alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Ternyata, Pengapuran Tulang Beda dari Pengeroposan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2447430577a92c6b22a2da/ternyata-pengapuran-tulang-beda-dari-pengeroposan

Ternyata, Pengapuran Tulang Beda dari Pengeroposan

Pengapuran tulang dan pengeroposan tulang seringkali dianggap sebagai suatu kondisi yang sama. Padahal pengapuran tulang atau osteoartritis merupakan jenis penyakit yang berbeda apabila dibandingkan dengan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Yuk, simak artikel berikut untuk memahami perbedaan antar keduanya.
Ternyata, Pengapuran Tulang Beda dari Pengeroposan
Apakah yang dimaksud pengapuran tulang atau osteoartritis itu?

Osteoartritis merupakan penyakit pada tulang dan persendian yang seringkali dikaitkan dengan proses penuaan. Gejala utama dari osteoartritis adalah nyeri di bagian yang terjadi penipisan pada tulang rawan.

Tulang rawan berfungsi sebagai bantalan antar tulang yang satu dengan yang lain. Tulang rawan berfungsi untuk menjaga agar pergerakan antar sendi dapat berlangsung dengan lancar dan mudah.

Pengapuran pada osteoartritis sering terjadi pada tulang-tulang besar yang menyangga berat badan tubuh seperti lutut, panggul, tulang belakang, dan pergelangan kaki. Pengapuran tulang pada osteoartritis terjadi secara perlahan dan penyebab pasti pengapuran hingga saat ini belum diketauhi. Namun, beberapa faktor resiko seperti obesitas, lemah otot, aktivitas fisik yang berlebihan atau kurang, trauma sendi, dan faktor keturunan dapat memicu terjadinya osteoartritis.

Selain nyeri sendi, penderita osteoartritis juga dapat mengalami gangguan pergerakan, kekakuan sendi pada pagi hari atau setelah beristirahat, bengkak di sekitar persendiran, dan bunyi klik di sendi yang mengalami pengapuran pada saat bergerak.

Lalu, seperti apa osteoporosis pada tulang?

Nah, berbeda dari pengapuran tulang, pengeroposan tulang atau osteoporosis adalah suatu kondisi di mana terjadi pengurangan kepadatan dan kualitas tulang. Pengurangan kepadatan ini terjadi secara perlahan dan terus menerus. Osteoporosis lebih sering menyerang wanita, orang lanjut usia, dan ras kaukasia.

Kepadatan tulang mulai menurun pada usia lebih dari 35 tahun dan lebih cepat terjadi pada wanita setelah mengalami menopause. Tidak seperti osteoartritis, pada osteoporosis gejala tidak akan timbul hingga terjadi patah tulang. Oleh karena itu penyakit ini seringkali disebut sebagai “silent disease”.

Kesimpulannya, baik pengapuran dan pengeroposan tulang merupakan gangguan pada tulang yang bersifat secara perlahan. Namun, perlu diingat keduanya berbeda baik dari penyebab dan gejala yang ditimbulkan.
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Apa saran utk yg mengalami pengapuran pada tulang, gan? Operasi? Obat? Atau ada yg lain?
cara menghindari atau penyembuhanya gimana gan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di