alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?
4.11 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2fef80018e0d1d3f024d4c/asiknya-permainan-zaman-dulu-masih-berlakukah-sekarang

Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?

Permainan Zaman Dulu
Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?

Halo GanSis, gimana sudah buat trit event belum nih? Yang belum yok bikin, kita bernostalgia tentang asiknya permainan masa kecil.

Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?
Sumber Gambar

-----oOo-----


Semenjak kedatangan benda pipih yang begitu mempengaruhi anak-anak, kampung jadi tak seramai dulu. Kalau dulu, utamanya anak generasi 90-an sangat lekat dengan beberapa permainan di bawah ini lho. Buat kamu yang belum tahu, yuk intip serunya permainan anak zaman dulu!

1. Barbie Kertas
Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?
Dok. Pribadi

Barbie kertas atau biasa disebut BP memang biasa dimainkan oleh perempuan meski ada juga tokoh barbie laki-laki. Barbie ini dibuatkan rumah yang terbuat dari kardus-kardus kecil bekas pasta gigi, sarung, lampu, obat nyamuk, korek api kayu, undangan dan kardus kecil serta kertas karton lainnya. Memainkan permainan ini seperti bermain peran sungguhan karena harus berbicara adegan per adegan layaknya sebuah sinetron, penuh drama.

Quote:

Spoiler for Video permainan BP:


2. Tetenje
Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?
Sumber Gambar

Setelah bosan bermain barbie kertas atau biasa disebut BP, berlanjut ke permainan yang orang sunda menyebutnya tetenje karena dirasa kurang afdol kalau dalam sehari hanya memainkan satu permainan, kalau bisa ngebolang dan sampai sore baru pulang ke rumah.

Cara main tetenje cukup mudah, hanya perlu meletakan sepuluh jari tangan lalu salah satu pemain berhitung tetapi dengan nyanyian sunda. Begini kurang lebih nyanyinya.

Te tetenje si teteh anter ka cai
Ba embung ba embung
Sien bugang dina muncang
Kokoplok sayan kadanca
Kadanca katindih picung
Cungcurut cungcurut
Popotngna oray sinduk
Cangeong ngeong petooot


Dimana lagu berakhir, di situlah jari tangan dibunyikan lalu setelah itu jari dilipat. Berlanjutlah menyanyikan lagu sampai semua jari pemain terlipat.

Quote:


3. Gambaran
Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?
Sumber Gambar

Cara mainnya yaitu masing-masing dari pemain menyerahkan gambar yang dimiliki sesuai kesepakatan (lima buah atau lebih) semakin banyak pemain maka semakin banyak pula gambar yang terkumpul. Setelah terkumpul, gambar di acak lalu di letakan (bertumpuk sama rata) dalam keadaan terbalik. Lalu setiap pemain hanya boleh memilih satu saja. Menang atau tidaknya bisa dilihat dari angka (hanya digit terakhir yang diperhitungkan) yang tertera pada gambar. Jika bernilai 9 (kiuh) maka semua gambar menjadi milik satu pemain terpilih. Jika gambar bernilai 0 (jebot) maka pemain tidak mendapat apa-apa.

Quote:


4. Tanah Liat
Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?
Sumber Gambar

Semua permainan terasa asik, terutama main kotor-kotoran. Mencari tanah liat, mengambilnya lalu membentuk sampai menyerupai gawai berantena setelah proses menekan-nekan ke tembok. Lalu tombol dibuat dengan cara dilukis menggunakan lidi. Setelah jadi, kita berbincang-bincang layaknya orang yang sedang menelepon.

Quote:


Permainan tanah liat ini sekrang nampaknya sudah tergantikan oleh adanya slime, lilin malam, dan sejenisnya.

5. Mobilan Bambu
Asiknya Permainan Zaman Dulu, Masih Berlakukah Sekarang?
Sumber Gambar

Umumnya mobilan dimainkan oleh anak laki-laki, tapi perempuan juga ada yang memainkan karena penasaran ingin punya mainan yang sama.

Mobilan bambu ini dikampungku tidak sama seperti yang ada pada gambar di atas. Kalau dulu aku hanya dibuatkan dengan satu buah bambu kecil sebagai tangkai, dua buah roda depan serta penyangganya, dan juga pegangan yang dimasukan di tengah tangkai tiga jengkal dari atas.

Cara memainkannya cukup mudah, batang bambu disenderkan di bahu lalu mobilan didorong.

Quote:


Nah itu dia beberapa dari banyaknya permainan yang sering ane maenin waktu kecil. Keseruannya luar biasa terutama poin ketiga karena sering banget kalah tapi tetep pengen maen terus dan lagi-lagi beli baru biar bisa gabung.

-----oOo-----

GanSis sendiri gimana nih, masih menjumpai dan merasakan permainan di atas kah? Yuk bagi keseruan ceritanya di komentar.


Sumber: Narasi dari pengalaman pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan 23 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 12
Tetenje kalau disini namanya apa ya? Pernah main tapi lupa namanyaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rickoz404 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Diubah oleh AnisMo
Balasan post masnukho
Quote:


Hayoo apa namanya? emoticon-Ngakak (S) orang itu juga ane gak tahu bahasa indonesianya apa. Jadilah pake bahasa sunda. Tetenje emoticon-Big Grin hayuuk main tetenje.

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siloh dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bahasa Jawa nya apa ya? Lupa Ane😆
profile-picture
profile-picture
kamujahat.21. dan AnisMo memberi reputasi
Quote:


Potekan kali 😂 kan jari dipotek2 tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamujahat.21. dan 2 lainnya memberi reputasi
gak tau tetenje kak
profile-picture
profile-picture
kamujahat.21. dan mamaproduktif memberi reputasi
Quote:


Quote:


Diduluin masnukho sis, tetenje, aduh itu ngeri2 sedap pas mau dipletekinnya
profile-picture
profile-picture
kamujahat.21. dan mamaproduktif memberi reputasi
Quote:

Hitung jari dengan nyanyian itu del. 😂 Entah bahasa indonesianya apa.

Quote:


Huum Sis, kelupaan tadi. Belom komen udah ane share😂

Ngeri iyaa Sis, apalagi kalo sering2 dipotek. Ada efek sampingnya
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Diubah oleh AnisMo
Quote:


Wah ane kagak pernah main semuanya, ketjan banget ya ane.
Btw yg jajanan syeger ikut gak?
profile-picture
AnisMo memberi reputasi
Quote:


Wah masa sih Sis? Itu baru sebagian aja sih mainannya. Masih ada tapak gunung, egrengan atau apa gitu.

Pengen ikut sih tapi belom bikin emoticon-Big Grin
profile-picture
adnanami memberi reputasi
cuma tetenje aja yang gk pernah, disini kalo pake jari dulu buat main kul pikulan banyu tampar, kalo pilihan yang keluar dulu dari 4 itu menang yg terakhir d hukum
profile-picture
AnisMo memberi reputasi
Bolehlah mampir dimari buat main gambaran, kalo berbie kertas dulu ane punya banyak, dikasih ma temen2.
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan AnisMo memberi reputasi
Diubah oleh evywahyuni
Quote:

Ooh hampir sama kaya tetenje yaah sepertinya Sis. Tetep seru meski cuman main tangan.

Quote:

Main gambaram jenis tos Bund yang seru. Kalo gambarnya terbalik, diambil meski cuman dapetnya satu aja.

Sering main barbie kertas jugaa yak Bund dulu? Permainan legend dah tuh. emoticon-Big Grin
Quote:


anak jaman dulu mainan gitu aja udah seneng ya, bisa kumpul bareng temen
profile-picture
AnisMo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post triwinarti
Quote:


Iyaa Sis seneng banget malah, 10 orang aja udah bisa bikin riuh karena biasanya punya spot2 tempat tersendiri buat main. emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan triwinarti memberi reputasi
Quote:


Gagaruda ternyata namanya😆 tadi Ane tanya ponakan
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan AnisMo memberi reputasi
gambaran kalau di sini disebutnya umbul gan
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan AnisMo memberi reputasi
Quote:


kangen deh, apa bisa ya anak jaman sekarang gitu ya, gk pada sibuk sma gadgetnya
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan AnisMo memberi reputasi
Hu'um ya gan. ada lagi namanya qiyu-qiyunan kalau nemu angka 9 yah
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak (S) ternyata ditelusuri yaak sama masnukho saking bernostalgianya.

Quote:

Wah umbul yaak Gan. Beda-beda yaa ternyata tiap daerah. Entah apa yaak bahasa indonesianya.

Quote:

Kangen bahkan mau ngeliatpun gak bisa karena udah jarang sekarang yang mainin. Anak2 dikampung pun pada maenan gadget bae.

Bisa sis, kalo adek atau anak sendiri diajarin maenan jaman dulu. 😂
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Halaman 1 dari 12


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di