alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Mancanegara /
New Castle, Kota dengan Sejarah Janda Janda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1ae240c9518b3906397fca/new-castle-kota-dengan-sejarah-janda-janda

New Castle, Kota dengan Sejarah Janda Janda

Caislean Nua, yang merupakan bahasa lokal dari New Castle, diambil dari sebuah kastil milik keluarga bangsawan Magennis. Kastil yang hancur di abad 18 ini berada di ujung Kota Tanpa Pria sungai Shimma yang mengalir tak jauh dari kota kecil ini. Ada satu peristiwa besar yang membuat kota kecil ini menjadi begitu terkenal. Bukan karena keindahan atau hajatan besar di kota ini. Melainkan peristiwa tragis yang menghilangkan hampir semua pria yang berada dari kota ini.

Pada tanggal 13 Januari 1843, beberapa kapal berangkat dari New Castle dan Lower Mourne. Tercatat kala itu 76 pria mengawaki kapal-kapal itu untuk pekerjaan rutin mereka sebagai nelayan. Dari kapal-kapal itu ada 46 pria yang berasal dari New Castle. Dalam hari-hari yang yang dianggap sebagai hari-hari yang biasa saja ternyata berubah menjadi peristiwa tragis. Ke 76 pria itu kemudian hilang ditelan lautan, hingga saat ini keberadaan mereka tak pernah diketahui.

New Castle, Kota dengan Sejarah Janda Janda

Dari 46 pria yang berangkat melaut dan hilang itu, membuat kota ini kemudian harus mencatat 27 istri langsung menjadi janda. Bahkan 108 anak kehilangan ayah-ayah mereka. Melihat hal ini kemudian masyarakat setempat menunjukan simpatinya dengan bergotong-royong berusaha meringankan penderitaan keluarga-keluarga ini.

Kemudian warga New Castle membangun rumah-rumah di pinggir pantai untuk para janda ini. Rumah-rumah ini kemudian dikenal dengan istilah Widows Row. Peristiwa tragis yang besar itu, melahirkan sebuah lagu yang sangat dikenal oleh warga setempat. Sebait lirik lagu itu bertuliskan, ‘New Castle town is one long street entirely stripped of men’.

Agaknya kota ini memiliki cerita yang kebanyakan berkisah tentang kehilangan pria, atau memang ditakdirkan tak ada pria yang bertahan lama disini, hingga kini jumlah penduduk wanita jauh lebih banyak ketimbang prianya. Seperti salah satu cerita legenda yang berkembang luas di warga setempat tentang The Blue Lady. Cerita rakyat itu berkisah tentang seorang isteri yang ditinggal pergi suaminya. Legenda mengatakan bahwa si isteri hingga saat ini masih menghantui gunung Mourne, menangisi kepergian suaminya.

Juga kisah Maggie’s Leap, tentang gadis bernama Maggie yang melompat terjun menyongsong kematiannya. Menurut cerita yang berkembang Maggie berlari dikejar oleh sekelompok tentara, entah karena masalah apa tak pernah ada yang tahu pastinya. Namun konon dalam cerita, Maggie berlari dan terjun ke bawah dengan sekeranjang telur di tangannya. Mungkin saja ia dianggap pencuri telur, atau hendak menyelamatkan telurnya dari penyitaan oleh tentara-tentara itu.

New Castle, Kota dengan Sejarah Janda Janda

Penamaan tempat di New Castle sesuai dengan sumbersumber cerita yang terjadi pada waktu itu. Seperti The Brandy Pad, sebuah tempat yang sangat populer di daerah pegunungan. Nama yang diberikan merupakan penggambaran bahwa dahulu tempat ini merupakan pusat penyelundupan brandy di daerah ini. Kemudian bukit Bogey yang berada di daerah selatan kota ini juga memiliki kisahnya sendiri. Nama tempat itu diambil dari kereta pengangkut batu granit gunung Mourne menuju pelabuhan.

Kota ini juga tercatat dalam sejarah awal penerbangan. Di tahun 1910 Harry Ferguson memenangkan uang 100 pound dalam sebuah lomba tantangan penerbangan. Kota ini membuat tantangan bagi para pilot yang mampu menerbangkan pesawatnya sepanjang garis pantai. Meskipun kala itu ia lepas landas dengan sangat buruk, namun sejarah mencatat bahwa Ferguson mampu terbang dengan baik. Ia mampu mengarungi garis pantai sejauh tiga mil dengan ketinggian rata-rata antara 50 hingga 500 kaki.

Tempat-tempat menarik di kota ini terbentang mulai dari pegunungan, pantai yang indah hingga klub golf yang terkenal, Royal County own Golf Club –tempat diselenggarakannya Walker Cup 2007. New Castle yang berada dalam distrik Down ini memiliki pemandang gunung Mourne yang terletak di sebelah selatan. Di Mourne itu terdapat taman nasional Tollymore dan Donard. Sedangkan sungai Shimma yang mengalir dengan anggunnya melintasi taman nasional Tollymore yang bermuara hingga ke pantai di New Castle. Kemudian diantara New Castle dan kota Dundrum terdapat waduk Murlough yang menjadi sumber air bagi kota-kota di distrik Down.

Sedangkan aliran St. Patrick menjadi tempat sejarah yang menjadi tujuan wisata ke kota ini. Aliran St. Patrick yang berada di gunung Mourne diyakini menjadi situs dimana Santo Patrick memusnahkan ular-ular di Irlandia. Meskipun hal itu masih menjadi perdebatan. Namun yang diyakini oleh para ahli sejarah, bahwa disinilah Santo Patrick untuk pertama kalinya mendarat di Irlandia dan menuju ke gunung Mourne. Di tempat inilah kemudian Santo Patrick membaptis penduduk lokal menjadi kristiani. Konon kabarnya ada batu di aliran ini yang membekaskan tangannya sewaktu ia bersandar untuk mengambil air penghilang dahaganya. Aliran ini juga sebagai penanda batas bagi kerajaan Mourne.

New Castle, Kota dengan Sejarah Janda Janda

Selain aliran St.Patrick, pelabuhan New Castle merupakan tempat bersejarah pula. Pelabuhan ini dibangun atas perintah Lord Annesley. Pelabuhan New Castle bukan sembarangan pelabuhan tempat bersandarnya kapal saja. Melainkan sebagai pelabuhan untuk mengekspor batu granit Mourne yang dikenal memiliki kwalitas yang baik. Batu granit Mourne dipakai untuk jalan raya seperti di New York dan London. Bahkan dasar untuk tugu peringatan 9/11 di kota New York diekspor dari Mourne.

Kemudian Bloody Bridge atau jembatan darah, sesuai dengan namanya menurut cerita tempat terjadinya pertempuran sengit. Namun penamaannya sendiri masih menjadi perdebatan. Konon di tahun 1641 berawal dari jembatan terjadi pemberontakan. Di sekitar jembatan ini terdapat reruntuhan gereja kuno yang menjadikan pemandangan di seputarannya layaknya lukisan abad pertengahan.

Selain jembatan ini Brandy Pada menjadi tujuan wisata terfavorit bagi para wistawan yang datang ke kota ini. Brandy Pad sendiri adalah jalur yang dahulunya dipakai untuk melakukan penyelundupan brandy ke Hilltown. Tentunya selain tempat-tempat itu yang harus dikunjungi adalah Widows Row. Kompleks cottage yang dibangun oleh warga untuk jandajanda yang ditinggal mati oleh suami mereka dalam peristiwa tragis di tahun 1843 itu. Juga Armours Hole yang merupakan tebing terpencil tempat dimana seorang pria bernama Armours membunuh ayahnya sendiri. Lalu Route 66 Automobile Museum yang merupakan musium otomotif New Castle. Salah satu mobil yang dipajang disini adalah mobil Knightrider dari serial televisi ‘Knightrider’.

New Castle memang menjadi salah satu tujuan utama turisme di Irlandia Utara. Kota ini pernah dianugerahi Civic Trust Award dari pemerintah karena memberikan pelayanan yang baik bagi tamu tamunya. Bahkan untuk tahun tahun belakangan ini festival Haloween paling besar selalu digelar disini dengan gelaran karnaval yang heboh. Festival itu bermandikan kembang api yang menarik dan kompetisi fesyen yang luar biasa meriahnya.

New Castle, Kota dengan Sejarah Janda Janda

Sayangnya karena lokasi New Castle tertutupi oleh gunung Mourne. Membuat penduduknya tak bisa menikmati siaran televisi dari luar, bahkan dari Irlandia sekalipun. Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi, mereka bisa menonton siaran televisi dari saluran Five. Saluran ini bisa ditonton hanya melalui Sky Digital saja. Tentunya penduduk lokal tak cuma-cuma menonton siaran televisi. Tarif yang diberlakukan memang mengikat para penontonnya. Sedangkan saluran internet dibalut dalam broadband berkecepatan 8MB.

Kota kecil ini merupakan bagian dari distrik Down yang memiliki banyak situs-situs bersejarah. Seperti Cloughmore atau batu besar, Goward Dolmen dan Legannany Dolmen yang merupakan peninggalan masa megalitik. Kemudian Lisnagade Fort yang merupakan tempat bentukan alam seperti benteng pertahanan yang terbentang sepanjang tiga mil dan tinggi enam meter. Lalu Loughbrickland Crannog sebuah pulau buatan yang digunakan oleh keluarga bangsawan Magennis pada abad 17. Lalu Kastil Dundrum, sebuah kastil Normandia.

Kemudian Ardglass Marina yang menjadi salah satu dari tiga pelabuhan terbesar di Irlandia Utara. Selain itu Bangor Marina juga merupakan pelabuhan terbesar di Irlandia Utara yang ada di distrik ini. Adapula Ballycopeland Windmill, dalam bahasa Irlandianya Muileann gaoithe Bhaile Choplainn, yang merupakan kincir angin bertingkat empat.

New Castle, Kota dengan Sejarah Janda Janda


Spoiler for Referensi:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Nice info nih gan...
Ane jadi pengen ke newcastle nih...
Memang salah satu negara yang paling ane pengen dan blm kesampean itu UK dan Ireland...

Gatau kenapa, tapi menurut ane mrk pny peradaban sejarah yang besar, jadi bakal seru aja kali berkunjung kesana, karna bakal banyak yang bisa dikulik dan dieksplorrr...

Apalagi dengan peradaban sejarah yang besar, disana banyak juga tuh urban legend yang menjadi mitos2 dan seru aja untuk dicari tau dan dikunjungi lokasinya...

emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
asyik banyak jande
Quote:


ane pengen banget deh ke negeri jandaa
sepertinya peradabannya unik dan berbeda dengan yang lain huhhuuhuhu..
bakal jadi bucketlist ane nih ke depan
dari historynya aja udah unik pasti disana ada sesuatu yang bisa dikupas lebih lanjut
terutama soal budaya sih yang menarik hehhe
pokoknya nggak sabar deh nanti harus kesaana gan
thanks gan-sis informasi dan thread nya, sangat bermanfaat dan memberi info bagi ane.. Dinanti thread-thread berikutnya lagi ya gan sis!!emoticon-Kolombia emoticon-Kolombia emoticon-Kolombia emoticon-Kolombia emoticon-Kolombia emoticon-Kolombia
Tempatnya kayanya menarik banget nih, bersih pula. Cuma kalo ada duit sih pengen sekali2 liburan ke england. Btw, makasih infonya TS emoticon-2 Jempol emoticon-Toast
WOW!
Kota janda?
Tadinya sebelum baca ane sempet heran wkwkw
Sampai dibilang kota JANDA hahaa
Tapi termyata emang banyak juga ya jandannya hehe
Secara history dan kebudayaan ane juga tertarik ke mari deh
Gas kan di 2020 dan jadikan bucketlist

Thanks gan sis,infonya bermanfaat banget!untung ane baca thread agan-agan ini hahaha
Makasih banyak yakkk!!
Mantap Infonya gan! Bener2 ngasih gambaran tentang ni kota newcastle. Tapi terkait cerita dan sejarah janda di sana seakan sejarahnya banyak gitu dan mitos yang mendukung. Meskipun kondisinya juga sekarang masih banyak cewe dibanding cowo tapi yang penting orang2 sana bahagia emoticon-Big Grin
sejarahnya terbentuk dari kisah janda-janda, kasian yahh..
yang laki laki siap jadi rebutan hahaha
cmiwwwwww!!
widihhhh, ini tempat bener-bener ane pengen berwisata dan travelling kesana.KOK KEREN BANGET sih ini tempat huaaaa, jadi beneran pengen kesana deh!!Suatu saat moga kesampaian kesana ya gan sis, hehehehe...Doakan ane berjelajah di tempat kece ini ya haha, tempatnya juga cukup instagramable banget. Biar jadi stok foto kece dehahaha...siapa yang pengen kesana juga? angkat tangan cobaaa
tetep pengen deh selife disana dengan background indahnya tempat ini, biar pada bilang uwowwwwoo habis liat foto ane wkwkwk
emoticon-excited emoticon-excited emoticon-excited emoticon-excited emoticon-excited emoticon-excited emoticon-excited


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di