alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
BAHAYA! Jangan Pernah Gunakan Gadget Saat Sedang Berinteraksi dengan Anakmu, GanSis!
4.89 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2436afb840881a5128fdfe/bahaya-jangan-pernah-gunakan-gadget-saat-sedang-berinteraksi-dengan-anakmu-gansis

BAHAYA! Jangan Pernah Gunakan Gadget Saat Sedang Berinteraksi dengan Anakmu, GanSis!

BAHAYA! Jangan Pernah Gunakan Gadget Saat Sedang Berinteraksi dengan Anakmu, GanSis!

Apa sih hal yang kamu cari pertama kali saat baru bangun tidur?

Ane jamin, pasti sebagian besar dari Agan dan Sista mencari ponselnya, iya kan?

Memang tak bisa dipungkiri lagi kalau ponsel/gadget adalah segalanya buat kita. Pokoknya GanSis semua udah pada ketergantungan deh sama yang namanya gadget. Tapi Agan Sista sadar ga sih, kalau sebenarnya penggunaan gadget sebagai media komunikasi atau interaksi juga berperan dalam mengganggu interaksimu juga, khususnya interaksi secara langsung sama orang-orang yang ada disekitarmu, GanSis.

Kalian pasti sering kan melihat ada sekelompok orang yang sedang berkumpul, tapi masing-masing sibuk bermain dengan ponselnya. Lalu buat apa mereka berkumpul kalau mereka tidak berinteraksi satu sama lain? Terlebih jika Agan dan Sista sudah punya anak, bisa-bisa hubunganmu dengan sang anak menjadi jauh karena gadget yang GanSis selalu gunakan setiap hari. Saat itu perhatian terbagi dan bercabang antara keperluan pada gadget dan interaksi dengan anak, GanSis. Jangan sampai hal ini menimpa dirimu dan anak-anakmu ya, GanSis, karena hal itu punya dampak yang buruk terhadap hubunganmu dan anak-anakmu loh.

Berikut ini beberapa alasan mengapa GanSis sebagai orangtua harus tinggalkan gadget saat berinteraksi dengan anak, kapanpun dan di mana pun kalian berada.



Gadget Menjauhkanmu dari Kenyataan, Termasuk Anak-anakmu

BAHAYA! Jangan Pernah Gunakan Gadget Saat Sedang Berinteraksi dengan Anakmu, GanSis!

Tidak bisa dipungkiri gadget merupakan salah satu hal terpenting bagi orangtua, khususnya orangtua yang bekerja. Segala macam urusan pekerjaan pasti ada di gadget, berhubungan dengan orang kantor pasti menggunakan gadget, dan pastinya mengakses media sosial juga membutuhkan gadget. Walaupun begitu, GanSis sebagai orangtua juga harus sadar cara menggunakannya yang tepat ya, jangan pernah berpikir GanSis bisa multitasking menggunakan gadget dan berkomunikasi dengan anakmu. Karena sebenarnya GanSis tak sanggup untuk melakukan itu, pikiranmu akan ada di internet dan media sosial, meskipun sedang berinteraksi dengan anak, dan sang anak akan merasa bahwa dia tidak diperhatikan sepenuhnya olehmu, ia akan berpikir kalau GanSis lebih memilih gadget ketimbang dirinya sebagai anakmu.


Pakai Gadget Saat Berinteraksi Dapat Menyebabkan Kesepian Pada Anak

BAHAYA! Jangan Pernah Gunakan Gadget Saat Sedang Berinteraksi dengan Anakmu, GanSis!

Kalian pernah ga sih merasa kesepian padahal sedang berada di tempat yang sangat ramai? Lalu kenapa kamu bisa merasa sepi di tempat ramai? Ternyata, kesepian bukanlah mengenai banyak tiadknya orang yang ada di sekitar kita, melainkan tentang kehilangan interaksi atau komunikasi dengan orang-orang sekitar. Makanya, kita bisa saja merasa sepi meskipun dalam keramaian. Salah satu rasa kesepian yang bisa muncul pada sang anak adalah ketika orangtuanya terus-terusan memakai gadget bahkan ketika berinteraksi sang anak, pasti sang anak cenderung akan merasa kesepian. Hal ini dikarenakan dia tidak benar-benar merasakan interaksi itu, sedangkan orang tua adalah orang terdekat dalam hidup mereka. Sehingga, anak akan merasa kesepian sejak dini yang akan memengaruhi kebahagiaannya.


Merasa Terisolasi Karena Orang Terdekatnya Ketergantungan Gadget

BAHAYA! Jangan Pernah Gunakan Gadget Saat Sedang Berinteraksi dengan Anakmu, GanSis!

Agan dan Sista sadar ga sih kalau ternyata orangtua yang ketergantungan dengan gadget saat berinteraksi dengan sang anak bisa membuat sang anak merasa terisolasi secara sosial loh. Hal ini karena lingkungannya dikelilingi oleh orang-orang yang selalu mengenakan gadget. Sehingga saat sang anak mencoba memanggil untuk memulai interaksi, dia tidak akan mendapatkan tanggapan sepenuhnya. Jika semua orang seperti ini dia akan merasa terisolasi, GanSis. Bahaya loh, merasa terisolasi, akan memberi dampak buruk hingga stres pada anak.


Kecerdasan Sosial Anak Bisa Tumbuh Lambat, Seiring Menurunnya Kecerdasan Sosial Orangtua

BAHAYA! Jangan Pernah Gunakan Gadget Saat Sedang Berinteraksi dengan Anakmu, GanSis!

GanSis tau kan, kalau teknologi selalu berkembang semakin canggih. Hal ini tentu akan menciptakan gadget yang semakin canggih dan pintar pula. Bahkan tak heran jika gadget bisa lebih pintar daripada sang pemakainya. Khususnya dalam hal kecerdasan sosial akibat yang dihasilkan dari ketergantungan pada melihat layar ponsel. GanSis pasti tau kan kalau anak adalah peniru yang sangat baik, termasuk juga perihal kecerdasan sosial. Bila yang mereka lihat saat berinteraksi hanyalah orangtua dengan ponsel pintarnya, maka mereka akan kurang mendapatkan contoh bagaimana berinteraksi yang baik, berkata-kata yang sopan, dan cara-cara untuk menghargai orang lain.


Jadilah Contoh Yang Baik Agar Anakmu Tak Kecanduan Gadget

BAHAYA! Jangan Pernah Gunakan Gadget Saat Sedang Berinteraksi dengan Anakmu, GanSis!

Sebagai orangtua pengguna gadget ia akan tau dan sadar akan bahaya gadget dan segala informasi yang bisa diakses di dalamnya. Mereka juga sadar kalau banyak pengaruh buruk yang bisa didapat bila anak kecanduan gadget. Biasanya sih orangtua tersebut juga akan marah ketika anaknya ingin memakai gadget dan terus-terusan memainkannya. Tapi sayangnya, para orang tua itu tak menyadari pemicu hal itu terjadi, yaitu diri mereka sendiri. Mereka memberi contoh pemakaian gadget terus menerus yang terlihat menyenangkan bagi anaknya.



Itu dia GanSis beberapa hal buruk yang akan dialami anakmu kalau GanSis sebagai orangtua selalu berkomunikasi sambil menggunakan gadget. Hmm, mending kurang-kurangin deh penggunaan gadget. Lebih baik lagi GanSIs tidak mengenakan gadget di depan anak-anakmu.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinknam00 dan 16 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
benar sekali gan, jngan sampai kita menjadi keluarga yg kecanduan gadged. jadilah orang tua yang bijak, karena hal pertama kali anak belajar yaitu meniru orang tuanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ahsilahk dan 8 lainnya memberi reputasi
setuju banget gan!! Emang kerasa banget sih dampak dari ketergantungan gadget sama interaksi sosial atau dalak keluarga. Jadi memang harus dari kita untuk mencegah hal2 tersebut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ahsilahk dan 4 lainnya memberi reputasi
Sebagai orang tua perlu banget interaksi langsung dg anak apalagi di masa pertumbuhannya dimana rasa ingin tau yg tinggi...
Sayang kalau anak sampai kecanduan gadget di masa masa pertumbuhannya
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan dhinyzfrn memberi reputasi

Quote:

Setuju gan... Lingkungan pertama anak anak belajar ya keluarga, yg dicontoh ya keluarganya...
Kayanya kalau emang perlu dikasih gadget ada waktu waktu tertentu dia boleh menggunakan misal weekend atau waktu liburan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AbdChaniago dan 4 lainnya memberi reputasi
a
pake gadget klo anak pas udah tidur biar gk d tiru kebiasaan main gadgetnya emoticon-Jempol
profile-picture
eckosz memberi reputasi
Pake gadget boleh asal tau batesan dan tau penggunaan nya gmn? Gadget bisa bermanfaat bgt klo kita bener pakenya, tp klo berlebihan mah bisa ngejauhin orang yg deket mendekatkan orang yg jauh. Pdhl pas pertumbuhan anak hrsnya diawasin bgt sm ortu.
profile-picture
aguspriambodo memberi reputasi


Quote:


benar gan, anak juga ane pikir harus mngenal gadged pula biar gk kudet klo bahasa sekarang. namun harus tetap diawasi dan ada batasan waktu tertentu biar gk addict
nice threadddd kalo main hape emang harus tau waktu dan tempat, jangan sampe ngejauhin kita dari keluarga yang notabene orang-orang paling dekat di kehidupan. anak juga boleh dikenalkan dengan gadget, tapi jelas harus diawasi dan dibatasi
Quote:


bener gan. sayang banget kalo sampe jadi jauh sama keluarga emoticon-Frown waktu buat keluarga juga kesita sama gadget emoticon-Frown
jangankan anak-anak gan... ane aja sebel kalo ada orang yang ane ajak ngobrol tapi fokusnya ke gadget bukan ke ane...

kita aja yang sesama dewasa pasti merasaka dampak buruk seperti di atas ya.. gimana anak kecil yang masih dalam masa tumbuh kembang dan butuh perhatian lebih dari orang-orang di sekitarnya..

pelajaran sih ini, ga hanya untuk orang tua, tapi juga kita-kita yang masih muda pasti pada punya adek atau keponakan supaya ga megang gadget mulu kalo lagi sama anak-anak
ajak anak quality time bersama keluarga di weekend... asil anak bahagia bangeeet
adehh.. zaman skrg mata anak kecil aja udh minus 300 400. bikin kaget
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
apalagi pas maen game. pasti pada ngrecokin emoticon-Hammer2
Mampir beri cindul en rate5 buat trit HT ini, moga makin rame yang mampir yaakemoticon-Shakehand2
profile-picture
gagalbunting memberi reputasi
Nanti di demo sama anak.
profile-picture
aguspriambodo memberi reputasi
hemm bahaya jg nih
Quote:


Makasih ya emoticon-Embarrassment
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
Quote:


Eeh, udah dimari juga toh. Makasih buat apa enih?emoticon-Bingung
Untungnya ane kaga punya anakemoticon-Big Grin
malah ada orgtua kasih hape ke anak alesannya bisa unk memantau anak dan biar ga gaptek si anak... aplg anak masih tk dan sd biar emak bapaknya ga ribet ...
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di