alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bersama Seperti Berjauhan Gara-gara Smartphone Bagaimana Menurutmu?
4.75 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d28b440af7e935c83683c0b/bersama-seperti-berjauhan-gara-gara-smartphone-bagaimana-menurutmu

Bersama Seperti Berjauhan Gara-gara Smartphone Bagaimana Menurutmu?

Hai ... hai, selamat malam agan dan sista cakep. Makin hari kayaknya kita hidup makin kayak mayat hidup ya.
Bersama Seperti Berjauhan Gara-gara Smartphone Bagaimana Menurutmu?

Zaman semakin modern, semua akses informasi lebih mudah tapi ada yang ditinggalkan banyak netizen. Silaturahmi dan empati.

Di sini ane mau ngebahas tentang silaturahmi di dunia nyata. Terkadang kita terlalu sibuk bermedsos ria di smartphone sampai lupa waktu. Di mana pun dan acara apapun benda pipih bernama handphone pasti ada di genggaman.
Bersama Seperti Berjauhan Gara-gara Smartphone Bagaimana Menurutmu?

Mirisnya, saat kualiti time bersama keluarga pun malah asik dengan handphonenya masing-masing. Suasana hangat, canda ria di tengah-tengah keluarga seperti barang mahal saat ini.

Atau saat lagi kumpul-kumpur bareng teman, makan-makan. Kebanyakan malah asik dengan handphonenya. Benda pipih kesayangan semua orang itu sekarang ini selalu di bawa kemana pun.

Zaman ane kecil, kalau lagi naik angkot emak-emak pasti rame pada ngobrol. Ada yang kenalan ada juga yang sekedar basa basi dan sok akrab, tapi itu malah bisa memperbanyak teman dan saudara. Obrolan singkat dan ringan yang bisa menyambung silaturahmi.

Coba agan sista lihat sekarang, ketika ane naik angkot. Semua diam membisu sibuk dengan handphone masing-masing. Tidak ada keakraban apalagi tegur sapa. Udah kayak mahluk asing.

Kemajuan teknologi yang tidak diimbangi dengan melestarikan kebiasaan tegur sapa dan sopan santun yang sebenarnya merupakan ciri bangsa Indonesia yang terkenal ramah menjadi sangat timpang.
Bersama Seperti Berjauhan Gara-gara Smartphone Bagaimana Menurutmu?

Masyarakat dari waktu ke waktu menjadi semakin cuek dan terkesan tidak perduli dengan lingkungan sekitar. Apakah ini dampak kemajuan teknologi?

Yang lebih miris lagi ketika para pelajar jaman sekarang yang terkesan kurang dalam sopan santun. Dulu, waktu ane kecil. Setiap mau akan melewati orang-orang yang lebih tua pasti mengucapkan permisi sambil membungkuk. Begitu pun jika bertemu guru, kami pasti akan menyalaminya dahulu.

Kemana sopan santun dan tata krama yang dahulu diterapkan? Entahlah ... anak-anak Zaman sekarang kalo lewat cuek aja, malah ada yang sambil cekikikan ketawa-ketawa sama temennya ada juga yang anteng main handphone.

Selain orang dewasa, budaya bermain gadget juga menular kepada anak-anak. Mereka lebih senang berjam-jam bermain game atau nonton youtube di ponsel daripada bermain bersama teman di luar. Selain membuat anak jadi susah bergaul kebiasaan inu juga bisa berakibat terhadap kesehatan mata mereka.

Istilah manusia bagai zombi yang berseliweran di time line media sosial ane itu nyatanya benar. Orang-orang lebih asik dengan dunia maya dibanding dunia nyata. Terkadang mereka tidak mengenali tetangga sendiri saking cueknya dan asik dengan ponsel.

Yuk kita budayakan lagi tegur sapa di tempat umum dan menjalin komunikasi di dunia nyata. Terutama dengan teman dan keluarga sendiri. Ajarkan anak-anak bergaul di dunia nyata dan batasi penggunaan smartphone untuk mereka.

Sekian ocehan ane kali ini, semoga bermanfaat dan tetap jaga silaturahmi. Silahkan berkomentar dengan sopan dan mengeluarkan pendapat dengan santun.

Jangan lupa rate dan cendolnya.emoticon-Big Kissemoticon-Ngakak

Pic : by geogle


profile-picture
profile-picture
profile-picture
anto2310 dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ymulyanig3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
pejwan
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
iyaa nih menyedihkan mendekatkan yg jauh, menjauhkan yg dekat...biasanya klo lgi nongkrong suka komitmen gamain hp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elkanaputra dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh silwanus11
Yg dewasa sebagai cerminan bagi anak2, sepertinya Bolang bakal punah karna hp 😩
profile-picture
profile-picture
nasrul.putra dan ymulyanig3 memberi reputasi
Quote:

Iya nih, bikin emosi aja nih benda pipih.
Lebaran yg dulu syahdu penuh air mata kangen, berubah jadi kaya gurun pasir yg di hujani salju, sepi, kering, dingin, seperti ga ada makna nya.
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
aisyifaaa dan ymulyanig3 memberi reputasi
topik/bahan udah habis gara" udah dibahas di grup/chat ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aisyifaaa dan 2 lainnya memberi reputasi
Janganlah kalian menjadi budak teknologi, tetapi jadilah pengembang teknologi.

salam TAMPAN
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
aisyifaaa dan nasrul.putra memberi reputasi
Diubah oleh bagobo
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
Quote:


Itu udah langkah bagus gan. Nyimpen hp dulu saat lg ngumpul
profile-picture
wahyunurfajar1 memberi reputasi
Quote:


Anak2 lebih tertarin bermain game atau youtube dibanding nonton bolang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyunurfajar1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Suasana kebersamaan jadi garing ya ganemoticon-Ngakak
profile-picture
nasrul.putra memberi reputasi
Quote:


Lebih rame di chat wa grup daripada saat ngumpul2 barengemoticon-Ngakak
Quote:


Keren nasehatnya gan. Semoga generasi kita bukan cuma jadi konsumen tp juga produsenemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aisyifaaa dan wahyunurfajar1 memberi reputasi
Quote:


Sangat disayangkan hp akan merebut masa2 kecil anak jaman sekarang, mereka hanya bisa membayangkan gimana bermain, bergerak, dan aktif seperti anak2 jaman dulu layaknya bocah petualang 😂
profile-picture
aisyifaaa memberi reputasi
Quote:


Iya sih, tapi tergantung pengawasan orang tuanya juga. Klo artunya asik main hp si anak juga pasti main hp. Tapi klo ortunya bisa menahan diri mengajak anak bermain. Nyimpen hp dulu. Anak pasti ngikut mainemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan santaikalus memberi reputasi
Quote:

Yupsss setuju 😊
Ane sih biasa saja tu
Mayoritas kegiatan ane
Yg berhubungan dengan cuan
Dilakukan via online
Anak bini pada pengertian

Barangkali kalau lagi
Makan di luar atau lagi rekreasi bareng kel
Lalu ane sibuk pegang HP
Orang jadi persepsinya negatif
Padahal itu lagi cari cuan
Bukan lg kepoin medsos
Di mana waktu ane kerja
Ga mengenal rutinitas
Seperti jam kerja kantor

Walaupun demikian
Dengan tidak terikat jam kerja kantor
Ane malah bersyukur
Bisa melihat langsung anak ane
Tumbuh berkembang dibandingkan

Ayah yg lain naro foto keluarga
Di meja kantornya tapi fotonya
Dilihat pun hanya sesekali saja
Itu juga kalau sempat

emoticon-Blue Guy Bata (L)

Kesimpulan
Tergantung
Gimana melihat dari sudut
Pandangnya aja sih menurut ane



emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeeblur dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Miris banget bun,
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
Quote:


Iya sih klo emang kerjaanya online. Ini yg cuma sibuk chat dan komen di medsos gan.
Quote:


Iya bun, apalagi anak2 ikut2n
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di