian alami.

Cara Bermain :

1. Pemain membuat gambar yang ingin digunakan untuk bermain engklek. Biasanya sih bikin di tanah, di aspal terlalu ekstrem bro.

2. Siapkan batu atau pecahan genting yang ingin digunakan.

3. Hompimpah untuk menentukan urutan bermain. Jika sudah ditentukan urutannya, letakkan batu atau pecahan genting di kotak pertama.

4. Pemain mengambil batu atau pecahan genting di kotak pertama dan melompat menggunakan satu kaki. Hingga kembali dan melempat batu atau pecahan genting ke kotak kedua hingga terakhir. Kaki pemain tidak boleh keluar dari kotak dan tidak boleh menginjah batu atau pecahan genting pemain lain.

5. Jika berhasil hingga kotak terkahir, pemain menghadap belakang dan melempar batu atau pecahan genting untuk menandai tempat itu. Bila berhasil, kotak tersebut menjadi daerah pemain tersebut dan tidak boleh diinjak oleh pemain lain, bila gagal pemain harus mencoba melempar lagi digiliran berikutnya.


4. Bentengan
Sudah Jarang Terlihat, Inilah Permainan Seru Anak 90-an!

Sumber Gambar

Permainan ini mengajarkan kita untuk menjadi cepat dalam menangkap dan menghindari lawan. Kalau lari kamu cepat pasti menjadi pemain andalan dalam permainan ini. Dalam betengan, terdapat 2 kubu. Beteng dipilih sesuai kesepakatan team masing-masing. Biasanya terdiri dari 4 orang bisa lebih. Serunya permainan ini thu kalau udah bisa nangkep lawan. Ampe dijaga ketat udah.

Cara Bermain :



1. Pemain membentuk team. Setiap team memiliki jumlah anggota yang sama.

2. Setiap team memilih tempat yang ingin dijadikan benteng bisa pohon atau tiang. Biasanya tempat yang dijadikan benteng jauh dari tembok, tiang ataupun pohon yang dapat disentuh pemain lawan.

3. Jika pemain lawan tidak menyentuh apapun tiang, pohon, tembok dan tersentuh pemain lawan, maka pemain tersebut harus berada di benteng yang menyentuh pemain itu.

4. Pemain yang disandera dapat lolos jika anggota team menyentuh pemain tersebut.


5. Tepuk Kartu/Gaburan
Sudah Jarang Terlihat, Inilah Permainan Seru Anak 90-an!


Kalau di daerah saya, permainan ini dinamakan gaburan. Beli kartu begini enaknya kalau udah digunting sama yang jual, kalau belum harus gunting dulu biar bisa main. Serunya kalau menang terus kartu kita jadi banyak. Yang tadinya satu iket bisa jadi 2 iket dan sebaliknya. Yang tadinya 1 iket jadi abis.

Cara Bermain :
1. Siapkan kartu.

2. Pilih salah satu kartu yang ingin digunakan. Kemudian taruh ditangan.

3. Tepukkan tangan kamu dengan pemain lain.

4. Jika kartu kamu menghadap ke atas dan tidak terbalik maka kamu menang dan dapat mengambil kartu lawan.





SELAMAT BERNOSTALGIA emoticon-Smilie


profile-picture
tahubulatgury12 memberi reputasi
Diubah oleh bayu9999
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Diubah oleh bayu9999
galaksin gak ada gan ?
Quote:


Itu juga ada gan semasa kecil dulu...
Seru juga permainan nya...
Lari menghindar dan kompak itu perlu hehehe
Tapi sekarang juga kadang masih liat permainan ini apalagi agustusan...
Ditempat ane pasti ada permainan itu buat dijadiin lomba
keren juga daerah ente gan...
galaksin ada dilomba 17an
Quote:


Hehehe
Apalagi pas bagian ibu-ibu yang main...
Lucu rame gokil dah wkwkkw

Ditempet ente gimana gan?
Masih ada permainan itu?
Quote:


Gak kebayang nyokap" maen galaksin,clash pasti tuh.... emoticon-Takut
Masih ada kok gan,cuma rata" anak sd
Diubah oleh tahubulatgury12
Quote:


Lucu gan jadinya... Rame pula.. suaranya itu loh wkwkkw

Aman kok asal ada wasit nya... Jadi dikasih tau dulu peraturannya.. kalau ada yang dilanggar wasit maju hehhee
Wkwkkw

Coba deh pas agustusan kasih rekomendasi buat galasin jadi lomba... Seru pokok nya wkwkkw
Kalau anak-anak kan udh biasa...
Ibu ibu biar mantul wkwkwk
Post ini telah dihapus oleh sokie
Quote:


Iya gan...
Jaman jamannya seneng banget...
Main diluar terus ama temen2..
Ampe gak boleh keluar rumah malahan gegara main wkwkkwkwkkw...

Kalau sekarang malah kebanyakan anak betah dirumah karena gadget udah canggih...

Zaman dulu soalnya masih banyak permainan diluar rumah yang mengasyikan...

Ampe kangen... Kalau diinget inget asyik banget dulu...
Sundul dulu gan emoticon-Smilie
informasi mantul ini gan... thread yg menarik dan sangat memberikan wawasan dan yang butuh info jadi terbantu soal ini... lanjutin share2 thread yg berfaeda dan informatif lainnya... ditunggu... biar bisa nambah informasi tiap harinyaaa... ga cuma baca yg hiburan2 doang ye kan...
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Quote:


Siap laksanakan gan.....
Semoga saya tetap bisa memberikan tread yang berkualitas... Semangat...
petak umpet! ane sampe lupa ada mainan gituan. dimana sebelum main harus disepakati dulu boleh ngumpet sampe sejauh mana supaya adil pas main. Bener2 nostalgia padahal cuma inget:")
btw ane pernah kesel karena jaga terus, akhirnya ane pulang ke rumah aja pas giliran jaga terakhir trus besoknya pada protes karena mereka nunggu sambil ngumpet wkwk
Lihat 1 balasan
Balasan post kardusadi
Quote:


kalau ane sendiri kesel pas jaga terus orang yang dicari pulang kerumah, mana nyari ampe sore dulu...

eh... pas ketemu malah dianya lupa kalau lagi main..
hadeh...

tapi semua itu merupakan kenangan indah yang bikin inget masa kecil
Quote:


Wkwkwk bener banget mau kesel mau gimana juga, kalo sekarang inget gituan cuma bisa ketawa geli sendiriemoticon-Big Grin
Masa kecil emang seruu
Quote:


Iya bener...
Kalau inget bikin senyum senyum sendiri..
Soalnya udh beda banget sekarang yang kudu kerja cari uang....

Masa kecil emang paling indah...

Btw ditempat agan dulu ada permainan yang dari kaleng terus ditata kemudian dilempar batu gak gan? Nah kalau kena giliran selanjutnya yang kudu jaga kaleng biar gak ditendang yang sembunyi..

Kalau didaerah ane namanya klentungan, gak tau nama indonesianya wkwkwk
Ada gak gan?
Quote:


Di tempat ane pake sendal yg disusun, untuk namanua juga ane lupa hehe. mainannya mirip2 sama yg dimaksud. Tapi kalo pake kaleng kayaknya ngga ada deh🤔
Quote:


Berarti mungkin di tempat kita cuma beda benda yang dipakai saja...
Enak pakai kaleng loh gan... Soalnya kalau pakai sandal.. lari nya gak bersendal ntar.. walaupun itu sih sebenernya yang bikin seru juga hehehe..

Kaleng kena batu , klontang... Kabur dah hehehe .. saling balas komen begini jadi keinget masa kecil terus hehehehe
Quote:


Wkwk iyaa gan, main sambil nyeker tuh emang paling greget. Kadang kena omel emakemoticon-Big Grin

Seneng bisa cerita2 nostalgia gini ganemoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di