alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Kebiasaan Emak-Emak 'Jaman Now' : Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3048505cf6c43b46571d8e/kebiasaan-emak-emak-jaman-now--mendudukkan-anak-di-atas-meja-makan

Kebiasaan Emak-Emak 'Jaman Now' : Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan

Kebiasaan Emak-Emak 'Jaman Now' :
Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan saat Makan di Luar


Hai, Gaes! Jumpa lagi di thread Aldys emoticon-Betty (S)


Pernah gak, Gaes saat lagi makan di luar, baik itu di mall, restoran, warung makan atau tempat makan keluarga lah pokoknya lihat emak-emak yang mendudukkan anaknya di atas meja makan? Iya, meja buat makan!

Kebiasaan Emak-Emak 'Jaman Now' : Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan
Ilustrasi

Beberapa waktu lalu, TS lihat sebuah foto anak balita yang sedang duduk di atas meja makan (tempat umum, bukan di rumah) yang di post oleh ibunya di instagram.

Hal tersebut, membuat TS teringat pada kejadian beberapa waktu lalu ketika TS sedang makan di sebuah tempat makan di mall. Tepat di samping meja TS, seorang ibu yang juga makan bersama beberapa anggota keluarganya, meletakkan anaknya di atas meja makan.

Anaknya yang masih balita itu berdiri di atas meja makan sambil berjoget-joget. Setelah itu, ia melompat-lompat di atas meja makan sebelum akhirnya melompat ke lantai sambil satu tangannya di 'cangking' ibunya.

Melihat hal itu, TS kaget dan spontan berkata "ya Allah!" agak keras karena TS takut si anak cedera tapi si ibu dan keluarganya itu nampak biasa saja seolah hal tersebut sudah lumrah dilakukan.


Public FigureJuga Suka Melakukan Hal Serupa

Spoiler for ilustrasi:

Tak hanya masyarakat biasa, beberapa publik figure juga tertangkap kamera melakukan hal serupa dimana mereka mendudukkan atau bahkan menidurkan anaknya yang masih batita atau balita di atas meja makan saat berada di tempat umum.

Banyak netizen yang berkomentar bahwa hal tersebut tak elok dilakukan apalagi oleh seorang public figure dimana mereka seharusnya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.


Alasan Orang Tua Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan

Selalu ada alasan untuk setiap hal yang dilakukan, termasuk yang satu ini. Beberapa orang tua, terutama emak-emak suka mendudukkan anak di atas meja agar lebih mudah mengawasi anaknya sembari menunggu pesanannya datang.

Ada pula yang meletakkan anaknya di atas meja makan dalam posisi berbaring (usia batita) karena merasa pegal setelah menggendong anaknya.

Dengan begitu, ia bisa mengistirahatkan pundaknya sambil membuat atau memberikan susu dalam botol untuk anaknya dengan posisi tersebut.


Tanggapan Netizen

Kebiasaan Emak-Emak 'Jaman Now' : Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan

Sempat TS singgung di atas bahwa netizen menganggap perbuatan mendudukkan anak di atas meja makan tak elok dipandang mata dan bertentangan dengan etika di meja makan.

Menurut TS sendiri, selain hal di atas ada faktor keselamatan yang lebih penting agar bisa diperhatikan oleh para orang tua terutama emak-emak, yaitu meja makan di tempat makan itu keamanannya tidak terjamin.

Kita gak tahu sekuat atau seringkih apa bahan meja makan tersebut. Apalagi, jika si anak aktif melompat atau bergerak-gerak di atas meja makan.

Salah-salah, mejanya patah atau rusak sehingga bisa melukai anak atau mungkin, anak terjatuh dari meja makan ke lantai akibat tidak sesuai dengan peruntukannya karena meja makan di desain untuk meletakkan makanan dan minuman bukan untuk menahan beban berat badan anak atau benda berat lainnya.


Saran TS
Spoiler for Manfaatkan fasilitas High Chair:

Saran TS, alih-alih mendudukkan anak di atas meja, tak perduli untuk waktu yang sebentar atau cukup lama, lebih baik gunakan kursi. Walaupun ukurannya tidak selapang meja makan, setidaknya, anak lebih aman dan lebih elok dilihat pelanggan lainnya.

Bisa pula dengan memanfaatkan fasilitas high chair yang biasanya disediakan oleh restoran atau cafe. Selain gratis juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya keamanan anak terjaga, melatih kedisiplinan anak saat makan dan si anak dapat duduk dengan anteng sambil menikmati makanannya.



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

"Demikian thread TS. Nah, kalau menurut GanSis sendiri, apa pendapatnya? Silakan tulis komentarnya di bawah, ya."

emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Quote:

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aldysadi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Reserved
Reserved
bukannya itu dari jaman dulu ya,
serius loh..
Spoiler for 7GODSML MOVIE:
Bunda aldys jangan gitu ya, bahaya nanti Dede nya jatuh ... emoticon-Embarrassment



emoticon-Leh Uga
Berbeda banget dengan mitos zaman old: "jangan duduk di meja, nanti banyak utang". Percaya tidak percaya, tapi mitos itu kadang ada baiknya untuk menjaga tradisi dan etika.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ncimbima dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Asal ga eek aja di meja gapapaemoticon-Cool
Quote:

Kurang tau gan soalnya TS baru tahun ini melihat ada yang begitu itu seumur hidup jadi aneh melihat ada yang melakukannya
Quote:

Lum ada dedenya om ijal tapi nanti klo ada insya Allah gak akan dilakukan wkwk emoticon-Leh Uga
Quote:

Ya gan betul padahal emak jaman dlu selalu ngajarin etika sekarang makin modern etika makin merosot gan emoticon-Hammer2
Quote:

Eek lah diantaranya gan apalagi pipis, cuma mereka pake Pampers jadinya gak melepet ke meja makan cuma tetep aja jijik gan wkwk
ane juga kadang sering lihat nih di restoran yang kayak gini. entah apa maksudnya didudukin diatas meja makan, selain ngerusak pemandangan juga ngga sopan diliat nggak sih, gak sesuai etika.
Quote:

Tepat sekali gak enak diliat dan gak sopan juga. Entahlah apa yang ada dalam otak si emak wkwk
Quote:


sebenernya mitos itu kadang suka ada penjelasan yang lebih masuk logika loh gan... cuma ane ga tau kenapa jaman dulu orang tua seneng banget bikin mitos dan disangkut pautin sama hal hal yang sebenernya jauh dari alasan suatu hal itu dilarang emoticon-Bingung (S)
Quote:


iya gan bener. padahal restoran udah banyak yang nyediain baby chair, kenapa harus didudukin di meja. kalaupun ga ada baby chair bisa dipangku atau duduk di sebelahnya
gara gara cinta buta si emak ini..
cinta buta itu cinta yg tdk mendidik..
setuju gannnn... biar jd pengalaman buat banyak org jg dan inspiratif buat semuanya... lanjutkan...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
Quote:

Mungkin, nenek moyang kita dlu awalnya cuma buat nakutin anak tapi ma ortu kita dilanjutkan kebohongan itu alasannya demi kebaikan kita sendiri sebab memang demikian cuma ya caranya agak salah wkwk
Quote:
iya sampe gak habis pikir padahal itu manusia bukan piring emoticon-Blue Guy Bata (S)

Quote:

Makin maju jaman makin gila pemikiran orang gan emoticon-Hammer (S)
Quote:

Yoi gan semoga saja emoticon-Shakehand2


Quote:


iya gan, sebenernya mitos mitos yang ada itu buat menjaga selalu etika. kaya kita punya ikatan akibat kalau melanggar emoticon-Jempol
menurut ane si kurang etis juga. sekarang high chair di tempat makan udah banyak bgt. jadi orang tua gk usah kawatir akan anak, dan si anak juga mampu belajar makan mandiri di meja dan kursinya sendiri
Quote:


menurut ane gan, duduk di meja kurang begitu tepat
secara fungsional dan etika juga udah nggak cocok.
kadang emang bikin sedih sih karena kan takutnya pas anak sudah besar jadi kebiasaan yang buruk. Kadang orang tua membela anaknya, gpp kok mash kecil nanti kalau sudah besar juga paham..
nah hal-hal inilah yang harus dihindarkan dari prinsip ibu-ibu jaman now hahhaa

thanks gan sis infonya yang telah diberikan, bermanfaat banget deh gan sis!!
hmm emak siapa tuh
eh ku gembok ya
Quote:
iya gan demi kebaikan diri kita sendiri juga. Tiap daerah, mitosnya juga pasti beda2 n unik2 bahkan mungkin aneh bagi daerah lain

Quote:

Iya fasilitas ada untuk kenyamanan dan keamanan anak kenapa milih yang justru membuat etika kita dipertanyakan hadehhemoticon-Cape d... (S)
Quote:
iya gan takutnya kebiasaan buruk ini makin meluas sehingga terjadi penyimpangan dalam budaya yang awalnya tabu jadi terbiasa. Miris klo itu terjadi. Jan sampe berlindung di balik kalimat, "ah maklum, masih kecil juga" emoticon-Cape d... (S)

Siap gan TS selalu berusaha memberikan thread yang bermanfaatemoticon-Shakehand2
Quote:

Yang pasti bukan mak saya emoticon-Takut
Quote:

Monggo emoticon-terimakasih
profile-picture
diandraps memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di