alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Tak Usah Bingung Menenangkan Bayi Saat Tengah Menangis, Lakukan Ini Aja Moms!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d247b489a972e0cce666cef/tak-usah-bingung-menenangkan-bayi-saat-tengah-menangis-lakukan-ini-aja-moms

Tak Usah Bingung Menenangkan Bayi Saat Tengah Menangis, Lakukan Ini Aja Moms!

Tak Usah Bingung Menenangkan Bayi Saat Tengah Menangis, Lakukan Ini Aja Moms!

Moms, kalian pasti tau kan kalau bayi memiliki sensitivitas yang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Kalau Moms mendapati bayimu sedang menangis, Moms pasti tak begitu memahami apa yang dia rasakan, apalagi jika Moms adalah seorang Mamah Muda. Tapi Moms pasti tau kan kalau menangis merupakan proses alamiah yang dialami setiap orang untuk melepaskan emosinya, termasuk juga yang terjadi pada bayimu. Bedanya, karena belum bisa berbicara, bayi belum bisa memberi tahu apa yang membuatnya menangis. Bisa jadi ketika dia sedang ingin buang air, menyesuaikan dengan suhu udara baru, atau mungkin hanya tidak nyaman dengan suara berisik dalam ruangan.

Nah, inilah beberapa cara untuk mengatasi bayi yang rewel, ngambek, hingga menangis yang dapat kamu lakukan. Apa saja? Simak di bawah ini, ya!



Beri Stimulus Sentuhan

Tak Usah Bingung Menenangkan Bayi Saat Tengah Menangis, Lakukan Ini Aja Moms!

Cara pertama yang bisa Moms lakukan untuk menenangkan bayimu yang sedang menangis adalah dengan memberi stimulus berupa reseptor. Stimulus ini akan menekan reseptor pada otak untuk memberi ketenangan pada bayi dan membuatnya merasa aman. Bagaimana melakukannya? Mudah kok Moms, coba saja Moms pijat dan beri sentuhan pada tubuh bayimu dengan cara mengelus. Selain itu, Sista juga dapat memandikannya dengan air hangat untuk membangkitkan rasa rileks sehingga tidak tegang.


Mengayunkan Bayi

Tak Usah Bingung Menenangkan Bayi Saat Tengah Menangis, Lakukan Ini Aja Moms!

Metode kedua yang bisa Moms lakukan adalah dengan mengayun-ayunkan bayimu dari satu sisi ke sisi lain atau bisa juga dari depan ke balakang. Kombinasi dari pengalaman ini ternyata akan menimbulkan sensasi seperti ketika bayi saat masih dalam kandunganmu loh Moms. Metode ini dinamakan dengan vestibular motion, di mana sensor gerakan pada bayi akan memberi ketenangan pada bayi. Respons bayi selalu berbeda antara satu dengan yang lain Moms, jadi coba satu per satu dengan pergerakan pada rentang waktu tertentu, ya.


Penuhi Kebutuhan Sang Bayi

Tak Usah Bingung Menenangkan Bayi Saat Tengah Menangis, Lakukan Ini Aja Moms!

Salah satu insting manusia untuk bertahan hidup adalah dengan memberikan rasa tenang pada otak. Satu di antara cara yang dapat dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan fisik seperti makan, ASI, atau tidur. Nah, coba deh Moms perhatikan bayimu, apakah bayimu sudah kenyang, sudah nyaman dengan ruangan di mana dia tidur, atau dia butuh hal lain seperti bantuan untuk buang air, atau hal lainnya. Jika ada salah satu hal yang belum terpenuhi, coba penuhi kebutuhannya deh Moms, kalau sudah terpenihi, dia pasti jadi tenang kok.


Beri Suara Berisik

Tak Usah Bingung Menenangkan Bayi Saat Tengah Menangis, Lakukan Ini Aja Moms!

Moms, kamu boleh percaya atau tidak, tapi Moms tau ga sih kalau suara berisik yang diputar secara berulang dengan konsisten ternyata dapat membuat bayimu menjadi lebih fokus loh. Ini adalah trik dasar otak untuk memberikan rasa tenang dengan frekuensi tertentu. Moms bisa mencobanya dengan menyalakan kipas angin, vacuum, diswasher, atau alat lain yang akan menimbulkan bunyi seperti ombak, atau Moms juga bisa menyalakan instrumen musik seperti gitar, piano, atau flute.


Berikan Pemandangan Berbeda yang Menarik

Tak Usah Bingung Menenangkan Bayi Saat Tengah Menangis, Lakukan Ini Aja Moms!

Cara terakhir yang bisa Moms coba lakukan untuk menenangkan bayimu adalah dengan memberinya pemandangan baru yang dapat membuatnya kagum, Moms. Misalnya, Moms dapat mengajaknya melihat pemandangan di luar ruangan, atau bisa juga dengan stimulus visual lain seperti warna-warna menarik yang terang.



Mungkin menenangkan bayi sedikit sulit bagi Moms yang merupakan Mamah Muda, tapi walaupun sulit untuk mengetahui penyebabnya, Moms bisa mencoba beberapa cara di atas untuk menenangkan bayimu yang tengah rewel atau menangis.

Semoga berhasil Moms!



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
thread yang bagus gan, bisa dicontoh ni buat para mom yang masih punya anak kususnya batita. memang penyebab nangis atau rewel anak itu beragam, namun terlepas itu semua pasti ada cara untuk mengatasinya
profile-picture
profile-picture
japarina dan richardus96 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mantap infonya gan! btw meskipun judulnya untuk mom tapi buat agan2 sebagai daddy atau calon daddy perlu juga nih pelajarin ginian, supaya bisa momong anak jugaa emoticon-Big Grin
profile-picture
japarina memberi reputasi
calon ibu calon ayah monggo dibaca dan diperhatikan emoticon-Big Grin paling sering ane denger "dek itu cicaknya dek hoo mana yaaa cicaknyaa" gitu wkwkw
Bener bgt nih! Kebetulan skrg ane lg ngurusin babayik... Dan menurut ane ketika bayi nangis itu cara nenanginnya ketika kita memenuhi kebutuhaan yg dia mau dan memberi pemandangan berbeda. Si bayik langsung diem euy ndak reewel. (eh tapi beda cerita kalo rewel karna lg sakit yah) hehe
Balasan post diandraps
kalo anak tantrum gimana sist penanganannya beda lagi dong ya?
profile-picture
diandraps memberi reputasi
Diubah oleh ujellyjello


Quote:


benar sekali sis, yang ane tau ada benerapa cara untuk mengatasi tantrum pada anak, antara lain berusaha berkomunikasi yang baik ke anak, jangan ikut terjebak dalam emosi anak, cari hal baru yang bisa menarik perhaian anak, dan yang terpenting jangan sekali kali memukul anak
wah ane nggak usah nunggu pny anak dulu buat nerapin, kebetulan ada keponakan masih baby juga, lumayan tipsnya buat diterapin kalo si kruci lagi nangis kenceng banget. biasanya yang paling ampuh di ayun ayun sih krn ini krucil bosenan anaknya
ane dulu antengnya pas dinyanyiin shalawat 😂 masyaAllah emang merdu bgt tiap lantunannya..


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di