alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Izin FPI Belum Tentu Terbit Sekalipun Penuhi Syarat, Apa Alasannya?
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2e1db0e83c7273320c03fd/izin-fpi-belum-tentu-terbit-sekalipun-penuhi-syarat-apa-alasannya

Izin FPI Belum Tentu Terbit Sekalipun Penuhi Syarat, Apa Alasannya?


Izin FPI Belum Tentu Terbit Sekalipun Penuhi Syarat, Apa Alasannya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Front Pembela Islam ( FPI) sebagai organisasi masyarakat belum tentu diperpanjang Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) sekalipun telah melengkapi 20 syarat sesuai peraturan perundangan.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Soedarmo mengatakan, pihaknya juga mempertimbangkan hal lain selain syarat-syarat formal sebelum memperpanjang SKT FPI.

"Secara administrasi mungkin iya begitu. Tapi kalau nanti ada pertimbangan lain, kan kita perlu lihat," kata Soedarmo di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019).

Hal lain yang menjadi pertimbangan Kemendagri, antara lain masukan dari sejumlah kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan organisasi masyarakat.

Izin FPI Belum Tentu Terbit Sekalipun Penuhi Syarat, Apa Alasannya?

Soedarmo juga tidak memungkiri bahwa aspirasi masyarakat luas juga akan masuk ke dalam pertimbangan Kemendagri untuk memperpanjang SKT FPI atau tidak.

"Nanti kita lihat dari berbagai masukan masyarakat, kan banyak. Penolakan dari masyarakat, sampai termasuk petisi. Nanti kita bicarakan bersama kementerian lembaga yang tergabung dalam tim penertiban dan pembinaan ormas," lanjut Soedarmo.

Saat ini, FPI sendiri belum belum melengkapi syarat memperpanjang SKT organisasi tersebut.

Beberapa syarat krusial yang mesti dipenuhi, antara lain rekomendasi dari Kementerian Agama karena ormas itu berlatar belakang keagamaan dan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi yang ditandatangani pengurus.

Izin FPI Belum Tentu Terbit Sekalipun Penuhi Syarat, Apa Alasannya?

Ada pula syarat surat pernyataan tidak ada konflik internal serta surat pernyataan tidak menggunakan lambang, gambar, bendera yang sama dengan ormas lain.

Dari 20 syarat sesuai peraturan perundangan, saat ini FPI diketahui baru memenuhi 10 di antaranya.

Pada Permendagri No. 57 tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Pengelolaan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan, masa berlaku SKT adalah 5 tahun. SKT milik FPI sendiri diketahui sudah habis masa berlakunya sejak 20 Juni 2019 lalu.

Tanggapan FPI

Menanggapi pernyataan itu, FPI meminta Kemendagri tidak melihat pertimbangan politik.

Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro mengatakan, Kemendagri mestinya hanya memperhatikan syarat-syarat admimistratif terkait kepengurusan surat keterangan terdaftar (SKT) yang diajukan FPI.

Sugito menilai, Kemendagri melakukan langkah politis apabila menjadikan reaksi publik maupun masukan dari sejumlah kementerian dan lembaga sebagai pertimbangan memperpanjang SKT FPI.

"Ya itu sih namanya politis, bukan yuridis, kalau yuridis itu kan harus mempertimbangkan hak dan kewajiban dari FPI selama ini jadi ormas," kata Sugito kepada Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Dia menegaskan bahwa FPI akan memenuhi semua syarat untuk memperpanjang SKT.

"Kalau politis kami tidak akan ikut campurlah, yang jelas kita secara hukum, kita harus menaati segala apa yang menjadi prosedur hukum di Indonesia," ujar Sugito.
sumber

============

Apa berpengaruh? Gak sama sekali. Pengaruhnya cuma FPI gak akan pernah dapat uang bantuan dari pemerintah yang mungkin dimata FPI nilainya tidak seberapa.

Sebagian masyarakat, kalau gak bisa dibilang sebagian rakyat Indonesia, menginginkan bukan hanya FPI tidak lagi mendapat ijin. Lebih dari itu, FPI dibubarkan atau dinyatakan sebagai Ormas Terlarang! Apakah ada alasan untuk membubarkan FPI? Banyak sebenarnya, akan tetapi banyak yang pura-pura buta. Munarman sebagai salah satu pimpinan FPI nyata-nyata berbaiat kepada ISIS, dan ISIS jelas organisasi terlarang! Dalam sebuah kesempatanpun anggota FPI kedapatan membawa bendera ISIS yang dilarang di Indonesia.

Lebih daripada itu, Rizieq sebagai pimpinan FPI telah nyata-nyata, berulangkali mengeluarkan ucapan hinaan kepada beberapa pihak serta memfitnah Bank Indonesia. Dalam beberapa pernyataan, beberapa pimpinan FPI juga memfitnah pemerintah dengan membuat narasi bahwa pemerintah Indonesia membuat kesepakatan dengan kerajaan Saudi Arabia agar Rizieq dicegah keluar dari Saudi Arabia. Yang menyebalkan, tak satupun pihak berwenang dalam hal ini pihak pemerintah memanggil pimpinan FPI disini untuk memberi bukti sah atas klaimnya yang konon didapat langsung dari penjelasan Rizieq di Saudi Arabia dengan memperlihatkan dokumen dari otoritas berwenang disana.

Bagi sebagian rakyat, pihak pemerintah terlalu lunak dalam menyikapi arogansi para pimpinan FPI. Karena terlalu dibiarkan dan terlalu diberi ruang, akhirnya mereka ngelunjak dan kurang ajar.

Kalau persoalan FPI saja pemerintah dalam hal ini Jokowi tidak bisa bersikap tegas, maka lunturlah kepercayaan rakyat yang menginginkan ketegasan Jokowi diperiode kedua jabatannya ini, padahal Presiden telah menyatakan tidak punya beban di periode kedua jabatannya ini.

11 12 dengan FPI, ormas macam GNPF, PA212, GKR, adalah ormas-ormas keblinger dan unfaedah, tak ada manfaatnya sama sekali bagi rakyat. Mereka cuma sampah demokrasi, membuat ormas hanya untuk mencari pembenaran seolah-olah ummat Islam mendukung langkah mereka, padahal mereka hanya menggunakan itu semua untuk barter dengan kubu oposisi. Pemerintah terkesan melakukan pembiaran, padahal pembiaran seperti itu justru membuat manusia-manusia seperti Novel menjadi sombong! Dia merasa sombong karena selalu menjadi bahan berita yang dicari oleh para wartawan. Dia merasa sombong karena pemerintah diam. Padahal pemerintah bisa mengutus Ulama yang dekat dengan pemerintah untuk berbicara dengan mereka-mereka ini yang selalu menghujat pemerintah.

Mungkin dimata pemerintah orang-orang seperti Novel ini hanyalah kutu anjing, tapi sekecil-kecilnya kutu anjing, dia tetap mengganggu. Kenapa tidak ditindak sekalian?

Satu lagi itu manusia yang sekarang tak juga berani kembali ke Indonesia, yang mengiklankan air kencing onta gurun. Tangkap kalau dia kembali! Dia jelas-jelas ikut campur dalam negeri negara lain dengan memberi bantuan kepada pihak pemberontak! Atau serahkan kepada pihak pemerintah Suriah kalau Indonesia tak mau menangani. Jangan ambil pusing! Dibuat simpel aja.

Ini saatnya. Mereka telah kehilangan pegangan, kehilangan donatur, kehilangan kepercayaan. Prabowo sudah dianggap musuh, bahkan dihina disuruh ikut Indonesian Idol. Menghina itu! Mana mungkin Prabowo bisa nyanyi? Diajak nyanyi sama Nisa Sabyan aja nolak koq! Sekarang Amien Rais sebagai motor yang dituakan di kubu oposisi pun telah melunak dan mengakui kemenangan Jokowi, meskipun sebenarnya tak berpengaruh. Tapi bagi kubu penumpang gelap yang punya agenda tersendiri dalam kendaraan Prabowo, itu adalah pukulan telak! Mereka jelas tak lagi punya kawan. Mau bikin sinetron Ijtima Ulama jilid 100 pun tak akan berfaedah.

Ayo Presiden! Kumpulkan seluruh Ulama Kharismatik yang mencintai NKRI. Minta mereka untuk berhadap-hadapan dengan kaum sobat gurun itu, dalam sebuah forum terbuka, diliput langsung, agar rakyat mengetahui secara gamblang, seperti apa isi otak mereka ini. Siapa yang memberi mereka mandat menjadi pembela Islam. Siapa yang memberi mandat mereka mengawal Fatwa. Universitas mana yang memberi mereka gelar Alumni.

Sebagian rakyat sudah muak! Benar-benar muak!
Hih!!!!!
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kojojotojo dan 50 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
gausa perpanjanglah,pimpinannya aja bandit kokemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 8 lainnya memberi reputasi
ngga semuanya negatif sebetulnya, dibeberapa bencana ane sering lihat dari laskar laskaran fpi turun duluan. padahal ada tagana yang terbagi bagi disetiap wilayah. kalau memang mau dilarang coba dirangkul anak anak kencur ini dikasih pembinaan dan kegiatan yg bermanfaat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tanya wiranti kenapa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 3 lainnya memberi reputasi
tapi anehnya ormas2 preman pemalak warga dengan dalih uang keamanan, THR, dll yg meresahkan malah tidak dibubarkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 7 lainnya memberi reputasi
Apa lu TS? emoticon-Mad

Kita-kita rudal kalau ente cem macem!

Izin FPI Belum Tentu Terbit Sekalipun Penuhi Syarat, Apa Alasannya?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ah... kamu ini zi... emoticon-Mad
Jangan di bubarin-lah FPI... emoticon-Mad
Nanti saya minta uang keamanannya sama siapa atuh kalau bubar emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post rob.pedro
Quote:


Itu kebanyakan cuma di level grassroots. Coba lihat di level atas FPI ngapain? POLITIK.

Lagian ormas dalam bidang apapun wajib membantu masyarakat dengan segala bukti dokumentasi karena itu salah satu tugas ormas (namanya saja Organisasi Masyarakat). Jika mereka tidak pernah maka saat perpanjangan izin seperti sekarang dilakukan FPI akan langsung ditolak.

Turun duluan? Gak selalu & tidak semua cabang. Ormas lain banyak yg juga turun duluan jadi itu cuma masalah kebetulan saja atau cabang di daerah tersebut emang sangat bagus jika konsisten selalu turun duluan. Baiknya dibubarkan agar anggota mereka yg murni gabung dengan aspirasi membantu masyarakat bisa pindah ke ormas lain yg lebih aman dari kontaminasi politik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 11 lainnya memberi reputasi
Ormas itu dapat brapa Rp. dari pemerintah?
Apa pemberian tiap ormas berbeda, kalo berbeda dliat dari mana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaiserwalzer
Iluminati pada ribut2
Lambang fpi juga iluminatiemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 3 lainnya memberi reputasi
gak usah diterbitkan lah kalau tak memenuhi syarat.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 2 lainnya memberi reputasi
mau bubar tho..??? knp nggk dari dulu aja.... emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 6 lainnya memberi reputasi


Quote:


Orang-orang fpi memang pernah bantu di lokasi bencana, tp tidak boleh dilupakan juga kalau ormas ini dan pemimpinnya yg di arab itu sudah begitu banyak bikin keonaran di Indonesia.

Itu anak-anak bau kencur ikut2-an fpi juga palingan karena alasan “melakukan kegiatan yang bermanfaat”.

Dalihnya belajar agama, dan jadi orang berguna di masyarakat, nyatanya cuma jadi preman jalanan dan tukang demo.

So, memang sudah sepatutnya fpi dibubarkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gojira48
Lihat 1 balasan
berita kemaren bilang fpi dan pea212 katanya mau jadi oposisi tanpa partai, ya jelas itu masuk ke ranah politik. Udah deh gausah dilanjutin izinnya, bikin gaduh aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 3 lainnya memberi reputasi
wow
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 2 lainnya memberi reputasi
Saya kira sudah saat nya sobat sobat islam sejati muncul dan berpartisipasi mengatasi secara langsung semua orang orang dan kelompok yang mengacau dan menebar teror atasnama islam...

Hanya sobat sobat muslim sendirilah yang mampu untuk mencegah agar citra islam tidak menjadi semakin rusak oleh sekelompok radikal...

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 12 lainnya memberi reputasi
Balasan post gojira48
Banyak ormas di Indonesia memaksa minta "uang koordinasi" dengan alasan “melakukan kegiatan yang bermanfaat” seperti pembinaan kader dan pemodalah usaha karya manfaat atau apalah yang sok sokan pemberdayaan masyarakat kecil.

Masing masing pentolan nya menjuluki diri dengan sebutan panglima ormas seakan mereka adalah pimpinan pasukan tertentu...

Dari situ ane melihat bahwa mereka tidak menghargai adanya lapisan keamanan resmi di negara yang mereka tinggali yaitu POLISI dan TNI.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 3 lainnya memberi reputasi


Quote:



Nah itu gan,
Mereka serasa kayak bikin negara di dalam negara.

Yang bodoh itu ya aparat keamanan resmi yg ga bisa berantas mereka dari dulu. Membuat mereka jadi besar kepala, bisa ngumpulin massa. Dan akhirnya kayak sekarang, merasa punya bargaining politik buat maksa dan ngatur pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 5 lainnya memberi reputasi
Sejarah berulang.
Tinggal jeli atau tidak melihatnya..
Kelompok paramiliter yang selalu bermunculan sebelum perang saudara atau konflik besar adalah akibat dari tidak bisanya negara memberi kepastian hukum terhadap warganya.

Kelompok yang paling besar korbannya biasanya yang tidak mempunyai kelompok paramiliter.

Pada saat ini solusi yang terbaik adalah semua kelompok kepentingan punya ormas paramiliter atau tidak diizinkan sama sekali kelompok seperti itu

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Si.Perusuh dan 4 lainnya memberi reputasi
kalau ormas gak lolos coba jadi partai politik saja



















emoticon-Cool
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di