alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Perhatian! STNK Mati Selama 2 Tahun, Kendaraan jadi Barang Rongsokan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2d8c7428c9914fcb2650d2/perhatian-stnk-mati-selama-2-tahun-kendaraan-jadi-barang-rongsokan

Perhatian! STNK Mati Selama 2 Tahun, Kendaraan jadi Barang Rongsokan

Korlantas Polri sedang menyiapkan kebijakan baru terkait regulasi penghapusan data kendaraan, bila STNK mati dalam waktu dua tahun berturut-turut. Korlantas sedang mengkaji kebijakan baru tersebut supaya bisa direalisasikan di tahun ini.
Perhatian! STNK Mati Selama 2 Tahun, Kendaraan jadi Barang Rongsokan

Sebenarnya ini secara aturan sudah jelas dan tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 74 dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 110. Oleh karena itu pihak Korlantas meminta pemilik kendaraan untuk melakukan kewajibannya, seperti membayar pajak, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas, perpanjang STNK, dan pengesahan STNK.

Kendaraan bermotor yang menunggak pajak lima tahunan (ganti pelat), kemudian dua tahun berikutnya masih belum membayar kewajibannya (total 7 tahun), maka data surat tanda nomor kendaraan ( STNK) akan dihapus.

Artinya, mobil atau motor bakal berstatus bodong dan ilegal berkendara di jalan untuk selama-lamanya serta tidak akan ada opsi pemutihan lagi di masa depan, jika tidak menjalankan kewajibannya. Bisa dibilang kendaraan akan menjadi barang ronsokan. Peraturan itu akan dimulai tahun ini secara nasional dan berlaku untuk mobil dan sepeda motor.

Sebelum di non aktifkan, pihak Korlantas akan mengirimkan surat peringatan tiga kali dalam satu bulan sekali ke alamat yang terdaftar. Apabila tidak ada respon maka pihak polisi punya kewenangan untuk menghapus data kendaraan itu.



Diubah oleh GENKBOL
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
wuadoh wuadoh wajib catet semua tanggal bayar stnk nih tempel gede-gede di tembok biar ga lupa... kalo lupa ngalamat jadi rongsokan hadeu
nunggu janji partai yang kemaren kampanye bebas pajak sepeda motor aja gan .. emoticon-Ngacir2
emoticon-Hammer2
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
ane mah aman
ane aman dong..
masa mau pake jalan, ga bayar pajak? kan kaya ngutang jadinya wkwk
profile-picture
azid12353 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Sekarang ada aplikasi Samsat Online Nasional, gan. Bagi yang udah pernah make, boleh banget nih isi kuesioner ane buat syarat skripsi :") tautannya di mariii: ugm.id/SamsatOnline

Thanks gan!
Waduh kudu buru2 bayar pajak nih
Balasan post mynameisant
Itu kalo Wowo menang
Pro dan kontra ni. Antara kita dipaksa beli motor baru, atau emg kita wajib bayar pajak ga lebih 2 tahun
wahh nice infooo tuh gan... mantul dehhh... lanjutin share2 thread mantul gini gan...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
Balasan post HarryZhang
Betul gan, punya kendaraan doang tapi ga pernah bayar pajak. Terus ketika macet dan butuh pembangunan infrastruktur malah nyalahin pemerintah kwkwkw emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Cape d...

Jadilah warga negara yang taat peraturan emoticon-2 Jempol
waduhhh belom bayar pajak stnk lagi, motor pertama ane plat kaleng nya mati pas tahun 2012 ampe sekarang belom di urus berarti udah rongsokan dong emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan adelianzw memberi reputasi
jadi kalo sudah lewat 2 tahun, data di hapus ya gan.. apa bisa ngajuin pendaftatan data lagi ke samsat?
Lihat 1 balasan
wah pengguna kendaraan harus lebih aware nih, ayo kita taati peraturan dan jangan ngelanggar karena takut di kemudian hari kita kena dampaknyaaa kayak gini huhuhu
waduhhh gawat dong gan, untung ane selalu tepat waktu bayar pajaknya emoticon-Cool
Diubah oleh adelianzw
Balasan post adelianzw
kayanya gabisa sis, soalnya itu sudah di hapus permanen kan datanya, udah fix jadi barang rongsok pasti kendaraan yang telat bayar pajaknya selama 2 tahun
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di