alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Situs Merdeka.com Dicatut Soal Hoaks Tunggu Komando Habib Rizieq Bunuh Diri Massal
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2ec9900577a977c33e7076/situs-merdekacom-dicatut-soal-hoaks-tunggu-komando-habib-rizieq-bunuh-diri-massal

Situs Merdeka.com Dicatut Soal Hoaks Tunggu Komando Habib Rizieq Bunuh Diri Massal

Situs berita Merdeka.com kembali jadi korban penyebar berita bohong atau hoaks di jejaring dunia maya. Kali ini, beredar gambar tangkapan layar dari berita Merdeka.com yang judulnya tidak sesuai dengan aslinya.

Situs Merdeka.com Dicatut Soal Hoaks Tunggu Komando Habib Rizieq Bunuh Diri Massal

Dari gambar yang beredar, berita itu berjudul 'PA 212: Kami Sudah Tidak Bersama Prabowo, Tunggu Komando Habib Rizieq Untuk Bunuh Diri Massal'. Redaksi Merdeka.com menegaskan, tidak pernah membuat judul seperti itu.

Pemimpin Redaksi Ramadhian Fadillah mengatakan, gambar tangkapan layar yang beredar itu tidak sesuai berita aslinya.

"Kami tidak pernah membuat judul seperti itu. Judul aslinya adalah 'PA 212: Kami Sudah Tidak Bersama Prabowo, Tunggu Komando Habib Rizieq'. Berita tersebut tayang 13 Juli 2019 pukul 18.12 WIB," ujar Ramadhian, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Berikut kami sertakan berita aslinya: https://www.merdeka.com/peristiwa/pa...ib-rizieq.html

Hoaks tersebut disebarkan orang tidak bertanggung jawab dengan mencatut nama Merdeka.com. Redaksi meminta masyarakat tidak terprovokasi.

"Penting untuk melakukan cek dan ricek sebelum menyebarkan foto atau link berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya," kata Ramadhian.

Kasus hoaks mencatut nama Merdeka.com bukan pertama kali. Sebelumnya beredar hoaks soal berita Kapolri menanggapi kasus wanita bawa anjing masuk masjid. Pelaku penyebaran hoaks sudah ditangkap dan kini menjalani proses hukum.

Penyidik Ditreskrimsus Polda Kalimantan Barat menangkap seorang pria diduga penyebar hoaks atau berita bohong tentang wanita membawa anjing ke masjid yang mencatut situs Merdeka.com. Pelaku diketahui berinisial S alias BA (40).

"Pelaku penyebar hoaks tersebut diamankan oleh Subdit Cyber Crime Polda Kalbar di kawasan Jalan Raya Desa Kapur, Kabupaten Kubu Raya," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Barat Kombes Mahyudi Nazriansyah, Kamis 4 Juli 2019.

Mahyudi menuturkan, pelaku ditangkap setelah tim siber Polda Kalbar melakukan patroli di dunia maya dan menemukan akun media sosial pelaku pada Rabu 3 Juli memposting berita bohong terkait wanita bawa anjing ke masjid di Bogor.

Dia memposting berita hoaks yang berjudul "Ada wanita membawa anjing masuk masjid, Polri: itu hal biasa jangan dibesar-besarkan, anjing juga ciptaan Allah" dengan latar foto Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Pelaku juga menambah caption yang dibuat sendiri.

"Dari hasil temuan terkait postingan hoaks tersebut, tim siber melakukan penyelidikan terhadap keberadaan pemilik akun Facebook atas nama S. Dan didapati alamat di Jalan Raya Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya," ucapnya.

Dilansir Antara, pelaku ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan. Dalam operasi itu, tim siber juga mengamankan ponsel pelaku yang digunakan untuk memposting berita hoakstersebut.

"Dari hasil interogasi terhadap pelaku, bahwa motif pelaku iseng meneruskan berita bohong dan menambahkan caption tersebut," kata Mahyudi.

Karena perbuatan isengnya tersebut, pelaku terancam dikenakan pasal 45A ayat (1), jo pasal 28 ayat (1) UU No.19/2016 tentang perubahan UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Ditreskrimsus Polda Kalbar, menambahkan, pihaknya juga akan melakukan langkah untuk berkoordinasi dengan saksi ahli Bahasa Indonesia dalam menangani kasus dugaan ITE tersebut.

SUMBER

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Biar agak lowong dikit nih nkri kalo mereka bunuh diri masal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 7 lainnya memberi reputasi
jangan lupa passwordnya sebelum modar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 6 lainnya memberi reputasi

Paling kerjaaan dengan slogan "ga hoax ga makan"

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
jgn suka menebar isu yg membahagiakan ya!! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 7 lainnya memberi reputasi
hoaks yg berbahaya itu
klo beneran ada yg nanggepin gimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ya bagus lah mbah populasi kampret musnah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kenapa harus hoax emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 7 lainnya memberi reputasi
Balasan post masmomon
klo beneran gw mah happy banget

emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 6 lainnya memberi reputasi
jgn php gitu bang satttt emoticon-Mad

ane uda seneng kirain beneran eh ternyata hoax emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 5 lainnya memberi reputasi
Sana mati aja kalian semua gerombolan pengacau, peneror, provokator, pencaci maki, pemecah umat dan masyarakat, para pedagang
agama emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post spam.hunter
nggak ada mereka ndak rame bray
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
lumayan biar ga ngabis2in beras indo emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 5 lainnya memberi reputasi
Merdeka kan kadang2 ....... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
ini kan sarkas yaa yang bikin iseng itu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
Kasihan kampret semakin teraniaya, udah jatuh ketimpa tronton...
Cebong kalau musuhan bener bener ja'at, sampe judulpun dituduh kampret yg bikin

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
ini yg edit ane rasa cebong nastak yg lagi sarkas doank, masak iya nasbung kampret begonya sampe mau bunuh diri gitu. nasi bungkus lauk rendang masih enak kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gue sih fine fine ajah kalo gitu, tapi kalo bisa bangke nya mandi sendiri, disolatin sendiri, sama bisa kubur diri sendiri yaak emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
Nah pada nurut ga tuh, budir massal. Hayooo buktikan kesetiaan kalian!!!! emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalau yang ini HOAX halal..... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

Just kidding
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan kakekane.cell memberi reputasi
Nih muka si Babi Ngepet
Muka macam taik emoticon-Big Grin

Situs Merdeka.com Dicatut Soal Hoaks Tunggu Komando Habib Rizieq Bunuh Diri Massal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngapaklah dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di