alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perfeksionis, Pengganggu Ketentraman Jiwa!
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2841ae88b3cb345329a69c/perfeksionis-pengganggu-ketentraman-jiwa

Perfeksionis, Pengganggu Ketentraman Jiwa!

Perfeksionis, Pengganggu Ketentraman Jiwa!

sumber gambar

Bicara tentang kepribadian manusia memang tak ada habisnya, salah satunya mengenai orang yang perfeksionis alias ingin segala sesuatu yang sempurna. Menurut ane orang yang paling ribet sedunia itu ya orang yang perfeksionis. Apa - apa ingin yang perfect tak bercela. Cari jodoh cari yang sempurna, padahal dia sendiri banyak kekurangannya. Mengerjakan tugas yang sebenarnya sederhana dibikin ruwet karena ingin hasilnya luar biasa, cari kerja cari yang prestigious dan gajinya tinggi, padahal skill nihil dan pengalaman pun tak ada.

Sifat mengagungkan kesempurnaan menjadikan seorang individu mematok standar yang tinggi dalam "pencariannya", menjadikannya tujuan utama, standar mereka tak bisa diubah, seolah mewajibkan sesuatu harus seperti ini tidak boleh tidak. Perfeksionisme mengakibatkan orang intoleran terhadap apa pun yang tidak memenuhi standar kesempurnaannya.Bahkan jika hasil usahanya hampir sempurna pun masih bisa dianggap gagal. Tak ada kata lumayan maupun cukup bagus. Yang ada hanya dua yaitu gagal atau berhasil. Mereka sangat kaku, dan jauh dari fleksibilitas.Kesuksesan bagi seorang perfeksionis identik dengan tercapainya sebuah standar kesempurnaan yang dia buat. Padahal kita semua tau dan berulangkali mendengar quote jika tak ada yang sempurna di dunia ini.

Mencari kesempurnaan itu sia - sia, kenapa? Kan udah jelas - jelas nggak ada yang sempurna, bre! Kalau berusaha sebaik mungkin untuk mencapai hasil yang optimal sih masih bisa dimaklumi, tapi kalau mengagungkan kesempurnaan? Itu hanya akan menjadi obsesi yang menyakiti. Mengecewakan diri sendiri jika saja kesempurnaan itu tak bisa digapai, menyakiti orang lain jika si perfeksionis menganggap apa yang dikerjakan orang lain itu tak sesuai dengan standarnya. Lalu dia berusaha membenahinya agar sesempurna yang dia inginkan namun sayangnya bagi orang lain kesempurnaan versinya itu justru tidak sempurna di mata orang yang melihat. Meskipun keberadaan orang perfeksionis diperlukan untuk membenahi orang - orang yang bekerja dengan asal - asalan namun tetap saja perfeksionisme itu melelahkan bagi sebagian besar orang.

Mereka lupa bahwa standar "sempurna" amat bervariasi bagi setiap orang. Obsesi pada kesempurnaan hanya akan menyakiti orang lain dan juga diri mereka sendiri tanpa disadari. So, seorang perfeksionis memang perlu untuk melihat seperti apa standar sempurna orang lain untuk menjadi lebih fleksibel.

Sumber referensi :
1. Perfeksionisme= Sebuah Obsesi Yang Melukai


Jika thread ini dirasa bermanfaat, silahkan follow adnanami di kaskus, share thread ini, kasih cendol dan rating 5, ya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d.l.may dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ayo dibaca gaes!
kadang perfeksionis itu penting
profile-picture
adnanami memberi reputasi
tu kan judul nya di ganti.. pasti ketauan bos nya nih kemaren.. yakin saya
Wkwkwk nyimah lah....emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
adnanami memberi reputasi
masih kepo ' isinya sama kayak maren ga'
Quote:


Ane g punya bos lha wong ane ini bosnya gan ... Gan emoticon-Ngakak
Quote:


Gmn gan? Msh sama gak ?
Quote:


It's okay
Perfectsionis itu ngeselin apa2 harus perfect padahal logika pasti gak bisa. Misalkan carincewek yang cantik gak sombong suka sama pria apa adanya, terus kaya suja sama kita pasti gak ada emoticon-Ngakak (S).
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Biasanya kalo seorang perfeksionis ngerjain tugas (misal tugas kuliah) yang sifatnya perorangan sih bagus aja ....soalnya dia pasti berusaha sebaik mungkin untuk sempurna. Tapi yang ngeselin itu adalah yang pas kerja kelompok ,kita udah ngerjain sebaik mungkin tapi dibilang "Ini mah kurang lengkap bla bla bla" alangkah baiknya kalo dihargai dan yaa menggunakan bahasa yang baik.

Banyak tuh orang yg nyari pasangan perfeksionis tapi tidak diimbangi dengan memperbaiki dan memantaskan dirinya.emoticon-Shakehand2
#CMIIW
profile-picture
profile-picture
dhikapradana dan adnanami memberi reputasi
Quote:


Ada gan Satu banding seribu gan, tapi entah dimana ... Hahaha hidup negeri mana dia wkwkwk emoticon-Ngakak (S)

Kayak lagunya Ari Lasso, "Entah diiiimana dirimu beraaaadaaa..."
profile-picture
wolfzmus memberi reputasi
Quote:


Betul gan, makan ati ngerjain tugas ama orang kayak gitu. Nah iya kalo hasilnya bagus, eh ternyata masih ada cacatnya juga tuh di mata org lain, lelaaah ane hahaha
Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, bagi yg merasa memiliki kelebihan akan menuntut kesempurnan dan bagi yg merasa memiliki kekurangan akan menuntut pengertian,

Masalah nya tetap ada di "yg merasa" padahal pantas atau tidak mereka gak bakal perduli karna mereka hanya merasa 😂
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Pengalaman yaa kerja sama dengan orang kayak gitu....makan ati kan wkwk
Quote:


Banget, btw @tamadate6 itu artinya apaan ya? Kedengerannya kayak bhs jepang
Diubah oleh adnanami
Quote:


Hm.m @santaikalus , manteb nih quotenya lain kali ane masukin ah kata kata itu ke trit ane. Setuju bgt kalo Org yg merasa punya kelebihan itu menuntut kesempurnaan, contohnya orang kalau merasa dia kaya pasti dia akan menuntut utk punya pasangan yg selevel, nah kalo cewek merasa cantik dia menuntut apa ya gan?
Quote:


Nahhh itu dia gan masalahnya kata2 "merasa" ini yg buat kacau dunia persilatan wkwkwkw😂
well to be honest..
istilah perfeksionis diciptakan oleh orang2 yang gak mampu mengimbangi ritme kerja si perfeksionis

mirip2 kaya "cewe matre" yang diciptakan cowo yang ga mampu ngimbangi cewe nya

kalo ada yang ngmg.. saya ini perfeksionis, maka bullshit lah ia
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Hehe iya emang nama Jepang gitu ,ane pilih itu karena 4 kata diawal itu nama asli ane nah sisanya tambahan aja..emoticon-Malu
“ Kita memang terlahir sempurna, karena tidak ada produk gagal yang diciptakan oleh Allah. Namun tidak ada pribadi yang sempurna dalam karya. Karena kesempurnaan memang hanya milik Allah, Sang Pencipta alam raya dan seisinya. ”


― Andy Sukma Lubis
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di