alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
5 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3569578012ae0b9f29ce9c/pt-pos-indonesia-nasibmu-kini

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

Di era masyarakat modern seperti sekarang ini nampaknya kebiasaan untuk membeli suatu barang atau jasa melalui online adalah suatu kebiasaan. Bahkan dengan era yang sudah serba digital membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam membeli apapun yang dibutuhkan hanya bermodalkan smartphone.

Melihat kebiasaan masyarakat yang berubah tersebut, sudah sewajarnya perusahaan logistik yang menjadi perantara antara pembeli dan penjual mengambil peranan penting. Kehadiran jasa logistik sangat dibutuhkan karena memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berbelanja.

Namun, hal tersebut berbeda dengan yang dialami oleh BUMN perusahaan logistik bernama PT Pos Indonesia. Entah mengapa perusahaan ini tidak dapat menunjukan eksistensinya kepada publik. Padahal tingginya demand untuk kebutuhan jasa antar barang sangat diperlukan kehadirannya.

Bukannya menggebrak publik dengan strategi bisnis yang menarik minat masyarakat untuk memakai jasanya, baru-baru ini PT Pos Indonesia malah muncul dan menjadi pembahasan netizen mengenai kondisinya yang menuju arah kebangkrutan.

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

Di jagat media sosial, banyak netizen yang mencuit di Twitter mengenai berita tentang teguran anggota DPR Komisi IX terhadap Kementerian BUMN.

Netizen pun semakin miris karena disebut-sebut PT Pos Indonesia yang nyaris bangkrut tersebut bahkan sampai meminjam uang hanya untuk membayar tunggakan gaji karyawannya saja.

Setelah ramai dibicarakan bangkrut di medsos, PT Pos Indonesia menegaskan bahwa perseroan belum bangkrut.

"Ya kalau bangkrut sih nggak lah. Mudah-mudahan nggak," kata SVP Kerjasama Strategis dan Kelembagaan Pos Indonesia, Pupung Purnama kepada detikFinance, Minggu (21/7/2019).

Pupung juga meminta doa semua pihak agar perseroan masih bisa berdiri. "Harus didoakan jangan (bangkrut) lah," tambahnya

Pos Indonesia juga mengakui bahwa pihaknya sempat meminjam uang untuk membayar tunggakan gaji para karyawannya seperti yang diceritakan oleh salah satu Anggota Komisi IX DPR RI.

"Benar kita meminjam uang ke bank, itu benar adanya ya, ya memang ada (pinjaman uang untuk bayar gaji karyawan)," kata Pupung.

Alasannya, menurut Pupung adalah memang situasinya sedang menyusahkan perseroan dan memaksa mereka untuk meminjam uang "Memang situasinya ya, situasinya lagi susah," ujarnya.

Perlu Rombak Direksi?
Peneliti Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan ada masalah yang terjadi di kubu direksi PT Pos Indonesia sehingga membuat kinerja perseroan terhambat.

Bhima menyebut ada kesalahan manajemen dalam kubu direksi yang terlalu lama dibiarkan tidak selesai. Hal ini membuat strategi bisnis Pos Indonesia bermasalah.

"Ada miss management yang sudah terlanjur fatal bertahun-tahun tapi dibiarkan. Pegawai kan hanya ikut perintah direksi. Tidak bisa salahkan pegawainya, tapi masalah strategi bisnis ada di tangan direksi," kata Bhima kepada detikFinance, Senin (22/7/2019).

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..


Masalah tersebut menurut Bhima adalah adanya inefisensi yang membuat harga jasa yang ditawarkan PT Pos lebih mahal dibanding pesaingnya dari perusahaan swasta.

"Ada inefisiensi juga di tubuh BUMN sehingga harga yang ditawarkan ke konsumen relatif mahal dibandingkan pesaing swasta semisal JNE, Ninja Express, TIKI, dan lain-lain," kata Bhima.

Bhima menyarankan agar PT Pos Indonesia melakukan perombakan direksi. Dia juga mengingatkan agar pemerintah mengurangi intervensi politik dalam kinerja perusahaan BUMN.

"Terakhir lakukan perombakan direksi dan kurangi intervensi politik dari Pemerintah, biarkan berjalan profesional bisnisnya," kata Bhima.

PT Pos Indonesia disebut kalah saing, bahkan beberapa hari ini ramai dikabarkan di media sosial Pos Indonesia mau bangkrut. Bhima mengatakan masalah pada direksi Pos Indonesia menjadi penyebab PT Pos Indonesia kalah saing.

"(Pos Indonesia) kurang melakukan antisipasi terhadap perubahan model bisnis logistik. Perusahaan BUMN gagal bersaing dengan pemain-pemain swasta baru yang lincah dan inovatif," kata Bhima.

Padahal kata Bhima, pertumbuhan bisnis logistik cukup tinggi. "Bisnis logistik sendiri pertumbuhannya masih cukup tinggi yakni 8,28% per triwulan I 2019 itu data BPS (Badan Pusat Statistik)," ungkapnya.

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

Menurut kalian apakah PT Pos Indonesia bisa kembali meraih kejayaannya seperti dahulu? Mampukah perseoran tersebut bersaing dan mampu menjadi pilihan utama masyarakat kembali? Atau malah tetap menjadi perseroan yang kolot dan menutup mata dalam berinovasi?

Sertakan komentar terbaik kalian mengenai topik ini di thread ini ya Gan!


REFERENSI
>> 1
>> 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dheroize dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VolkswagenPutih
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 15
iya sih gan,di jama sekarang semua serba instant,jasa pengiriman banyak.harusnya dari PT Pos bisa maju kalau saja mau berbasis online.apalagi sekarang bukan barang datang ke pengiriman tapi pengiriman yang datang ke barang yang mau di kirim,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkygmahdi dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pos indonesia di ambang kehancuran, company expedisi logistil swasta skrang lebih inovatif dan efisien. pos tidak mampu bersaing dengan pihak swasta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkygmahdi dan 5 lainnya memberi reputasi
mending ubah haluan jadi layanan berbasis digital. contohnya jadi aplikasi kirim pesan, jasa kurir, pesan antar logistik, ekspedisi, dan sejenisnya (berbasis aplikasi digital)

yah walaupun ini juga masih agak sulit karena saingan ada banyak, tapi minimal ada upgrade perusahaan lah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arbylon12 dan 4 lainnya memberi reputasi
saingan makin banyak emoticon-Ngacir
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
kurang mengikuti jaman kayanya nih pt pos emoticon-Matabelo
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
sepertinya PT.Pos Indonesia masih aman2 aja deh, kalo ga buat kirim surat ngambil gaji pensiunan bisa, msh banyak paketan jg dikirim lewat sini, ini bnran atau hoax sih beritanya emoticon-Cape d... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
AnggaNavie dan gabener.edan memberi reputasi
terkadang beli online mau pilih pos ini buat kurir terbentur oleh harga, yg swasta lebih murah.. begitulah yg masyarakat lihat...

jadi inget dulu pernah pake pos indonesia, mau kirim surat atau anter barang, momen tunggu menunggu dgn pak pos selalu dikenang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raymandark dan 4 lainnya memberi reputasi
ane masih sering pake pos.. baik kirim dokumen atau barang, lebih terpercaya aja sih menurut ane emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warrysangru2 dan 4 lainnya memberi reputasi
gak ada perubahan ya tinggal nunggu waktu aja bisa bubar
profile-picture
profile-picture
r1nd0 dan gabener.edan memberi reputasi
padahal jaringannya paling luas sampe ke pelosok2, knp bs kalah sm pemaen baru?? apa justru jaringan yg terlalu luas malah membebani??
profile-picture
profile-picture
AnggaNavie dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ternyata ga baik baik saja
filateli oh filateli.,..

dulu alm babe gw hobi fileteli, sampe ada yg jaman bung karno...emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
corobikang dan gabener.edan memberi reputasi
biasa lah, terlalu terlena di zona nyaman, direksinya makan gaji buta sm tunjangan doang sdh gak mementingkan inovasi dan akhirnya tenggelam emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anryboxeh dan 5 lainnya memberi reputasi
asdasdasd
profile-picture
profile-picture
knokaka dan jagotorpedo memberi reputasi
gimana ga mau merosot, org ga ada inovasi kok. sementara pesaingnya pada berkembang dan buat terobosan. sekarang ini loket kantor pos udah jadi kaya loket pembayaran leasing
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
lebih murah pos kok... kantor pos masih rame..
masalah nya direksi pasti di ambil petugas partai jadi gk ada visi ke depannya gmn...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
Tetap semangat Pak Pos.
Rasany butuh waktu lama karena da beberapa hal:
1. Sistem IT yg saya rasa kurang bersaing dgn kompetitor
2. Sistem rekrutmen karyawan yang kit thu sendiri gmn, tetangga saya angkatan bangkotan PT POS, kalo siang pulang ke rumah baru balik jam dua (ini jaman ane kuliah, ga thu kalo skrg gmn, pas ane kuliah anaknya masih smp harusnya ga masalah ama urusan rumah wong keluarga lengkap)
3. Berapa x d manjakan dengan program pemerintah, misal BLT, penerimaan berkas cpns via pos saja
4. Mengnggap konsumeb adalah konsumen, bukan partner bisnis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadahoy dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tetiga
Quote:


ongkir pos indonesia dari jakarta ke daerah ane sekitaran 44 ribuan malah lebih murah daripada kurir lain yang 69 ribuan per kilogram.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Mungkin karena direksi masih menggunakan pola pikir yang lama, gak mampu mengikuti perubahan yang cepat seperti sekarang
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di