alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d08a2042f568d638505225d/siapa-sih-kaws-dan-kenapa-karyanya-begitu-fenomenal

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?


Sebuah brand perusahaan asal Jepang, Uniqlo baru saja merilis koleksi terbarunya yang berkolaborasi dengan Kaws. Kolaborasi Uniqlo x KAWS ini langsung ludes dalam waktu kurang dari dua jam setelah resmi rilis. Padahal antriannya udah panjang dan bahkan ada yang rela mengantri dari pagi. Hmmm, sebenarnya siapa sih KAWS, dan kenapa orang-orang bisa begitu tergila-gila dengan karyanya?

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

KAWS merupakan seniman jalanan yang dikenal karena sering membuat gambar plesetan dari tokoh-tokoh kartun ternama. Sebenarnya KAWS sendiri merupakan sebuah alias dari seorang seniman bernama Brian Donnelly yang berasal dari New Jersey.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Brian Donnelly sendiri awalnya merupakan seorang seniman jalanan, yang memiliki perjalanan awal karirnya pada tahun 1990-an. Pria yang hobi bermain skateboard di lorong-lorong kereta ini dulunya rutin naik kereta menuju Manhattan untuk mencari tempat menarik bermain skateboard. Dari kota ini lah ia sering melihat tembok bangunan yang dihiasi oleh grafiti.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Coretan yang ada pada tembok bangunan di kota Manhattan tersebut kemudian menginspirasi Donnelly untuk membuat karya serupa. Namun ia nggak ingin menggunakan cara yang sama alias mencoret tembok, melainkan membawa dan memodifikasi papan reklame atau poster yang menempel tersebut.

Pria ini mengawali aksinya pada malam hari. Donnelly mencopot semua poster, membawa pulang dan mencoret-coretnya kembali di rumah. Ia kemudian menempelkannya kembali pada tempat semula dan memotretnya. Rutinitas tersebut terus dilakukannya hingga akhir tahun 1990-an.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Donnelly kemudian pergi ke Jepang karena tertarik dengan kultur anak muda di sana. Di Jepang, ia bertemu dengan sekumpulan anak muda kreatif yang memiliki usaha mainan dan toko busana. Mereka pun meminta Donnelly untuk membuat desain mainan. Yang paling khas dari coretan Donnelly adalah, ia lebih memilih untuk memodifikasi sosok yang ada daripada membuat figur baru. Misalnya aja sosok Mickey Mouse yang ia modifikasi. Figur yang diciptakan oleh Donnelly ini kemudian diberi nama Companion. Figur Mickey hasil modifikasi Donnelly ini memiliki karakter yang khas, yakni dengan gambar mata berbentuk huruf X dan telinga yang berupa deretan gelembung.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Singkat cerita, sosok Companion ini kemudian menjadi barang incaran anak muda kolektor action figure dan para pecinta street art juga street wear.

Sekembalinya ia di Amerika, Donnelly pun nggak melakukan aktivitasnya sebagai seniman jalanan yang “illegal” lagi. Ia sudah menjadi seniman muda dengan karya nyeleneh yang diincar oleh oleh orang-orang. Publik pun kemudian mengenalnya dengan nama KAWS, yaitu nama panggung yang ia susun dari abjad favoritnya.

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Kepopuleran KAWS semakin menjadi saat lukisan karyanya mulai masuk ke galeri dan barang lelang seni di Amerika Serikat dan Asia. Pada saat itu, atau tepatnya pada awal 2000-an, street art memang sedang naik daun. Nggak sedikit orang yang mau menghabiskan uang belasan juta dollar untuk membeli karya Donnelly yang bermula dari hal yang terkesan banal ini.

Popularitas KAWS membuatnya dilirik oleh para pengusaha ritail kelas atas yang sedang berupaya menjangkau pasar anak muda. Donnelly pun sempat berkolaborasi dengan beberapa brand ternama. Sejauh ini kolaborasi KAWS yang paling fenomenal adalah dengan A Bathing Ape, Supreme, Dior, Nike Air Jordan, dan Uniqlo. Masih banyak lagi Gan kolaborasi lainnya!

Siapa sih KAWS dan Kenapa Karyanya Begitu Fenomenal?

Jadi begitulah Gan, penggemar dan penikmat streetwear dan street art mungkin memang sangat menunjukkan kecintaan dengan karya KAWS ini. Nggak bisa dipungkiri sih kalau mereka memang benar-benar suka dengan karyanya, pasti ada kebanggaan tersendiri kalau bisa mendapatkan karya buatan KAWS. Ya nggak apa sih, menurut ane sih yang salah itu kalau kita cuma pura-pura ngerti dan pura-pura suka aja dan nggak tulus dari hati hanya demi sebuah gengsi. 

 

Tul nggak?




profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.kubis dan 12 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
oh gitu, pantesan kemarenan tmn ane pada nawarin jastip2 emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh aldo12
Di Gandaria City ada nih salah 1 statue karya kaws di pajang emoticon-Big Grin
profile-picture
Blind Sniper memberi reputasi
Lihat 2 balasan
hmm, siapa tuh?
Diubah oleh domitiano
baru denger sih ane
Jadi inget lagu dangdutnya lilis karlina..

SIAPA KAWS.. KAWS.. KAWS... KAWS... emoticon-Hammer2
wah kreatif banget emoticon-2 Jempol
Oh pantesan
mickey mouse di modif jadi pennywise
cuma hype doang bray KAWS secara karya emang bagus, tp gara2 kena HYPEBEAST lalu keliatan overated,

mayoritas ngeh KAWS karna label HYPE,Limited,dan punya nilai jual bagus

klo udah ada 3 label td di jamin deh bakal ada berita kek antrian panjang sampe rusuh~
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
apa cuma ane yg ga ngerti KAWS...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Seniman yg coret2 di tembok Manhattan memang bedaemoticon-Matabelo
Jangan bandingin dengan wkwk land, main coret tembok asal2anemoticon-Blue Guy Bata (L)
Tembok orang dicoret2emoticon-Hammer (S)
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Hati2 nyebutin KAWS ketika bergaul dgn Ci-MEDAN, disangka bilangin anjing
keren sih kalo diliat

cuma kalo ane kurang tertarik ama barang yg overprice (harga jauh melebihi kualitas, material atau teknologinya)
iye ni keren dia...sampe terakhir dia bikin seni dengan karakternya dis yg ukuran jumbo floating di pelabuhannya hongkong ya kalo ga salah
Jadi design kaos bagus juga ternyata emoticon-Ngakak
Lagi musimnya Colab2 ya gan, biasanya produk colab gini harganya selangit nih
Ane udah tau dari lama sih gan ini sebenarnya tapi entah mengapa baru hypenya baru2 iniemoticon-Wow
profile-picture
dimanaajaboleh memberi reputasi
udah tau lama..

eh baru terkenal di kaskus skrg..

Amejing lah inimah
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di