alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Belajar arti gagal dari Thomas Alva Edison
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d243416f0bdb26c0c05d435/belajar-arti-gagal-dari-thomas-alva-edison

Belajar arti gagal dari Thomas Alva Edison

Siapa sih yang tidak mengenal sosok Thomas Alva Edison, salah satu penemu hebat dengan kontribusi yang sangat besar bagi dunia modern. Salah satu temuannya adalah bola lampu pijar yang kemudian hari menjadi hal yang sangat bermanfaat di masa depan, yakni seperti di masa sekarang ini.

Belajar arti gagal dari Thomas Alva Edison
bbvaopenmind.com

Namun bukan sampai di situ saja, ternyata ada hal yang cukup menarik di balik temuannya itu, Di mana ternyata Thomas Alva Edison sudah melakukan 10,000 kali percobaan yang gagal sebelum akhirnya ia dapat menemukan cara yang tepat. Tapi hal yang cukup mengejutkan adalah bagaimana respon Thomas Alva Edison ketika di tanya berapa kali ia gagal dalam percobaan ini.

*****

Thomas Alva Edison :

“I have not failed 10,000 times. I have not failed once. I have succeeded in proving that those 10,000 ways will not work. When I have eliminated the ways that will work, I will find the way that will work.”

Bahasa Indonesia:
“Saya bukan gagal 10,000 kali. Saya tidak gagal satu kali pun. Saya berhasil membuktikan bahwa ada 10,000 cara yang keliru. Ketika saya telah mengetahui cara – cara yang keliru, akhirnya saya akan menemukan sebuah cara yang benar.”

*****

Berikut beberapa hal yang dapat kita ambil sebagai pelajaran dari kisah Thomas Alva Edison ini:

Konsisten
Hal pertama yang dapat kita ambil sebagai pelajaran adalah bagaimana Thomas Alva Edison bisa sekonsisten itu dan terus berusaha dalam melakukan penelitian tersebut, bayangkan saja kalau seandainya Thomas Alva Edison memutuskan untuk menyerah tepat di 9,999 kali percobaanya mungkin sampai sekarang kita tidak akan pernah mengenal bola lampu.

Tekun
Selain konsisten hal lain yang dapat kita ambil sebagai pelajaran adalah Tekun, ya bener banget semangat berapi – api saja ngga cukup buat Thomas Alva Edison untuk tetap terus melakukan penelitiannya, karena semangat tanpa aksi sama aja dengan omong kosong, kita harus membuktikannya tidak dengan semangat doang tapi kita harus bekerja keras dalam memecahkan masalah yang sedang kita hadapi saat ini.

Optimis
Optimis atau berpikir positif adalah hal paling penting setelah konsisten dan tekun, tentunya akan sangat menyulitkan sekali bagi Thomas Alva Edison menyelesaikan penelitiannya kalau ia selalu merasa pesimis, selalu merasa bahwa penelitiannya tidak akan menghasilkan apa – apa dan lainnya. Optimis jugalah yang membuat kita semakin mudah menyelesaikan suatu hal, dengan optimis kita akan selalu berpikir positif dan yakin terhadap segala hal yang kita lakukan.

Tidak pernah menyerah
Dari semua hal yang sudah kita bahas, hal ini adalah hal yang paling penting dalam melakukan sesuatu, tidak perduli seberapa banyak kita gagal, hal inilah yang akan membantu kita untuk terus bangkit dan terus berusaha untuk melakukan sesuatu yang ingin kita capai, Hal ini jugalah yang membantu Thomas Alva Edison dalam menyelesaikan proyek penelitiannya, dengan semangat tidak pernah menyerah akhirnya ia menemukan cara yang berhasil setelah 10,000 kali gagal dalam percobaan sebelumnya.

*****

Ternyata banyak juga ya hal yang dapat kita ambil sebagai pelajaran dari kisah gagalnya Thomas Alva Edison, menurut agan sendiri gimana nih. Hal apa yang paling penting bagi agan sendiri tentang beberapa hal yang sudah kita bahas di atas. Kalau ane sendiri Tidak pernah menyerah karena hal ini yang mengajarkan kita untuk terus selalu berusaha walau kita sudah gagal berkali – kali sebelumnya.


*****

Sekian dari Ane Bre & Sista.
Be positive, lalu bagikan informasi ini,
bila menurut agan perlu.
Sampai jumpa di Thread selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast


Spoiler for Refrensi:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thebalckhost dan 7 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Update:
profile-picture
haresoas4 memberi reputasi
Diubah oleh sligain
Comment:
profile-picture
haresoas4 memberi reputasi
Diubah oleh sligain
patut d contoh. tp susah di aplikasikan ke khidupan nyata gan emoticon-Hammer2
profile-picture
sligain memberi reputasi
sosok yang sangat menginspirasi, walaupun gagal berkali-kali doi tetap berusaha. bener kata orang-orang, "usaha tidak mengkhianati hasil". bisa di contoh nih di dalam kehidupan kuliah. misalnya kalo agan-agan yang suka jeblok nilainya emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mars1234 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


kunci pertamanya itu kemauan diri sendiri dulu gan, kalau udah bener - bener niat. Insya Allah kedepannya bakalan lebih mudah lagi, semangat emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan haresoas4 memberi reputasi
Quote:


Yap, bener banget cocok buat di jadiin panutan mahasiswa jaman sekarang biar dikit - dikit ngga gampang nyerah buat mencapai impiannya.
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan haresoas4 memberi reputasi
wooosh emoticon-Ngacir
pada di mana yak emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan haresoas4 memberi reputasi
Diubah oleh sligain
Pasti ngerasa susah banget buat ngelakuinnya.. tapi ya itulah awal kesuksesan, jarang yg jalannya lancar lancar aja... Yang penting setiap kegagalan dievaluasi, kalau gagal terus dan bodo amat ya ga berhasil berhasil dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yap, buat langkah pertamanya itu yang paling susah tapi kalau udah jadi habit bakalan lebih mudah kok.
Buat yang evaluasi bener juga, banyak sekarang cuma usaha asal - asalan, usaha formalitas doang eh malah pengen sukses emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
haresoas4 dan scoria07 memberi reputasi

Quote:

Yap bener... Perlu ada pemicu awal.. Yaah kalau males malesan tapi pengen sukses srmua orang juga pengennya gitu ya gan emoticon-Ngakak
profile-picture
sligain memberi reputasi
Quote:


ngomong - ngomog soal itu jadi inget ironi jaman sekarang dimana semua orang tahu itu tapi seakan - akan cuman jadi omong kosong, kebanyakan dari kita tahu permasalahannya apa tapi ya gitu deh, diem mulu ga pernah action emoticon-Mewek, ane juga sih kadang - kadang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
haresoas4 dan scoria07 memberi reputasi
wooosh emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
ayo di share sebanyak - banyaknya biar ane dapet uang jajan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
haresoas4 memberi reputasi

Quote:

Iya sih gan.. Ane juga gitu sih, tapi kadang tuh antara bingung mau ngapain dan bingung kira kira kita bisa ngaruh apa ga.. Iya ga sih gan? Apa ane doang emoticon-Ngakak
profile-picture
sligain memberi reputasi
Quote:


Hahaha, semua orang pasti pernah ngalamin itu, ada masa di mana kita bener - bener ngerasa kaya stuck di tempat gitu dan ngga tahu harus ngapain, kuncinya adalah kita harus menemukan satu hal yang menjadi passion kita dan berusaha sefokus mungkin pada hal itu, bicara ngaruh apa ngga tergantung ya. Kalau hal yang agan lakuin itu bernilai positif, percayalah sekecil apapun itu pasti ada impact nya juga.

oh ya cuma saran bacaan mungkin agan bisa baca buku The One Thing, buku ini tentang satu hal yang kalau kita bener - bener serius pada hal tersebut maka yang lainnya akan terasa menjadi lebih mudah.
profile-picture
profile-picture
scoria07 dan haresoas4 memberi reputasi

Quote:

Ane setuju sih gan kalau hal positif sekecil apapun pasti ada impactnya, iya perlu fokus intinya. Dan itu juga yg jadi tantangannya...

Mantap gan rekomendasinya, ane ntar coba baca...
Hidup itu Pilihan, sayang nya waktu gak bisa di pilih tuk menunggu. Yg pasti mnrt Ane, Oom Thomas telah memilih 1 kerjaan (Penemu) di bandingkan 10.000 kerjaan lain (Pengusaha, Pedagang, Politik dll) sebelum dia melewati 99.999 usaha nya dan menemukan 1 cara yg 'pas'

Di Dunia begitu banyak Profesi, tiap hari lahir profesi baru (dulu you tuber mane ade Gan) cukup pilih 1 profesi dan terus lah jalankan, maka Agan akan jadi ahli di situ.

Cheers 🥂
profile-picture
sligain memberi reputasi
Quote:


Idem gan, jadi inget sebenarnya yang membuat kita sukses itu cuma satu hal bukan banyak hal yang kita kira selama ini. Contohnya : Google dengan search engine nya, Microsoft dengan windowsnya, Apple dengan Iphone nya dan masih banget yang lainnya.

Intinya akan ada satu hal di mana kalau kita bisa bener - bener fokus dan serius di hal tersebut maka akan memudahkan hal lainnya.
profile-picture
haresoas4 memberi reputasi
benar2 menginspirasi, semoga kita semua bisa menerapkan di kehidupan sehari hari ✊
semua yang diajarin thomas alva edison berguna banget menurut ane di kehidupan masa ini, tekun ulet sabar dan rajin itu jadi kunci banget kalau mau sukses. entah dalam hal kerjaan atau yang lain2nya
tekun menurut ane yg jadi sorot utama, karena harus bener2 giat mempelajari apa yang salah dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Karena bener kata agan, semangat berapi2 aja kadang ngga cukup. Jadi kita ngga boleh berhenti belajar gengs!
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di