alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
Dulu mah Nggak Perlu Beli Mainan (Nostalgia Mainan Jadul)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d34454b2637724a932ae644/dulu-mah-nggak-perlu-beli-mainan-nostalgia-mainan-jadul

Dulu mah Nggak Perlu Beli Mainan (Nostalgia Mainan Jadul)

Dulu mah Nggak Perlu Beli Mainan (Nostalgia Mainan Jadul)


Permainan jadul yang nggak perlu beli

Haai agan dan sistaaa....
Sebagai seorang anak yang besar di perkampungan, banyak sekali pengalaman masa kecil yang tidak bisa ane lupakan. Namanya dikampung apapun bisa dijadikan mainan. Imajinasi kami sangat luas. Bikin mobil-mobilan dari pohon pisang, bikin pistol mainan dari bambu dan karet, bikin tenda dari daun-daunan, bikin boneka dari sarung pokonya banyak lagi deh. Kami itu jauh banget dari yang namanya handphone dan tv.

Oh iya, jaman ane dulu, di kampung belum ada yang punya hp. Tv pun hanya orang-orang tertentu aja yang punya. Itupun masih hitam putih. Terus chanelnya cuma ada TVRI aja sama TPI (kalo sekarang mnc). Jadi belum tau tuh ada film azab indosiar. (Lah kok jadi kemana-mana)

ok kita lanjut aja pembahasannya ya. Jadi ane kasih tau nih beberapa permainan jadul, gratis tapi seru banget. apa sajakah permainan itu? Monggo disimak gan.
emoticon-Monggo


1. Congklak Tanah
Dulu mah Nggak Perlu Beli Mainan (Nostalgia Mainan Jadul)

Congklak kayaknya sudah ada sejak jaman nenek moyang ane gan dan masih ada hingga sekarang. Kalo di perkotaan media congklak itu kayu atau plastik, lain lagi di kampung ane. Medianya yaitu tanah dan batu sebagai bijinya. Mantep kan. Makanya ane dan temen-temen banyak yang cacingan. Wkwkkw

Meskipun bisa disebut jorok tapi yaaaa, itulah kebahagiaan kami. Nggak ada beban dan takut kotor meski pulang-pulang di omelin emak.

Kalo sekarang maen cogklak udah bisa online di hp ya. Lawan mainya pun bisa siapa aja. Emang keren lah teknologi jaman sekarang.
Lanjuut

2. Bulantok
Dulu mah Nggak Perlu Beli Mainan (Nostalgia Mainan Jadul)

Masih di area tanah nih. Ane yakin di tempat gansis ada permainan seperti ini. Tapi mungkin namanya beda. Kalo di kampung ane disebut bulantok.

Cara mainnya dulu ane menyiapkan wadah dengan berbagai bentuk, terus kita masukin pasir hingga padat. Lalu kita balik wadahnya sambil ditepok-tepok lalu baca mantra "bulantok bulantok menta uyah sabatok" dan jadilah bentuk tanah sesuai wadah. Setelah itu tanahnya kita hias pake bunga atau daun-daun. Dalam imajinasi ane, bulantok itu seolah kue tar yang siap dihias. Wkwkw

emoticon-Big Grin

3. Rumah Tanah
Dulu mah Nggak Perlu Beli Mainan (Nostalgia Mainan Jadul)

Mungkin sebagian gansis pernah denger mainan bp kertas. Kertas bergambar berbentuk manusia yang bajunya bisa digonta ganti. Nah jaman dulu mainan itu sangat sulit didapat gan. Sehingga ane hanya bisa main rumah tanah dengan patahan lidi yang dijadikan sebagai orangnya.

Dengan keterampilan dan imajinasi yang dimiliki kami membangun denah rumah sebagus dan seunik mungkin. Berhayal jadi orang kaya punya rumah mewah dan diwujudkan lewat permainan. Wkwkwkw. Oh iya gaes, salah satu teman maen ane menemukan bakat sebagai arsitek dimulai dari sana loh. Sekarang doi sudah sukses kerja di konsultan bangunan yang lumayan besar di Bandung.

4. Lodong
Dulu mah Nggak Perlu Beli Mainan (Nostalgia Mainan Jadul)

Dikampung ane, permaninan kombinasi antara bambu dan karbit ini namanya lodong. Biarpun ane perempuan, waktu kecil ane juga suka ikutan maen ginian gan.

Mendengar bunyi lodong yang menggelegar memberi kepuasan sendiri untuk yang memainkannya. Apalagi kalo mainya di deket tebing. Suaranya bisa sampai menggema gan.

Oh iya Akibat lodong yang dinyalakan dilingkungan rumah, ane dan kawan-kawan sering banget diomelin ibu-ibu yang punya bayi, atau nenek-nenek yang kagetan. Pernah juga ane dan teman-teman disiram air sama ibu-ibu. Wkwkkw

Kalo di perkotaan pasti susah main lodong. Karena bambu yang susah ditemukan, dan lingkungan yang tidak mendukung. Tapi tenang. Masih ada petasan.

Bonus
5. Gugulitikan (guling-guling)

Entah kenapa saat nulis bagian ini ane cengar cengir sendiri. Ini the real pengalaman ya gan dan selalu ane inget. Jadi pas waktu kecil sekitar kelas 2 SD ane itu hobby pake kaos dalem doang dan celana pendek.

Di belakang rumah ane ada jurang kecil yang landai. Tingginya sekitar 3 meter tapi enggak curam. Tanahnya agak miring. Dan banyak pohon serehnya (serai).

Ane dan temen-temen gulingan disitu. Dari atas guling-guling ke bawah, terus naik lagi, guling-guling lagi. Terus kaya gitu sampe capek. Dan sore hari saat dimandiin mamah, ane nangis karena badan perih semua. Mamah ane yang bijak cuma ketawa pas denger kronologisnya.
emoticon-ceyem

Oke gaes. Segitu aja dulu ane share nya. Nah kalo gansis pas masih kecil mainannya apa aja nih? Sama atau nggak/ ceritain dong dibawah.. ane penasaran. Kalo sama kan kita bisa tos.


emoticon-terimakasihemoticon-Toast


Sumber foto
sini
sini
sini
sini
Diubah oleh nitadanie
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di