KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Minuman Segar Dan Bisa Goyang-goyang dari Tanah Sunda, Es Goyobod
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d36d1e88012ae39357e1480/minuman-segar-dan-bisa-goyang-goyang-dari-tanah-sunda-es-goyobod

Minuman Segar Dan Bisa Goyang-goyang dari Tanah Sunda, Es Goyobod

Minuman segar khas sunda

Minuman Segar Dan Bisa Goyang-goyang dari Tanah Sunda, Es Goyobod

Hai Agan Sista yang keren bin kece. Untuk meramaikan festival kreator jajanan segar kali ini, ane mau memperkenalan jajanan segar dari tanah sunda.

Apa tu?
Yups,es goyobod.


Minuman Segar Dan Bisa Goyang-goyang dari Tanah Sunda, Es Goyobod

Dokumen Pribadi


Ada merasa aneh dengan nama ini? Sama, saya juga pertama kali denger es goyobod terasa asing di telinga. Mungkin, karena saya berasal dari Jakarta dan baru beberapa tahun tinggal di tanah sunda ini. Berdasarkan sumber dari Okezone.com, nama goyobod berasal dari bahasa belanda yang artinya basah. Beradasarkan cerita dari orang asli sini, nama goyobod dipakai karena ketika goyobod itu diangkat, dia goyang-goyang. Jadilah dinamakan goyobod.
emoticon-Ngakak


Spoiler for Goyobod goyang-goyang:

dokumen pribadi


Es asli dari tanah sunda ini merupakan jajanan murah pelepas dagaha yang uenaknya poool, plus ga bikin kantong melintir. Kenapa? Karena rasa segar, manis, dan gurih bersatu dalam es goyobod. Rasa segar ini didapatkan dari penyajiannya dengan ditambahkan es. Iya, kan namanya juga es goyobod. emoticon-Ngakak

Rasa manis berasal dari gula dan susu kental manis yang ditambahkan dalam kuahnya. Satu lagi adalah rasa gurih yang merupakan rasa dominan, karena kuahnya berbahan baku santan. Sehingga, rasa gurihnya ga perlu diragukan lagi.

Adapun untuk isi es ini, seperti halnya es campur. Pada dasarnya sesuai selera. Ada yang menambahkan kelapa, mutiara, alpukat, tape, ataupun tape ketan hitam. Tapi satu hal penting dan tidak boleh terlupa yang merupakan inti dari inti es goyobod ini adalah goyobodnya itu sendiri.

Goyobod merupakan campuran tepung hankue dengan campuran bahan lainnya, yang dimasak dan didinginkan hingga menyerupai jelly atau agar-agar. Teksturnya yang sangat lembut dan kenyal, membuat es ini semakin memiliki variasi. Kenyalnya goyobod dan kriuknya kelapa bersatu di dalam mulut bersama kuah santan es goyobod, bikin meleh rasanya ga bisa dilupakan. Sensasi asam manis tape ketan hitam yang ditambahkan di dalamnya, menambah cita rasa es goyobod ini.

Gimana, udah terasa segarnya? Belum, ya. Nah, makanya, ini rekomendasi banget untuk Agan dan Sista yang seneng kuliner. Kalo jalan-jalan ke Bandung, Garut, Tasik, ataupun daerah sunda lainnya, belum afdhol kalo belum nyobain es goyobod.

Agan dan sista bisa mendapatkan es ini di beberapa tempat. Ada yang menjajakkan es ini dengan gerobak. Biasanya dijual sektlitar 1.000 - 3.000. Ane kemaren beli Rp. 2.000.

Minuman Segar Dan Bisa Goyang-goyang dari Tanah Sunda, Es Goyobod

dokumen pribadi


Ada juga di rumah makan, tapi memang harganya lebih mahal. Kemaren ane beli dengan harga enam ribu rupiah.

Minuman Segar Dan Bisa Goyang-goyang dari Tanah Sunda, Es Goyobod

Dokumen Pribadi


So, keputusan ada di tangan agan dan sista. Mau yang di gerobak atau di rumah makan. Yang jelas tetap enaaak.

Oh iya, satu lagi nih. Ada pilihan yang lebih hemat, yaitu bikin sendiri di rumah. Tenang aja, cara bikinnya is very easy. Asalkan ada kemauan dan usaha, juga pastinya harus ada bahan-bahannya ya.

Apa aja tuh bahannya?

Coba agan sista siapkan tepung hankue, gula pasir, air, susu kental manis (ini untuk bahan goyobod). Lalu siapkan juga santan dan air gula merah (ini untuk kuahnya). Jangan lupa bahan pelengkap kelapa, mutiara, tape ketan hitam, alpukat, dsb (sesuai selera).

Untuk cara membuatnya, agan sista bisa cek video ini :

Spoiler for Cara Membuat Es Goyobod:


Okeh, semoga bermanfaat ulasan jajanan es goyobod ini.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Salam Literasi,
Retno Qren (RetnoQr3n)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YulianAnggita dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh RetnoQr3n
Halaman 1 dari 4
es goyobod
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan tsuway.c001 memberi reputasi
reserved
profile-picture
tsuway.c001 memberi reputasi
Beuhh ... seger bener sist emoticon-Wow
Quote:


Bisa goyang lagiemoticon-Ngakakemoticon-Goyang
Quote:


Cung bun..aye baca dulu ya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


Sumpah Bun.delia belum pernah coba rasanya
nyai urang sunda tapi belum pernah nyobaemoticon-Mewekemoticon-Mewek
kangen banget minum es goyobod deh ane, dulu ada yang jualan didepan komplek, rasa roti campur kuahnya gak bsa ane lupain
ane masih demenan es tebak (e-nya dieja ala medan) gan emoticon-Ngacir
Segerrrrrr


emoticon-Angkat Beer
Quote:


Main atuh del ke bandung atau sini ke tasik...
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Waaah, lama merantau.ya ceu
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Quote:


Iyaaaa uenaaak tenan. Meleleh di lidah
Quote:


Waah belum.pernah denger ini. Dri sunda juga?
profile-picture
dariusss memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya begini nih klo kebanyakan merantauemoticon-Leh Uga
Quote:


Delia sering ke Bandung bunda
Balasan post RetnoQr3n
Bukan gan emoticon-Malu (S) produk "Urang Awak" aka Sumbar gan...tapi dalemannya nyaris mirip 90%
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Diubah oleh dariusss
mantap tuh, segar banget kayaknya, murmer pula
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
thanks gan-sis
udah berbagi info, semoga bermanfaat bagi kita semua..
demen mah ane sama yang beginian, sharing positif vibes!
ane tunggu next thread ya gan sis

emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan

profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
wkkwkwkw unik-unuik bener nih cara menarik konsumen haha
biar bisa goyank-goyang dan goyang
perlu ane coba nih pas lagi maen kesana
tapi emang sih aslinya orang Indonesia banyak yang kreatif-kreatif
thanks gan infonyaaaa
keren banget!
jadi pengen nyoba hahhaa biar bisa goyang yukkk!!
emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di