alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Minum es selama menstruasi menyebabkan pembekuan darah, mitos atau fakta?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d180005a7276827337ad1ce/minum-es-selama-menstruasi-menyebabkan-pembekuan-darah-mitos-atau-fakta

Minum es selama menstruasi menyebabkan pembekuan darah, mitos atau fakta?

Minum es selama menstruasi menyebabkan pembekuan darah, mitos atau fakta?


Menstruasi adalah tanda bahwa tubuh wanita telah berkembang dan dapat mengandung. Setelah seorang wanita memasuki tahap menstruasi, setiap bulan ovarium akan melepaskan sel telur yang merupakan embrio pembuahan. Proses ini disebut ovulasi. Jika sperma memasuki rahim dan membuahi sel telur, kehamilan bisa terjadi.

Pada saat yang sama, perubahan hormon dalam tubuh juga mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Jika sel telur tidak dibuahi, sel telur dan dinding rahim akan membusuk dan meninggalkan tubuh. Kondisi ini kemudian disebut menstruasi.

Saat ini, dengan kemudahan informasi dan penyebaran Internet di ujung jari Anda, Anda dapat dengan mudah menemukan banyak informasi tentang menstruasi. Namun, di antara semua saran yang bermanfaat, ada juga beberapa berita yang menyesatkan.

Minum Es Mengakibatkan Darah Membeku Ketika Haid?

Menstruasi adalah proses dekomposisi dinding rahim yang kaya akan pembuluh darah. Ada banyak faktor yang membuat proses menstruasi lebih lancar atau, di sisi lain, terganggu. Salah satu asumsi yang beredar di masyarakat adalah anggapan bahwa minum es dapat menyebabkan darah membeku saat menstruasi. Apakah ini dugaan?

Tetapi ternyata gagasan bahwa minum es selama menstruasi dapat mengganggu menstruasi karena menyebabkan pembekuan darah adalah mitos. Siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

Keseimbangan kedua hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Minuman dingin tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi, yang memfasilitasi dan menghambat menstruasi.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya: Darah Haid Sedikit Apakah Normal? Temukan Jawabannya Disini

Beberapa orang juga mengatakan bahwa air dingin dapat menyebabkan kram menjadi lebih parah. Meski sejauh ini, belum ada dasar ilmiah untuk masalah ini. Jadi, sepertinya segelas jus dingin atau segelas air menyegarkan cukup aman untuk Anda, bahkan jika itu dalam periode menstruasi Anda.

Tubuh manusia memiliki mekanisme untuk mengatur suhu internal tubuh. Minum air es tidak mudah mengubah suhu tubuh.

Ketika seseorang minum air es, suhu minuman akan berubah ketika minuman memasuki perut. Organ lambung akan mengatur suhu makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini menyebabkan Anda minum air dingin yang tidak dapat memengaruhi pembekuan darah karena suhunya telah menyesuaikan ketika memasuki lambung.

Minuman yang Perlu Dihindari Selama Menstruasi

Meskipun minuman dingin tidak mempengaruhi menstruasi Anda, ada sejumlah minuman yang harus Anda hindari selama periode menstruasi Anda. Misalnya, konsumsi alkohol secara berlebihan dapat memengaruhi jadwal menstruasi Anda.

Bagi Anda yang juga menderita kelainan seperti asam lambung, hindari minuman yang bisa membuat keluhan asam lambung bertambah parah. Beberapa minuman yang bisa memperparah keluhan asam lambung adalah minuman cokelat.

Kopi hitam, teh, dan minuman ringan. Tentu saja, Anda tidak ingin kram perut selama menstruasi, tetapi juga memperburuk keluhan perut kembung dan mual karena kambuhnya gangguan asam lambung Anda.

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin minum es saat menstruasi. Minuman dingin tidak mempengaruhi siklus menstruasi, apalagi menyebabkan pembekuan darah Namun, yang terpenting jangan lupa untuk memperhatikan jenis minuman yang Anda minum, agar tidak memiliki efek negatif pada kesehatan Anda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, Terima kasih.
Kalau tertarik jangan lupa cendolnya yah emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Mitos sih . Pertamax
Makan es aja, mitos kok
temen ane kalo pas mens katanya langsung keganggu gt mensnya...tp emang lebih baik ngehindarin es sih ya sis
ternyata mitos minum es
Kalo ane memang gak doyan minum air es, soalnya gigi ane sensitif sih. Ada yang aneh bagi ane, bukan soal minum air es. Kalo ane sementara dateng bulan terus tanpa sengaja minum air kelapa muda, ujung2nya darah haid ane gak keluar2. Kayak langsung stop dateng bulan gitu sih.
Sejak tau begitu, ane pantangin minum air kelapa saat bulan ane dateng.
selama ini percaya kalo minum es ga boleh pas lagi menstruasi. alhamdulillah skrg udah tau jawabannya
Akhirnyaa, dapat informasi secara santifik dan membuktikan kalo ternyata itu nggak benar ya. Padahal dari jaman awal haid dulu selalu dilarang2 minum es, dan kurang ada niatan untuk cari informasi lebih lanjut, terlebih lagi udah itu aja yang didenger kita setiap hari, jadi terpatri sebagai kebenaran deh. terima kasih infonyaaa!
Emang perlu tau sih mana yg mitos dan fakta. Karna tak jarang orang percaya terhadap sebuah mitos, dan tak jarang juga orang mengabaikan fakta karna ketidaktahuannya. Jadi menurut ane emg perlu pemahaman mana yg fakta mana yg mitos


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di