alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Solusi Motor Xeon yang Susah Hidup
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2d7ed30577a94afa07f190/solusi-motor-xeon-yang-susah-hidup

Solusi Motor Xeon yang Susah Hidup

Selidik punya selidik kabarnya motor Yamaha Xeon banyak sekali dikeluhkan penggunanya karena sering susah hidup dan mati mendadak? Kalau kondisinya motor bekas mungkin wajar saja emoticon-Bingung (S) namun jika belum sampai dua tahun dan sudah mendapat banyak keluhan, tentu ada yang perlu dianalisis lebih lanjut.

Memang Xeon dianggap sebagai motor matic jadul, namun harganya yang lumayan terjangkau cukup membuat banyak ibu-ibu rumahan memakai motor ini untuk kepentingan harian yang dipakai di sekitaran rumah. Memang kiranya motor ini dipakai untuk jarak dekat saja mengingat spesifikasi dan banyaknya keluhan yang terdengar.

Sebelum kita bahas apa saja masalah yang biasa terjadi pada motor Xeon (dan solusinya) mari kita lihat dulu bagaimana spesifikasi yang sesungguhnya dari motor keluaran Yamaha ini.

Spesifikasi Yamaha Xeon 125
Solusi Motor Xeon yang Susah Hidup
Dilihat dari desainnya, Yamaha Xeon membawa konsep sporty yang tampak keren dengan memadukan lekukan maskulin di setiap bagian-bagian tertentu. Bagian lampu depannya pun berukuran besar dan dapat membuat pancaran cahaya yang dihasilkan akan menyebar secara merata sehingga mampu diandalkan saat jalan di malam hari. 

Bagian stang kemudi juga cukup dibilang nyaman untuk digunakan sehari-hari. Bagian joknya ada bagasi besar yang mampu menampung banyak barang bawaan termasuk helm half face. Pastinya akan memudahkan para wanita yang sering membawa banyak barang bawaan karena dapat menaruhnya di bagasi tersebut. Lalu pada bagian kaki belakangnya, terdapat double swing arm yang terpasang ke dalam motor ini sehingga motor dapat berdiri lebih stabil. Sehingga ketika menikung tajam, swing arm ini dapat memberi keseimbangan yang cukup aman.

Spesifikasi lengkap: nordianservices.com
Namun dibalik spesifikasi yang cukup OK, ternyata banyak masalah atau kekurangan yang dikeluhkan para pengguna motor Xeon. Khususnya pada bagian mesin yang sering susah hidup hingga aki yang harus sering diganti. 
Dikutip dari beberapa sumber, mari kita bahas satu per satu penyebab motor Xeon susah hidup.

Busi yang tidak sesuai pabrikan
Jika motor Xeon susah dihidupkan, pertama coba periksa busi pada motor. Karena umumnya busi harus diganti setelah melewati 7000km. Jika lebih dari itu, yang terjadi adalah kualitas akan menurun dan bahkan motor jadi mudah mati. Standarnya, pakailah NGK CR7E dengan gap elektroda 0,7-0,8 mm.

Kondisi koil dan pulser lemah
Tahanan koil terdapat dua macam yaitu lilitan primer dan lilitan sekunder. Koil bisa dideteksi melalui besar tahanan kumparan. Normalnya, standar tahanan primer adalah 0,18 – 0,27 ohm. Sementara tahanan sekunder standarnya 6,32 – 9,48 kilo Ohm pada suhu 20 derajat celcius. Pulser memiliki tahanan 248 – 372 ohm pada suhu 20 derajat celcius. Bila menyimpang dari spesifikasi berarti ada kerusakan pada koil tersebut. Tanda-tanda koil sudah wajib diganti adalah bila mesin motor panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang dan mesin motor mendadak mati.

Cara untuk mengatasi kondisi koil yang lemah adalah dengan menjaganya tetap dalam kondisi dingin. Tentu saja ini merupakan cara yang darurat untuk mengatasi hal tersebut. Agan bisa menggunakan kain dan air bersih. Basahi kain tersebut dan tempelkan pada bagian koil, mirip ketika sedang mengompres saat demam lalu biarkan menempel saat motor dipakai untuk jalan. Namun cara lainnya adalah dengan mengatur jarak renggang busi. Rapatkan celah kepala busi supaya arus listrik menjadi lebih kuat. Cara ini dapat menghasilkan arus listrik yang besar. Namun tentu saja koil harus diganti dengan yang baru, sebab cara ini hanya untuk digunakan dalam keadaan darurat. 

Ada kebocoran kompresi pada ruang bakar
Ketika ada kebocoran kompresi pada ruang bakar, pastinya mesin akan menjadi drop dan terasa kurang nyaman. Yakni mati mendadak, mesin loyo, dan susah dinyalakan kembali saat mesin mati. Lalu kenapa bisa bocor? Ada beberapa yang menjadi peyebabnya. Yakni karena salah pemasangan setelah bongkar mesin. Karena settingan klep yang terlalu rapat. Karena ring pistonnya sudah aus. Dan terakhir karena lemahnya paking atau karet seal klep yang sudah mulai getas. Untuk mengatasinya mau tidak mau harus dibawa ke bengkel yang profesional agar kesalahan tidak terjadi lagi, termasuk dalam memberi saran elemen apa yang perlu diganti. 


Aki tidak sepenuhnya terputus ketika kunci kontak
Jika dilakukan pengukuran dengan Ohm meter pada 2 kabel kutub, ternyata masih ada beban hambatan 675 omega, yang berarti masih ada perangkat aktif menyedot sumber listrik dari aki walaupun kunci kontak sudah dilepas. Dikutip dari
chuprex.my.id, saran yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah jalur kelistrikan. Berikut penjelasannya:

1. Lepas aki, lalu ukur hambatan di kedua kutub kabelnya.
2. Lepaskan soket kabel kunci kontak dan potong kabelnya.
3. Potong kabel merah di soket relay starter. Inilah kabel yang diduga membuat aki motor jadi ngedrop.
4. Setelah disambung, sambung soket dengan kabel pada poin 2
5. Charge kembali aki yang ngedrop
____
Itulah beberapa penyebab motor Xeon susah hidup dan bagaimana solusi yang bisa dilakukan. Terlepas dari kekurangan motor itu sendiri, kerusakan motor bisa terjadi karena penggunanya melalaikan servis rutin yang wajib dilakukan setiap bulan. Bila tidak ingin masalah motor Agan bertambah parah, Agan bisa 
mengganti oli dan servis ringan secara rutin di Planet Ban.

Semoga bermanfaat! emoticon-Imlek


Jangan lupa dikomen dan share jika bermanfaat!
profile-picture
profile-picture
koi7 dan azid12353 memberi reputasi
Diubah oleh nordianservices
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Wah.. Makasih banyak infonya gan emoticon-2 Jempol emoticon-Toast
semakin sering dipakai, harus semakin sering periksa , rajin di rawat, yg wajib servis rutin sesuai buku petunjuk
ane gak punya pak
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
2 kali gan ane dikerjain sama motor xeon. pertama v belt nya putus ditengah jalan tanpa aba2, ke 2 baru tadi kehabisan bensin di tengah jalan emoticon-Cape d...
Ane punya Xeon generasi pertama, tahun 2011 kalau tidak salah. Sampai saat ini alhamdulillah masih bisa jalan, cuman udah susah diajak ngebut, maklum dah tua emoticon-Malu Dari awal pembelian sampai sekarang, sudah ada beberapa part yang diganti :
  • Ban sudah ganti ke tubless karena kondisi ban lama sudah trepes. Ane kurang tau tapi sepertinya velg xeon lama kurang cocok dikasih ban tubeless ya, agak kurang stabil gimana gitu
  • Aki sudah ganti tiga kali. Aki xeon ini sering ngeselin, tiba-tiba buat starter elektrik nggak bisa aja
  • Rutin ganti oli mesin per 2000km
  • Rutin ganti oli gardan setahun sekali
  • Rutin ganti busi setahun sekali
  • Rutin ganti air radiator setahun sekali
  • Rutin ganti oli

ada kemiripan dengan Yamaha ANSGT 125 ane gan, suka mati mendadak dan brebet seperti bensin kurang pasokan emoticon-Hammer (S)
profile-picture
cemilanpagi memberi reputasi
Punya ane cuma masalah di busi.
Gegara kegoblokan pengguna dan mekanik, diengkol terus sampai dengkul mau copot mesin ga idup2.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di