alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[HOAKS] Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d107241a2d19520816a373b/hoaks-tarif-dasar-listrik-naik-lagi-awal-juli-2019

[HOAKS] Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019

[HOAKS] Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019


Berita yang beredar adalah berita tahun 2017 yang dimuat oleh situs Republika. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menegaskan bahwa kabar yang mengatakan ada kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) adalah hoaks.

Quote:


Beredar artikel dari situs klikshare.info dan binpers.com yang diberi judul “Awal Juli Tarif Dasar Listrik Kembali Naik?” dan “Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019”

Di facebook (public post) juga banyak akun-akun yang membagikan artikel berita dari situs republika.co.id yang berjudul “Awal Juli Tarif Dasar Listrik Kembali Naik”

Sumber :
1. https://www.klikshare.info/2019/06/a...k-kembali.html

2. https://binpers.com/2019/06/19/tarif...awal-juli-2019

3. https://www.facebook.com/search/top/...epa=SEARCH_BOX

[HOAKS] Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019
[HOAKS] Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019


PENJELASAN
Sebelumnya, bantahan terkait isu kenaikan TDL ini sendiri sudah dimuat di turnbackhoax.id dan grup FAFHH.

Kabar ini telah dibantah oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

“Enggak, enggak ada itu (Kenaikan tarif dasar listrik). Saya nggak pernah tahu sih (Isu kenaikan TDL),” ujar Jonan, Rabu (19/6).

Mantan Menteri Perhubungan itu juga menegaskan bahwa kabar yang mengatakan ada kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) adalah hoaks. “Saya enggak pernah naikkan tarif, enggak ada kenaikan kok,” katanya.

Jonan pun mengaku tak akan mengambil langkah hukum perihal penyebar hoaks terkait kenaikan tarif dasar listrik di medsos. “Enggak tahu dia dapat dari mana. Enggak ada kok (langkah hukum). Enggak ada, ya pokoknya nggak ada,” imbuhnya.

Sementara itu, hasil penelusuran terhadap artikel yang beredar tersebut membuktikan artikel yang beredar baru-baru ini ternyata adalah artikel berita yang sudah dimuat oleh situs republika.co.id yang sudah terbit sejak Selasa 13 Juni 2017.

Di artikel yang beredar sebenarnya sudah jelas tertulis “Tarif Dasar Listrik (TDL) kembali mengalami kenaikan per 1 Juli 2017”

Lalu apa counter untuk menangani isu yang keliru ini? Berikut counter article-nya:

Quote:




SEBARKAN INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hansiphoax
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
syukurlah klo hoaks
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Udah selesai pemilu juga masih ada hoax gini?
Lacak dong yg nebar, tangkapemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan davidcormac memberi reputasi
My, I hope the people whose lifeblood depends on producing these lies don't consider themselves the God-given champions of morality and righteousness.

The level of irony present in that would be enough to fatally poison whole countries.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Fadli Zon masih suka nunggak listrik gak?

[HOAKS] Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
antara penyesuaian dan kenaikan TDL aja ga ngerti itu nasbung.
digoreng buat menyudutkan petahana.
opisisi perlu ada untuk kritisi petaha tapi ga gini juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Ga naik lagi. Tapi selama masa ini udah naik berapa kali? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Dan teman ane yg pendukung prabowo ada yang percaya
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan davidcormac memberi reputasi
Balasan post youdoyouknow
Masih pake yg model lama ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Hoax aja banyak yang percaya, apalagi fitnah dajjal emoticon-Leh Uga
Sini Mampir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
kampret klo gak ngehoax gak dapat nasi bungkus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Kampret tolol 🦇
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Masih aja ada yg tebar hoax, bikin resah masyarakat
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
hahaha in
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
gan hoax dari mana , demi apa itu token rumah ane jadi makin boros padahal ane ga ada nambah elektronik apapun dan ga ada nambah jam pemakaian apapun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
naik terus juga gapapa kan ekonomi meroket emoticon-Leh Uga emoticon-Frown
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
entah bener apa hoaks, yang jelas di rumah ane bulan ini token listrik lebih ceppet abis gan emoticon-Hammer2

Biasanya sebulan cukup Rp.200.000, tapi bulan kemaren sampe Rp.300.000 padahal ane hampir sellau tinggalin laptop di kantor, mama ane juga cuma kalau ada kerjaan bawa pulang laptop. Sisanya penggunaan sehari-hari biasa aja. Apa ngaruh gara2 ade ane suka ketiduran sambil tv kamar - laptop nyala? emoticon-Bingung

sedih dah, mayan 100rb buat beli kuota emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Naekin terus aja jg gpp, tinggal ganti pake genset susah amat emoticon-Traveller
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi

Nih Hoax Terbusuk Sepanjang Sejarah RI

[HOAKS] Tarif Dasar Listrik Naik Lagi Awal Juli 2019
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
lamsiadisibukan lam sia dirumah
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
klo sampe naik, rakya menjerit lagi...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di