alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Viral “Mata Panda” Hentikan Candu Smartphone, Ternyata Tak Baik Untuk Anakmu!
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2ec8ca8d9b177f9916b99b/viral-mata-panda-hentikan-candu-smartphone-ternyata-tak-baik-untuk-anakmu

Viral “Mata Panda” Hentikan Candu Smartphone, Ternyata Tak Baik Untuk Anakmu!

Viral “Mata Panda” Hentikan Candu Smartphone, Ternyata Tak Baik Untuk Anakmu!

Sista!

Kini, smartphone sudah menjadi gaya hidup semua orang, Sis. Orang dewasa, anak muda, bahkan anak-anak pun gemar sekali menggunakan smartphone, entah itu untuk komunikasi bisnis, komunikasi keluarga, atau sekadar untuk bermain. Pokoknya kayak ada yang kurang gitu deh kalau ga megang smartphone, udah kecanduan gitu, Sis. Nah ngomong-ngomong soal kecanduan smartphone, kalian pasti tau kan dengan berita tentang cara unik yang dilakukan orangtua untuk membuat sang anak jera bermain smartphone? Yap, berita ini cukup ramai diperbincangkan, Sis.

Viral “Mata Panda” Hentikan Candu Smartphone, Ternyata Tak Baik Untuk Anakmu!

Jadi ada seorang ibu yang sebal melihat anaknya yang selalu bermain smartphone. Nah, untuk membuat anaknya jera dan tidak lagi kecanduan bermain smartphone, sang ibu mengolesi mata sang anak ketika ia sedang tidur menggunakan makeup agar terlihat seperti mata panda, Sis. Ketika sang anak bangun, ia pun menangis karena takut dengan apa yang ia alami. Saat sang anak bertanya pada ibunya, sang ibu pun menjawab bahwa mata hitam sang anak didapat akibat terlalu sering bermain smartphone. Cara ini berhasil, Sis, sang anak pun jera dan berjanji untuk tidak bermain smartphone lagi.

Viral “Mata Panda” Hentikan Candu Smartphone, Ternyata Tak Baik Untuk Anakmu!

Keberhasilan ibu yang satu ini dalam membuat sang anak jera bermain smartphone ia bagikan dalam halaman facebook, Sis. Sista tau apa yang terjadi setelah post tersebut viral? Ternyata aksi membuat “mata panda” sebagai “pelajaran” agar sang anak tidak bermain smartphone banyak ditiru oleh banyak orang, Sis. Yap! Ternyata cara ini manjur dan banyak yang berhasil membuat jera sang anak.

Cara ini memang berhasil sih. Cara ini memang membuat sang anak jera sih. Tapi, Sista berpikir ga sih apakah ada efek lain yang timbul jika orangtua melakukannya dengan cara seperti ini?

Viral “Mata Panda” Hentikan Candu Smartphone, Ternyata Tak Baik Untuk Anakmu!

Seorang psikolog anak, Mira Amir, mengatakan bahwa ia benar-benar tidak menyarankan orangtua manapun menerapkan cara “membohongi anak” untuk membuat sang anak jera. Hal ini dikarenakan cara yang dilakukan berdasarkan kebohongan hanya akan membawa dampak negatif kepada sang anak, Sis. Jika sang anak tau bahwa ia telah dibohongi oleh orangtua sendiri, nantinya ia tidak akan percaya lagi dengan orangtuanya.

Mira berkata bahwa, membangun hubungan berdasarkan kepercayaan sama pentingnya dengan mengontrol penggunaan smartphone pada sang anak, Sis. Ketika orangtua berusaha mengontrol penggunaan smartphone dengan cara mengorbankan rasa percaya sang anak, lama kelamaan sang anak tidak lagi memiliki kepercayaan terhadap orangtuanya sendiri. Kalau sudah begini, tak bisa dipungkiri kalau nantinya sang anak akan melakukan kebohongan serupa, Sis.

Viral “Mata Panda” Hentikan Candu Smartphone, Ternyata Tak Baik Untuk Anakmu!

Lalu bagaimana cara yang tepat? Kita semua tau bahwa kecanduan smartphone bukanlah hal sepele, dan orangtua pun harus memiliki cara yang tegas untuk mengatasi hal ini. Tapi kalau kita telaah, sebenarnya apa sih yang membuat sang anak kecanduan terhadap smartphone? Tak bisa dipungkiri bahwa kecanduan smartphone tak lain dan tak bukan disebabkan oleh orangtua sendiri, Sis.

Quote:


Bagaimana tidak kecanduan kalau orangtuanya melakukan ini terus? Jadi, yang perlu diperbaiki adalah perilaku orangtuanya dulu, Sis. Jangan dikit-dikit dikasih smartphone, dan jangan sering gunakan smartphone di depan anak-anakmu, Sis.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh syududududuu
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Untungnya adik saya yang SD gak gila main HP. Malah kakak2nya yang HPan terus emoticon-Big Grin

Mungkin sejak kecil harusnya dibiasakan untuk tidak bermain HP. Karena dampak sinar pada HP bisa menyebabkan kerusakan pada mata anak. Belum lagi kalau yang dimainin cuma game, hati2 jg kalau udh bisa akses internet dan dikasih medsos. Anak megang HP itu meski ada positif tapi negatifnya gak kalah banyak.

Susah sih liat anak zaman sekarang kalau kumpul bareng itu main permainan tradisional karena keterbatasan lahan, dulu tanah kosong sekarang aja udh jadi komplek. Belum lagi semakin majunya zaman pada megang HP semua, si kecil gak mau kalah sama kakaknya dan temennya jg pada iri sama temen yang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vly69 dan 11 lainnya memberi reputasi
wah bagus banget ide ibu ini ya gan, barusan ane perlihatkan juga nih foto si anak dengan mata pandanya, ane bilang nih akibatnya kalau suka main hp, ya walaupun anak ane main hp kalau pas makan aja sih, trus tadi ane bilang besok kalau maem nggak usah pakai main hp ya, dia anggukan kepala.. semoga berhasil juga membuat anak ane tidak main hp lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Justika1118 dan 9 lainnya memberi reputasi


Quote:

Iya bener, ane sekarang liat di komplek anak anak kumpul megang gadget semua... Kalau yg masih main permainan tradisional paling yg di daerah pelosok/pedesaan gitu sih dimana masih banyak tanah lapang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Justika1118 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
good idea, coba ditiru ah
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
tingkah anak trgantung orang tuanya
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
Sesekali ajak anak maen ke empang gue bray

Biar pada tau di empang gue ada ikan berkepala lele bray

Ah elahemoticon-Traveller
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
Semua tindakan pasti ada dampaknya
Tp mau gmn lg kan emoticon-Big Grin

Drpd enggak, mungkin bisa lbh merugikan lg
Mungkin loh
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
ada 2 kemungkinan yg akan terjadi ketika baca thread ini, pertama jd sadar klo bohongin anak itu ga baik, kedua jd pgn nyobain cara itu biar anak jera (bohongin anak)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 2 lainnya memberi reputasi
Makanya jadi ortu jqngan kasih pinjem gawai, atau dibeliin biar anak terhibur repotnya kan gini mereka jadi candu.. Ajak aja maen fisik timbang gawai dirumah terus.. Lebih sehatlah anak2 yg main di luar rumah timbang dalem rumah
profile-picture
profile-picture
qisatria dan Kaneshi memberi reputasi
Diubah oleh aliensia
Anak kan niru orang tuanya. Kalau orang tuanya main hp mulu, kenapa anak ngga boleh? Sampai harus di bohongin?

Ibaratnya orang tua nyuruh anaknya sholat, tapi pas adzan ortunya asik nonton tv.

Be smart parent. Ajarkan suri tauladan yg baik kepada anak. Temenin belajar, bermain, berolahraga, pastinya akan jauh lebih bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Perkenalkan gadged jika memang udah waktunya, itupun dalam pengawasan ortu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh vitawulandari
patut dicoba pada ane sendiri, entar sebelum tidur tak oles pantat panci moga pas bangun ane takut ma ane sendiri gan :goyang

Kolektor Bata Only lempar sebanyak - banyaknya dong gan emoticon-Malu (S) emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rz.m dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah boleh juga idenya
Anak kecil sekarang rata2 uda kyk kecanduan sama gadget emoticon-Berduka (S)
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
apa epek.nye bisa panjang, nanti kalo temen²nye pada maen pasti ikut²an lagi
kira² anak² jaman sekarang apa bisa jera
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
ane dari awal emang ga setuju sih gan sama cara tipu tipu ini....

emang sih anak bakalan langsung jera, cuma ya itu, caranya berbohong hehe....

takutnya pas anak gede dan anak tau kalo dulu orang tuanya ngeboongin dia, nanti malah pas gede tu anak ga percaya sama orang tua sendiri... dan malah menimbulkan masalah-masalah lainnya...
profile-picture
profile-picture
reid2 dan Kaneshi memberi reputasi
boleh main tapi dibatasi
susah juga sih, kalo main2 di luar serem sekarang
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
Efeknya sama kaya nakut2in anak pake hantu, anak tersebut akan menjadi anak yg penakut dan selalu susah dalam mengambil keputusan
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
Salah juga ortunya, umur segitu wajarnya gausah dikasih handphone. Biarlah mereka maen dan aktifitas diluar ruangan. Misal ajarin berkebun atau bikin hasta karya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smersh64 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo udah maen hape ditanya,dipangil kagak nyaut.
Tp kebanyakan ibu2 gemes anaknya susah dilarang maen hape,juga gak tega an kalo anaknya dilarang trus nangis mending diksh lg..uwwwh.
Emg harus tegas siwh. Kalo engak ya tunggu aja ampe mata anaknya bermasalah br nyaho
profile-picture
Kaneshi memberi reputasi
Dlu ane juga sering dibohongi, klo makan gak habis ayam kesayangan ane matek emoticon-Ngakak, tapi ane sampe sekarang masih percaya kok sama nyokap, klo dlu dia bohongi ane demi kebaikan ane
Kesimpulan : psikolognya lebay emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kaneshi dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .theflash.
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di