alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Ternyata, Menyiram Tanaman Nggak Hanya Sekadar Mengguyurnya dengan Air Aja Lho!
4.75 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2c1be1af7e9331c761edbe/ternyata-menyiram-tanaman-nggak-hanya-sekadar-mengguyurnya-dengan-air-aja-lho

Ternyata, Menyiram Tanaman Nggak Hanya Sekadar Mengguyurnya dengan Air Aja Lho!


Emang benar Gan Sis, jika menyiram tanaman merupakan aktivitas yang wajib dilakukan saat sedang berkebun. Karena tanaman memang membutuhkan air untuk hidup dan memang harus kita yang ngasih juga sih Gan Sis.

Ternyata, Menyiram Tanaman Nggak Hanya Sekadar Mengguyurnya dengan Air Aja Lho!

Meskipun demikian, tapi ternyata menyirami tanaman nggak hanya sekadar mengguyur pot-pot tersebut dengan menggunakan air lho. Dalam hal siram-menyiram tanaman, ternyata ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Karena setiap tanaman pun memiliki karakter dan kebutuhan masing-masing. Agan Sista pun juga harus mengerti waktu yang tepat untuk memberikan air pada tanaman kita.

Ternyata, Menyiram Tanaman Nggak Hanya Sekadar Mengguyurnya dengan Air Aja Lho!

Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman

Ada dua waktu yang tepat untuk menyiram tanaman Gan Sis, yaitu pagi hari dan sore hari. Menyiram tanaman pada pagi hari merupakan waktu yang tepat sebelum Agan Sista memulai aktivitas lainnya. Namun sebaiknya tidak lebih dari jam 7 pagi ya Gan Sis karena pada saat itu udara masih lembap.

Selain pagi hari, sore hari pun juga waktu yang cocok untuk menyiram tanaman, yaitu setelah matahari sudah sedikit lebih bersahabat. Pada waktu tersebut, tanaman sudah sangat membutuhkan air karena sudah seharian terpapar oleh teriknya matahari di waktu siang. Tapi perhatikan cuaca juga ya Gan Sis, jika memang hujan sebaiknya libur dulu aja sih menyiramnya.

Ternyata, Menyiram Tanaman Nggak Hanya Sekadar Mengguyurnya dengan Air Aja Lho!

Sesuaikan dengan ukuran tanaman

Tanaman yang berukuran besar tentu memerlukan air yang lebih banyak, dan sebaliknya. Sebaiknya Agan Sista nggak menuangkan semua air ke di dalam alat penyiram tanaman ke pot yang berisi tanaman kecil karena akan membuatnya tenggelam.

Pot besar yang dengan ukuran tanaman yang kecil cukup disiram 4-7 hari sekali. Namun jika tanaman berukuran sedang berada di dalam pot yang berukuran kecil, tentu membutuhkan air yang lebih banyak karena tanahnya nggak bisa menyimpan air terlalu lama. Sehingga Agan Sista perlu menyiramnya dua kali sehari.

Jadi, beda ukuran tanaman, beda pula treatment-nya ya Gan Sis, tergantung pula dengan ukuran potnya.

Ternyata, Menyiram Tanaman Nggak Hanya Sekadar Mengguyurnya dengan Air Aja Lho!

Aturan menyiram

Setiap tanaman tentu memiliki karakteristik yang harus diketahui. Bisa jadi satu tanaman memerlukan dua kali asupan air dalam sehari. Atau mungkin ada pula tanaman lain yang bisa bertahan dengan sedikit air setiap harinya. Beberapa diantaranya bisa tetap hidup hingga satu minggu kedepan dengan jumlah air yang terbatas. Jadi, Agan Sista harus tetap jeli melihat gimana karakter tanaman. Tentunya, pilih waktu pagi ataupun sore ya Gan Sis, serta hindari menyiram tanaman pada waktu siang hari yang panas karena akan sia-sia.

Ternyata, Menyiram Tanaman Nggak Hanya Sekadar Mengguyurnya dengan Air Aja Lho!

Menyiram pada bagian yang tepat

Tanaman pun cukup pintar Gan Sis untuk bisa menyalurkan air dan nutrisinya ke seluruh bagian tubuhnya. Bagian yang perlu kalian basahi saat memberikan air adalah tanah di sekitar tanaman tersebut. Karena menyiramkan air pada bagian daun atau batang terkadang malah akan membuat jamur atau parasit lain tumbuh di sana. Yang terburuk pun tanaman juga bisa mati karenanya.

Menurut Agan Sista yang hobi berkebun, gimana nih? Apakah ada hal lain yang perlu ditambahkan dalam hal siram-menyiram tanaman ini? Boleh banget di share buat ane yang ingin memulia hobi berkebun hehehe.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
classyhh dan 27 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
entah kenapa kalo habis dicukur sama emak ane, potongan rambut ane biasanya ditaruh di tanaman. apakah itu ngefek ke tanaman emoticon-gagalpaham
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan ajang.dee memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kalo tanaman kaskus yg diguyur mulu ya bisa metong wkwk harus tau karakteristiknya atau ke butuhan volume air sm tingkat suhu. Krn ane pernah beli tanaman di puncak, pas dibawa ke Jakarta mati grgr suhunya ga sedingin sana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pelangikuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
nice threaddd kalo emak ane biasanya siram pake aer cucian beras, cucian ikan, ampas teh... kulit telor dll dll banyak dehhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nonahappiness dan 6 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Quote:


Biar apa gan ?
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
baru tau ane kalo lebih baik buat disiram ga di bagian daunnya, malah lebih bagus kalo di tanahnya langsung ya. bilangin emak ah kalo nyiram mustinya gimana, biar bisa jadi plant mom yang baik buat taneman tanemannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Quote:


Bagus bagus, makasih infonyaπŸ‘πŸ‘πŸ‘
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
#10
thanks gan-sis!!
atas infonya yang bermanfaat banget deh!
ane sering banget bercocok tanam tapi baru kali ini tau trik and tips menyirami tanaman yang benar.
memang sih memperhatikan waktu, ane biasanya pagi hari dan sore hari , sebelum berangkat ke kampus dan setelah pulang dari kampus hahha

tapi ane sering ceroboh deh..
kadang debit airnya kebesaran banget huhuhu bikin tanaman ane rusakk!!emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh


ah kzl wkwkkww
jadi tau ding sekarang yang baik gimana..

thanks ya gan. sis yang udah mau berbagi kisah tanaman.. bermanfaat banget deh!yeay yeay yeayyy asekkkk

profile-picture
ajang.dee memberi reputasi


Quote:


iya gan bner, selama ini kalau nyiram selalu daun yang diutamakan. katanya biar seger, pdhal bisa menimbulkan benerapa jamur disana wkwkw emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan 3 lainnya memberi reputasi
ane ga hobi berkebun, dan ga terlalu suka sama tanaman..tapi ibu bapak ane selalu peduli sama tanaman di rumah.. jadi ane kalo nyiram selama ini maen asal siram ajaaa wkwkwk btw skrg jadi tau, thanku gaan!
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
kebiasaan yang sudah jarang ane liat di komplek semnjak tanah dan tempat mulai terttup bangunan dan tempat parkir emoticon-Frown. pdhal dulu pernah tiap rumah saling tukar bibit tanaman untuk sekedar ditanam di pot, tapi sekarang udah gk pernah ada bahkan cuma ada beberapa tanaman dalam satu komplek saja emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan ajang.dee memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mantap nih gannn... info yg menarik dan tips yg bagus..
lanjutkan thread2 yg berfaedah gini dan memberi inspirasi buat yg lain...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Ibu ane kalo nyiram suka ditambahin mecin airnya. Gatau buat apa. Ada yang tau??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah baru tahu
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Halaman 1 dari 6


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di