alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2835237e3a7220f17cec8b/sim-berlaku-seumur-hidup-bagi-lansia-wacana-atau-mitos-ya

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

[ HT# 517 ]

Gara-gara obrolan kemarin siang saya dengan teman di sebuah warung kopi depan rumah langganan ide tulisan ini tiba-tiba saja muncul. Ya, perihal SIM (Surat Izin Mengemudi) kita tahu kalau setiap lima tahun sekali harus di perbaharui, kosekuensinya jika terlambat sehari saja maka untuk memperoleh SIM perpanjangan baru harus mengikuti tes pengambilan SIM dari awal seperti mulai dari tes kesehatan, tes teori, hingga tes praktik, dan katanya biayanyapun jadi lebih mahal daripada pembuatan SIM awal. Repot dan ribet, itulah aturan yang terjadi di negeri yang kita cintai ini.

Tujuan pemerintah memberlakukan perpanjangan SIM setiap lima tahun sekali yang telah di tetapkan menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, SIM adalah bukti kompetensi mengemudi dan bukti registrasi pengemudi yang memuat keterangan identitas secara lengkap.SIM itu sendiri juga merupakan alat bukti bahwa pemegang SIM memiliki kemampuan, keterampilan sesuai dengan jenis SIM itu sendiri dimana persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor juga harus tetap dipenuhi si pemilik kendaraan.

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

Tapi hasil dari pembicaraan teman saya dengan Aan, Wawan dan Ndang dimana mereka seorang ojol memiliki pendapat dan ide yang unik, yakni bagaimana jadinya jika lansia di berikan kebebasan memiliki SIM seumur hidup, maksudnya pemilik sim yang telah berusia enam puluh tahun ke atas tidak perlu memperpanjang SIM, alias berlaku seumur hidup.

Tentu saja ini jadi pembicaraan hangat kami ber-empat. Alasan ini menguat ketika kita membandingkan aturan SIM dengan KTP Elektronik bagi lansia yang berlaku seumur hidup. Apakah mungkin bagi lansia dan pemerintah memberikan perlakuan istimewa bagi para lansia yang tentu saja mereka telah taat pajak puluhan tahun.

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

Saya rasa SIM berlaku seumur hidup bagi lansia punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya tentu para lansia mungkin akan terbantu dari hal birokrasi administratif yang berlaku selama ini, belum lagi bagi para lansia saat mengantri perpanjangan SIM membutuhkan waktu, kosentrasi, tenaga yang prima, akan lebih ribet bila lansia tinggal di luar kota yang tidak sesuai dengan KTP nya.

Disisi lain yang menjadi ke khawatiran saya sekarang adalah jika lansia tetap membawa kendaraan di jalan apakah mereka masih lincah dan mawas diri mengingat di jalan sekarang ini semakin krodit dengan permasalahan lalulintas yang ada.

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

Kalaupun pemerintah pada akhirnya menerbitkan aturan berlaku SIM seumur hidup bagi lansia mungkin menurut hemat saya hanya di perbolehkan di jalan-jalan pemukiman saja, tidak di jalan utama atau protokol karena ini menyangkut keselamatan diri dan orang lain. Jangan sampai karena rasa kasih sayang terhadap cucu para lansia berani mengantar cucunya pergi kesekolah melewati jalan-jalan utama. Lalu lucunya lagi waktu itu sempat ada guyonan yang dilontarkan oleh Wawan; "Wah, bisa-bisa para lansia bakalan bersaing ngojek dengan kita-kita, nih, hehe".

Nah, dari pembicaraan kami di atas gimana menurut pendapat teman-teman disini, setuju atau tidak. Kalau setuju apa alasannya, kalau tidak apa alasannya. Dan apakah wacana kami SIM seumur hidup bagi lansia ke depan hanya sekedar wacana atau mitos, kita lihat saja nanti.


SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?


Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim 


SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
SIM Berlaku Seumur Hidup Bagi Lansia, Wacana atau Mitos, ya?

KOMENTAR NTAPS KASKUSER

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


....

profile-picture
profile-picture
2V7 dan unuk.unuk.mulih memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
ya jangan lah
kemampuan panca inderanya kan makin menurun

bahaya



emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
masih.abu.abu dan aguspriambodo memberi reputasi
Bokap gue malah sengaja matikan SIM nya gan, mending naik ojek online katanya. Atau disupirin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tapi terkadang ada sensasi tersendiri bagi seseorang utk tetap di belakang kendali sendiri ya gan emoticon-Smilie
profile-picture
unuk.unuk.mulih memberi reputasi
Quote:


Tinggal ke pasar malam ada Bombom car.
Tetangga due dulu bapak bapak mati serangan jantung dimobil pas nyetir.
profile-picture
unuk.unuk.mulih memberi reputasi
sim seumur idup cm wacana gan apalagi bwt lansiaemoticon-Big Grin
profile-picture
unuk.unuk.mulih memberi reputasi
Quote:


Nah iya lebih kasihan saat lagi antrian saat perpanjang sim emoticon-Belo
profile-picture
unuk.unuk.mulih memberi reputasi
IMHO.

demi keselamatan bersama,
mendingan jangan deh.
kan banyak moda transportasi yang lebih nyaman lainnya.
meskipun ga sesuai dengan ekspetasi sih..
profile-picture
profile-picture
unuk.unuk.mulih dan iskrim memberi reputasi
Wah klo bisa umur 60 ke atas gak di perbolehkan mengemudi kendaraan bermotor ataupun mobil gan karna rentan di jalan raya.
profile-picture
profile-picture
diandraps dan iskrim memberi reputasi
kalo pendapat ane pribadi sih mendingan nggak usah seumur hidup buat lansia, kebijakan pemerintah untuk 5 tahun sekali diperbaharui itu sangat efektif sih krn pasti perlu uji kompetensi lagi (apalagi sekarang polisi sudah mulai bersih dalam pembuatan dan perpanjangan SIM). kalo buat lansia malah serem, mendingan istirahat aja dirumah atau pergi2 dengan supir/kendaraan umum. takut ada apa2 dijalan. cuma.. baiknya ada treatment spesial khusus lansia yang memang membutuhkannya dan ujjiannya disesuaikan
Kalo KTP mah bolehlah. Kalo sim secara berakal kudu di test mestinya. Biar ketahuan kemampuan mengendarai sama mental pas jalan kaya gimana
Jokiin delman gue ae bray

Gue kesing SIK surat ijin kusir bray

seumur idup bray

Buru bray

Ah elahemoticon-Traveller
Quote:


Quote:


Yoyooi emoticon-Smilie
profile-picture
8319801 memberi reputasi
.... emoticon-Traveller
..... emoticon-Ngacir emoticon-Traveller maksi dulu yuk jon
mending kalo udah lansia jgn mengendarai sendiri, bahaya emoticon-Ngacir
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Quote:


Lebih bahaya kalau sampingnya ada mahmud emoticon-Ngakak (S)
yang terbaik saja
Gimana baiknya sahaja
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Klo dh tua mending drumah aja nimang cucu


emoticon-Baby Girl emoticon-Baby Boy
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Diubah oleh gyrate
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di