alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2b82d60577a9033843060a/bukan-hanya-di-air-ikan-ini-juga-dapat-hidup-bertahun-tahun-di-tanah

Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah

Ikan Lungfish, juga dikenal sebagai ikan salamander, adalah jenis ikan air tawar paling dikenal karena kemampuannya yang dapat hidup di darat dan didalam tanah, tanpa air, selama berbulan-bulan bahkan selama bertahun-tahun.
Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah
www.amusingplanet.com

Seperti namanya, Lungfish (Ikan Paru-Paru) ini memiliki sistem pernapasan yang sangat berevolusi yang dapat mengambil oksigen langsung dari udara, sama seperti hewan darat. Bahkan, beberapa spesies Lungfish  dapat secara langsung menghirup udara sehingga perlahan-lahan mereka kehilangan fungsi insang sebagai ikan saat dewasa. Ketika mereka masih hidup di dalam air, mereka secara teratur naik ke permukaan untuk menghirup udara. Ikan ini bahkan bisa tenggelam karena kehabisan nafas jika mereka terus berada di bawah air untuk waktu yang lama.
Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah
www.amusingplanet.com 


Ikan Lungfish memiliki bentuk seperti belut, dengan sirip di bagian dada dan di bagian perutnya yang mereka gunakan untuk berenang dan merangkak di dasar air atau di tanah. Mereka umumnya hidup di perairan yang dangkal, seperti di rawa-rawa, tetapi mereka juga sering ditemukan di danau yang lebih besar.



Baca Juga : Setelah Membunuh Ibunya, Inilah Yang Dilakukan Singa Terhadap Bayi Mangsanya

Ketika di dalam air, lungfish berperilaku layaknya seperti ikan lain, berenang di air makan ikan kecil dan udang-udang kecil di dasar kolam dan sungai. Tetapi ketika musim kemarau datang, ikan ini akan menggali lumpur sebagai tempat tinggal sementaranya, mereka menggali lubang tersebut dengan cara memasukan lumpur ke dalam mulutnya lalu mengeluarkannya melalui insangnya. Setelah ikan itu mencapai kedalaman yang nyaman, dia akan berhenti menggali dan mengeluarkan lendir dari kulitnya yang kemudian lendir tersebut akan mengeras membentuk kepompong sebagai pelindung area tempat istirahatnya. Hanya mulutnya saja yang dibiarkan sedikit terbuka keluar untuk bernafas.
Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah
www.amusingplanet.com 


Baca Juga : Makhluk-Makhluk Laut Paling Aneh Yang Ditemukan di Kedalaman 6000 Meter

Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah
www.amusingplanet.com 

Setelah itu ikan ini akan berhibernasi sepanjang musim kemarau, Setelah kemarau berlalu dan air hujan ke sungai atau danau tersebut dan lumpur kembali melunak, kemudian ikan ini akan keluar dari liangnya untuk mencari makanan. Beberapa laporan menyebutkan bahwa ikan ini dapat tetap berada di dalam tanah dalam lumpur yang kering selama empat tahun lamanya.
Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah
www.amusingplanet.com 

Ikan Lungfish hanya ditemukan di Afrika, Amerika Selatan dan Australia. di Afrika, ikan ini sering menjadi makanan bagi penduduk setempat, dengan cara menggali dari tanah yang kering yang berisi ikan tersebut.


Sumber


Quote:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 23 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Quote:


menarik nih gann... info baru buat ane... tp btw, kalo pas tanah ketutup, dia masih ttp bertahan ga y?? kalo masih bisa, gmn caranya dpt suply oksigen tuh ikan...
nice info gan... jadi nambah pengetahuan dan pengelaman... ditunggu thread2 lainnya gan... yang inspiratif dan informatif...
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
kalo ikan darat menurut ane masih masuk lah ya di akal dengan nama lung fish karena memiliki paru2. namun jika hidup di tanah wah inisih udah diluar akal, hebat bangetsih. ane baru tau, bener2 baru tau. jadi ngerasa amazing sendiri loh kwkwkwkw emoticon-Matabelo
tinggal nunggu evolusi aja nih ikan ganemoticon-Matabelo
Quote:

boboooo emoticon-Malu

kalau di desa gan, pas musim kemarau kan tanah di sawah kering sampai retak2.

giliran hujan, anehnya banyak ikan betutu berukuran 1 lengan orang dewasa di sawah. plus keong juga bertaburan dimana2.

mungkinkah ikan2 tersebut juga hibernasi di dalem tanah ya?

profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
survive bgt ni ikan, btw nice inpo gan
Quote:


guling bantal kasur jg gan, jgn cuma guling
Beberapa laporan menyebutkan bahwa ikan ini dapat tetap berada di dalam tanah dalam lumpur yang kering selama empat tahun lamanya.

lebih lama daripada hubungan ane dengan dirinya..
emoticon-Mad
ikan serbabisa
hewan peralihan gan, bukti evolusiemoticon-2 Jempol
Nais inpoh gan emoticon-2 Jempol
emoticon-Toast
Quote:


Yang jelas ongkir dari afrika aja udah mahal gan emoticon-Request

dipiara gampang ga gan
hehe
jenis lele ya..
gabus juga bisa..
Kalau di Indonesia bisa jadi unagi ini..
Hebat banget nih ikan berevolusi. pantas tidak punah, kecuali diburu manusia emoticon-Belo
Quote:


Hahahahaha ada ada ajaaa gannnn. Bisa jadi juga sii jelmaan ikan ts emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak pagi pagi baca ini auto ngakak sii gannn.
Bukan Hanya di Air Ikan ini Juga Dapat Hidup Bertahun-Tahun di Tanah
Subhanallah.. sampai betahun-tahun melakukan hibernasi/tidur panjang gan? berarti kan nggak makan sama sekali ya..kuat ya gan, ya semua memang atas pertolongan Allah sih ya, tapi kadang seperti sulit dipercaya.
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di