alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pro-Kontra: Menerima Eks ISIS Pulang ke Indonesia, Setuju atau Tidak
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0901c84601cf18c5145b7f/pro-kontra-menerima-eks-isis-pulang-ke-indonesia-setuju-atau-tidak

Pro-Kontra: Menerima Eks ISIS Pulang ke Indonesia, Setuju atau Tidak

Pro-Kontra: Menerima Eks ISIS Pulang ke Indonesia, Setuju atau Tidak

Jakarta - ISIS telah digempur, banyak anggotanya kemudian lari tunggang langgang lintang pukang. Sebagian yang selamat kemudian ingin kembali ke tanah kelahirannya, termasuk yang dulu lahir di Indonesia. Apakah Anda mau menerima pulangnya mantan ISIS?

Sebagaimana diberitakan detikcom pada akhir 2018 lalu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyebut ada 700 orang pejuang ISIS yang berasal dari Indonesia. Ratusan orang itu telah ikut bertempur di Suriah dan Irak.

"Berdasarkan data intelijen, ada sekitar 31.500 pejuang ISIS asing yang bergabung di Suriah dan Irak. Dari jumlah tersebut, 800 berasal dari Asia Tenggara serta 700 dari Indonesia," kata Ryamizard di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 8 November 2018 lalu.

Sebagian orang Indonesia ditemukan di antara ribuan petempur asing ISIS. Di antara mereka terdapat puluhan anak dan perempuan, yang saat ini berada di kamp pengungsi di Al-Hol, Suriah timur. Dirangkum detikcom, mereka ini adalah pelarian dari wilayah Baghouz, kantong terakhir ISIS yang telah disikat Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dari Suku Kurdi. Ada perempuan asal Bandung di antara kerumunan orang-orang ISIS yang mencari keselamatan itu, namanya Maryam.

"Saya dengan empat anak dan keluar dari Baghuz...kami ingin pulang ke negara asal kami, ke Indonesia," kata Maryam di Al Hol dalam rekaman video yang dibuat wartawan lepas bernama Afshin Ismaeli.

Pusat Media Damai (PMD) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga mengunggah video pada 11 September 2017 silam, isinya adalah pernyataan orang-orang Indonesia yang menyesal telah bergabung dengan organisasi terlaknat itu.


Saat itu 18 WNI telah pulang ke Tanah Air ini. Salah satu perempuan eks ISIS dalam video itu, namanya Difansa, merasakan hidup di bawah naungan ISIS benar-benar berat karena masyarakatnya rusak. Dia mengimbau masyarakat yang tak pernah tersentuh atau tak sempat masuk ISIS untuk bersyukur. Dia menyesal pernah bergabung dengan ISIS.

"Luar biasa, Mbak, penyesalannya. Tapi kita tidak bisa mengembalikan waktu ya. Kalau bisa dikembalikan waktu," kata Difansa, salah satu perempuan eks ISIS di video ini.


Isu soal penerimaan Indonesia terhadap para mantan ISIS ini masih saja mengisi pikiran. Esais Iqbal Aji Daryono misalnya, memberikan analogi bahwa mantan ISIS ini sama saja dengan seorang perempuan yang berpisah dengan suaminya karena terpikat lelaki lain. Perempuan tersebut kemudian menyadari kesalahannya, karena lelaki yang telah memikatnya itu tak secemerlang harapannya. Dia ingin kembali ke mantan suami. Iqbal menolak mantan ISIS. Bagaimana dengan Anda?


https://m.detik.com/news/pro-kontra/...uju-atau-tidak

Menurut gw mending ditolak aja, secara udah pada gede dan udah pada bisa mikir dan mengambil keputusan sendiri, udah pilih jadi isis ya jalanin aja gih, harus berani tanggung risikonya. Ntar diterima balik malah bikin masalah di indo kan berabe.


emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 16
Ntar makin banyak pula pengikut demo angka cantik disini

emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akazu11 dan 16 lainnya memberi reputasi
Langsung dijadiin rumpon !


emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Langsung dipateni aja beserta keturunannya


emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 6 lainnya memberi reputasi
halah parasit, biarin mati di sana ajah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akazu11 dan 10 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kaga perlulah nanti malah kasus ham lagi.
Mendingan kaga usah terima sama sekali.
Terserah sama dia mau ngapain ? Yg penting kaga bole pul ke indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 8 lainnya memberi reputasi
Sama aja melihara bom waktu yang suatu saat akan meledak. Udah sih, apa salahnya cabut kewarganegaraan mereka, toh masih banyak rakyat indonesia yang punya rasa patriot drpd mereka.

--

O iya, jangan lupa cabut juga kewarganegaraan yg lagi ngumpet di arab sana emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akazu11 dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Laiposee
Ga setuju. Suruh balik ke sana aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 6 lainnya memberi reputasi
Ngapain minta pulang ... Nikmati hidupnu disana itu kan spt ajaran yang kalian impikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Untuk urusan ini, jangan liat hamburger, gak pantes emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 11 lainnya memberi reputasi
Tolak...itu adalah suatu ketegasan yg mutlak, mereka berani bakar paspor...berarti berani keluar dr NKRI..lagian di tampung malah ngebebanin negara...gw bayar pajak bukan buat ngempanin manusia sampah...emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ChristmanToding dan 21 lainnya memberi reputasi
jangan kasih pulang

biarin aja sono di suriah..
mau ngapain keq .. terserah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 5 lainnya memberi reputasi
tolak aja jd WNI

ngerepotin aja ntar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
balikin aja mereka kesana...

secara mereka dateng ke negara orang terus ngacak2 kehidupan warga sana...biarin warga sana yg menghukum mereka, kemungkin bakalan dihukum mati sih sama orang sana emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 9 lainnya memberi reputasi
NO... NO..NOOOOO.. !!!!!!!


Bakal jd masalah didepan hari..

Ga tau kita kondisi mereka disana, bisa2 aja udah di cuci otaknya..

Lebih baik dibiarin mampus aja udah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
GA USAH DIKASIH MASUK SINI LAGI

MASIH BELOM CUKUP BANYAK MASALAH D SINI?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Cabut kewarganegaraannya

terus mau ngapain terserah, karepmu dah

kayak eek onta yang ngibrit ke arab onoh emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ya tolak aja. Ts bener, mrk udah gede wkt bikin keputusan yg seharusnya sudah diperhitungkan scr matang wkt bakar kewarganegaraan indonesia dulu.
Lagian ini taktik lanjutan isis buat membusukkan dr dalam dg alasan kemanusiaan.
Dan tambahan, disini aja udah over populated...jd anggap aja ini cara pengurangan jml penduduk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh suralia
NO WAY
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 3 lainnya memberi reputasi
Setuju banget kalo para antek isis dibuang aja dari NKRI. Tapi jgn cuma mereka. Para monyet opm yg membantai dan ingin pisah dr NKRI juga harus dibuang ke PNG.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan vegasigitp memberi reputasi
Diubah oleh novembermann
Halaman 1 dari 16


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di