alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Ini Meniranku Mana Meniranmu?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1a1f700577a94df874f919/ini-meniranku-mana-meniranmu

Ini Meniranku Mana Meniranmu?

Ini Meniranku Mana Meniranmu?


Ini Meniranku Mana Meniranmu?


Ini Meniranku Mana Meniranmu?
Ini Meniranku Mana Meniranmu?


Hai ... hai apa kabar Agan Sista semuanya di seluruh Nusantara, semoga tetap dalam keadaan sehat bahagia selamanya, jadi bisa mantengin Thread Ane. Kali ini Ane ingin mengenalkan makanan khas di Kampung Ane tepatnya Kampung Kasocikal.
Mungkin Agan Sista pada bingung ini makanan apaan, dari namanya aja udah unik bin menik-menik alias selamat menikmati.


Quote:


Ini Meniranku Mana Meniranmu?


Ini meniranku, mana meniranmu? Meniran adalah makanan yang dihidangkan pagi hari, tepatnya untuk sarapan, meniran terbuat dari beras yang kecil-kecil alias menir. Bukan Menir atau tuan di bahasa Belanda lho. Untuk apa membuat Meniran? Untuk mengganjal perut di pagi hari. Kalau belum sarapan nasi. Tingkat kekenyangannya hampir mirip bubur ayam. Sebenarnya makanan ini lebih dulu ada ketimbang energen yang katanya dapat menunda lapar. Meniran juga dapat menunda lapar Gan Sist, makanan ini sebenarnya hampir mirip dengan bubur, namun cara penyajiannya berbeda. Mungkin Gan Sist juga berpikir, mirip lontong, tapi nggak panjang, karena dibungkus dengan daun. Kemasan hampir mirip dengan jajanan tradisional seperti arem-arem. Kalau arem-arem hampir mirip lontong, Iya kan Gan Sist.


Berikut cara membuat meniran:

1. Ambil beras yang kecil-kecil alias menir, cuci bersih. Kalau nggak ada ya beras biasa. Pokoknya beras yang bisa dimasak

2. Siapkan daun pisang, kalau bisa daun pisang kepok atau pisang kluthuk, kalau nggak ada daun pisang rayap. Daun-daun pisang ini memang untuk mebungkus makanan supaya sedap.

4. Sediakan santan kelapa dari satu butir kelapa untuk beras sebanyak satu kilo.

5. Buat bubur dahulu beras tadi, setelah bubur masak, gantian buat isinya sambil menunggu bubur adem.

Untuk isi, masaklah nangka muda seperti membuat oseng-oseng, dengan bumbu-bumbu membuat oseng-oseng jangan lupa nangka muda dikukus dulu biar empuk

6. Setelah bubur dingin, barulah dieksekusi, ambil bubur diletakkan di atas daun, letakkan oseng nangka tadi di dalamnya, kemudian di semat pakai biting, kukus tunggu kurang lebih tiga puluh menit Gan Sist. Angkat dan tarra jadilah makanan pengganjal perut di pagi hari selain energen.
Untuk isi tidak harus oseng nangka muda, yang penting semua macam oseng-oseng. Boleh oseng tempe, tahu pokoknya oseng dah.

Bagaimana Gan Sist, mudah bukan cara membuatnya, Selamat mencoba
sumber Opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Meniran dulu
meniran bikin kenyang
meniran tuh semacam lemper gak sist?
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
Quote:


Kalau lemper di tempatku dari ketan, kalau meniran dari beras biasa
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Di tempatku kok gak ada meniran ya? πŸ€”πŸ€”πŸ€”

Pejwan diamankan emoticon-Hansip
Quote:


Oh itu, klo ditempat ane namanya buras πŸ˜…
kirain menir yg idung mancung rambut pirang yg kalo ngomong ginih: en kowe para inlander jangan coba2 berontak ya! emoticon-Ngacir
Quote:


Burasa? Kalau burasa beda lagi
Quote:


Hehe udah dijelasin bukan yang itu nggak tahu dulu gimana nanya menir🀣🀣🀣
Daun pisang kepok bukannya malah bikin meniran jadi warnanya ijo?
Quote:


Enggak itu memang daun yang khusus buat bungkus makanan. Daun pisang kluthuk jg bagus
Quote:


Hehe ternyata daun pisang ngg semua bisa ya sis, br tw, kirain yg penting semua daun pisang
Quote:


Iya. Ada lho daun pisang yang buat bungkus makanan mateng mempengaruhi rasa
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Kemarin baru mepes terong, tp daunnya dikasih jadi kurang paham
Quote:


Wah enak tuh pepes terong. πŸ† apa yang hijau
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Ungu sis
jadi kangen eyang buyut kalo ngomongin meniran gan..
Quote:


Emang buyutnya biasa buat Gan
Lihat 1 balasan
Balasan post trifatoyah
iya gan kalo dikampung eyang buyut ane dulu masih banyak yang bikin makanan beginian.. semua jajanan itu organik.. makanya orang dulu umurnya panjang2..
Quote:


Ya betul gan. Tanpa bahan pengawet. Kalau buatnya tanek juga awet
profile-picture
slametgentho memberi reputasi


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di