alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Asal Nyala, Penggunaan Lampu Jauh Ada Etikanya Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2d8df8349d0f31bb5017c8/jangan-asal-nyala-penggunaan-lampu-jauh-ada-etikanya-gan

Jangan Asal Nyala, Penggunaan Lampu Jauh Ada Etikanya Gan!

Lampu berfungsi sebagai alat penerangan kendaraan di malam hari, serta juga menjadi alat komunikasi antar sesama kendaraan. Akan tetapi faktanya di lapangan, banyak pengendara yang keliru dalam menggunakan lampu jauh, khususnya kendaraan roda empat atau lebih.
Jangan Asal Nyala, Penggunaan Lampu Jauh Ada Etikanya Gan!

Lampu jauh kerap digunakan sebagai alat intimidasi kepada pengendara lain saat ingin meminta jalan. Ini sering kali terjadi di jalan bebas hambatan. Selain itu di jalanan umum, penggunaan lampu jauh sebenarnya juga berguna untuk melihat kondisi jalan yang tidak memiliki penerangan cukup. Tapi, jangan sampai mengganggu visibilitas dan konsentrasi pengendara lain dari arah depan.

Pasti kalian suka kesal kan ama orang menggunakan lampu jauh pada kondisi jalanan rame dan tidak kurang cahaya. Lebih parah lagi kalau mereka pake lampu jauh dan cahaya lampunya putih.

Penggunaan lampu jauh itu ada etikanya GanSis. Penggunaan lampu jauh sebenarnya diperlukan saat kondisi kendaraan melaju cukup kencang. Ini untuk memastikan kondisi jalan di depan apakah ada halangan atau tidak.

Selain itu, lampu jauh tidak boleh dihidupkan secara terus menerus atau menjadikan lampu jauh sebagai penerangan utama selama perjalanan. Masalahnya lampu jauh akan mengganggu pandangan pengemudi yang datang dari arah berseberangan atau mobil yang ada di depan.

Tuh GanSis, jangan asal nyalain lampu jauh, kalau asal nyala, ditakutkan akan mengganggu pengendara lain dan bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
X3N0NX dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KarjoKare
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
lagi mati lampu
Ini nih yg paling kesel gw..kendaraan di belakang pake lampu jauh silau banget, banyakan online nih kelakuan bgini..kagak ngotak pada
Sumpah ane paling gedek sama mobil dari lawan arah / belakang kita yang seenak jidatnya nyalain lampu jauh. Dikata ngga silau kali ya gan? Kalo lagi papasan itu loh nyenter banget ke mata emoticon-Cape d...
Belakangan sering liat motor dengan lampu terang banget, lampu jauh lagi, buta kali pengendaranya.
Kadang juga pengemudi mobil dengan ntah pinter, sok gaya, atau tolol, sengaja atau ga, menyalakan lampu kabut belakang, yg warna merah dan terang. Bikin silau mata.
Ane pernah diberhentiin polisi di luar sana, krn ga sengaja nyalain lampu kabut.
awas ganggu yang lain
ane sering tuh dari arah berlawanan lampu depan mobil

nembak-nembak bikin blereng gaes

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
bener bingitsss super kesel sama mobil yang lampu jauhnya dinyalain terus nyorot ke mata hhh kan ane jadi gabisa liat depan
Langsung combo efeknya kalo mata silinder emoticon-Hammer2
Banyak banget yg ngidupin lampu jauh sebagai lampu utama di daerah ane emoticon-Cape d...

Masih mending kalo tipikal pengendara "ngebut", lah ini udah lambat di kanan pula, pake lampu jauh lagi emoticon-Cape d...

Semoga mereka diberikan hidayah
Iya juga sih gan...
Thx uda ingatkan kami.

emoticon-Peluk
ane pengguna mobil sedan dan ceper, tau lah resikonya 😅
kena lampu biasa aja udh silau apalagi dim
1. Sorot lampu kanan harus lebih rendah dari lampu kiri (fungsinya ketika menyalip kita tidak perlu dim/high beam, tapi setelah nyalip kembali ke kiri ya gan)
2. penggunaan rear fog lamp/ lampu kabut belakang hanya boleh digunakan ketika kabut atau hujan sangat deras dan tidak saat kondisi normal atau hujan gerimis.
3. penambahan lampu rem hanya boleh berwarna merah
4. bukan Polisi/TNI? atau memang aparat tapi tidak dalam kondisi konvoi atau emergency? jangan pakai strobo lah...
5. tabrakan head-on atau adu kepala bisa terjadi bila lampu kendaraan didepan terlalu silau (lumens yg tinggi atau posisi lampu yg terlalu tinggi) sehingga kendaraan lawan arah tidak bisa melihat object didepannya
Lebih ngeri lagi ketemu motor trondol yg kagak pake lampu samsek
Untuk ngelawan tukang sorot lampu biasanya ane:
1. Kalo dari belakang menjauh 100m jika kendaraan lambat, kalo cepat ane yg mundur atau pura2 menepi.
2. Kalo si pengendara belakang ane sadar diri, ane flash lampu belakang dia bakalan matiin high beam. Kalo ga, kembali ke no. 1.
3. Kalo dari depan kepala ane yg nunduk. Ngapain juga ngeliatin sorotan lampu, pedih lah mata.
4. Jangan pernah ngelawan!


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di