alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bahaya Transmisi Otomatis Bagi Orang Awam ! Pengguna Mobil Matic Wajib Paham !
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0856d0facb9525a670bd71/bahaya-transmisi-otomatis-bagi-orang-awam--pengguna-mobil-matic-wajib-paham

Bahaya Transmisi Otomatis Bagi Orang Awam ! Pengguna Mobil Matic Wajib Paham !

Seiring dengan berjalannya teknologi di bidang otomotif para pengguna justru ‘dimanjakan’ dengan berbagai fitur yang ada di kendaraanya. Dahulu mobil dengan transmisi otomatis (matic) sangat jarang diproduksi oleh produsen mobil, sangat berbeda dengan saat ini dimana hampir seluruh mobil yang diproduksi dan diperjualbelikan menggunakan transmisi ini. Tetapi dibalik semua kenyamanan yang ditawarkan oleh para produsen mobil, tersimpan malapetaka sesungguhnya untuk orang-orang yang tidak mengerti bagaimana cara menggunakan mobil matic dengan baik dan benar. Akibatnya kecelakaan tidak dapat dihindari dan harus merenggut nyawa seseorang, oleh karena itu beberapa tips dan trick di bawah mungkin bisa jadi penyelamat Sahabat di setiap berkendara.

Bahaya Transmisi Otomatis Bagi Orang Awam ! Pengguna Mobil Matic Wajib Paham !

Yang tertanam di benak kita dari zaman dulu hingga sekarang ketika akan menggunakan mobil adalah memanaskan mesin terlebih dahulu. Bedanya, kendaraan-kendaraan zaman dulu yang masih menggunakan sistem pengoperasian transmisi manual mengharuskan penggunanya untuk memposisikan tuas transmisi di posisi N (Netral) agar ketika mobil akan dinyalakan tidak loncat. Berbeda dengan mobil matic sekarang, posisi N (Netral) dipergunakan ketika Sahabat ingin berhenti sejenak di kondisi jalanan yang macet hingga mengharuskan berhenti dan tentunya dibantu oleh rem tangan sehingga tidak perlu menginjak dan melepas pedal rem secara terus menerus.

Saat akan menghidupkan mesin mobil bertransmisi matic, selalu pastikan tuas transmisi dalam posisi P (Park), kalau tidak mobil tidak akan mau menyala. Jika sudah memastikan tuas transmisi di posisi tersebut, injak pedal rem lalu tekan tombol untuk menyalakan atau putar kunci (sesuai dengan fitur yang terdapat di mobil).

Perlu diingat bahwa, pengaplikasian sistem kerja transmisi otomatis hampir serupa dengan kerja mesin. Dari berbagai macam bentuk sistem transmisi otomatis, percepatan dan pemindahan yang otomatis, belum terjadi secara sempurna jika suhu belum mencapai suhu yang optimal. Jadi, jika kita memaksakan mobil matic untuk berjalan secara langsung tanpa dipanaskan terlebih dahulu, akan berujung dengan pendeknya usia transmisi otomatis dan tentunya mesin mobil itu sendiri.

Baca juga: Kenali gejalanya, ini ciri awal kerusakan mobil matic

Jika mesin sudah dirasa mencapai suhu optimal dan siap untuk digunakan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah berkendara. Untuk memulai berkendara pindahkan mode transmisi otomatis dari P (Park) ke D (Drive). Jangan pernah secara langsung memindahkan tuas transmisi dari posisi P (Park) ke D (Drive) tanpa menginjak pedal rem, karena sistem pengereman membantu proses perpindahan gigi yang lebih halus untuk menghindari kerusakan fatal pada transmisi otomatis.

Perlu diingat kembali, sistem transmisi otomatis terdiri dari mode P (Park) yang digunakan ketika mobil dalam keadaan berhenti total, mode R (Reverse) atau mundur yang digunakan ketika mobil akan bergerak mundur, mode D, D3, D2, D1 (Drive) digunakan di kondisi jalan seperti biasa sesuai dengan kebutuhan, namun disarankan untuk menggunakan mode D/D3 saja. Untuk mode L(Low)/D1 dipergunakan ketika kendaraan menghadapi kondisi jalanan yang cukup menanjak dan menurun.

Bahaya Transmisi Otomatis Bagi Orang Awam ! Pengguna Mobil Matic Wajib Paham !

Kemudahan mobil matic dalam kondisi jalan macet tergolong sangat mudah dan sederhana ketimbang dengan mobil manual, namun langkah-langkah seperti mengubah posisi transmisi baik dari P ke R maupun D3 ke D2 dan seterusnya, harus berbarengan dengan menginjak pedal rem agar transmisi otomatis tidak cepat aus.

Bahaya Transmisi Otomatis Bagi Orang Awam ! Pengguna Mobil Matic Wajib Paham !

Berkendara melibas tanjakan maupun turunan bukan sekedar hal yang mudah sebenarnya, justru disitulah tingkat kecelakaan cukup tinggi. Mungkin banyak Sahabat yang mengatakan bahwa dengan mobil bertransmisi otomatis kita hanya perlu menginjak gas dan rem saja untuk mengemudikannya, namun ada trik yang perlu dipelajari ketika melibas jalanan menurun. Jalanan menurun membuat mobil kita memiliki percepatan yang lebih besar ketimbang dengan menanjak, oleh karena itu Sahabat wajib melakukan pengereman berkala untuk mengurangi akselerasi percepatan ditambah dengan posisi transmisi L(Low) agar mobil dapat terkendali dengan baik di turunan. Jika tidak, mobil akan melaju semakin cepat dan transmisi akan memerintahkan gigi berpindah terus ke gigi yang lebih tinggi sesuai kecepatan kendaraan.

Sumber: Garasi.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh officialgarasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Jadi begitu ya sistem kerja matic di mobil. Nice info gan
profile-picture
Halahopo memberi reputasi
Diubah oleh santoso2009
Lihat 1 balasan
Balasan post santoso2009
Quote:


Semoga bermanfaat ya gan emoticon-Smilie
Setau saya, kalau di lampu merah paling aman pakai N, trus tarik rem tangan.
P hanya dipergunakan utk parkir dengan kondisi mati.
Utk memanaskan mesin paling oke di posisi N.
Lihat 4 balasan
Kalo D2 nya untuk kondisi jalan seperti apa gan??emoticon-Bingung
Lihat 2 balasan
Balasan post davecchio
Quote:


Wah makasih buat info tambahannya gan emoticon-Jempol
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Balasan post Purnagaluh
Quote:


Kalo setau ane si D2 itu buat jalan yang menanjak gan. Tapi mungkin suhu-suhu disini ada yang mau kasih penjelasan tambahan emoticon-Big Grin
Balasan post officialgarasi
Sama-sama gan...happy driving..
profile-picture
liee memberi reputasi
nah skg kan banyak tuh , d1-d3, perpindahan d1-d2 perlu injek atau embel2 sesuatu kah ?
Lihat 1 balasan
setau ane untuk memanaskan tuas diposisi N ini bertujuan pompa oli bekerja melumasi seluruh mesin, sebaliknya klo posisi P saat memanaskan pelumasan kurang optimal cmiiw
Quote:


kalo lagi jalan perpindahan d1,2,3 cukup tekan tombol samping tuas...
Lihat 1 balasan
Balasan post krishna194
Quote:


Jangan menggunakan rem terlalu dalam atau tidak sama sekali saat akan pindah dari posisi D ke D2 atau D1 gan. Agan cuma harus tekan tombol yang ada di tuas persneling untuk dapat memindahkan gigi. Tapi kalo disini ada suhu-suhu lain yang mau nambahin penjelasan ane monggo emoticon-Jempol
Balasan post hyu81
Quote:


Makasih gan buat penjelasannya emoticon-Jempol
Balasan post davecchio
Quote:


justru kalo pas berhenti di lampu merah, dimana merahnya ga sampai 1 menit lebih baik, injak rem dan jangan dipindah ke N dan tarik handbrake, ini juga untuk memperingan tingkat stress mesin, kecuali lampu merah mencapai 1 menit atau lebih maka dipertimbangkan pindah ke N dan handbrake
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Balasan post masdonat88
Lebih ke safety, gan. N, handbrake, feet of the pedals, bgitu training yg saya dapet waktu ngambil SIM di luar sana. Lagian ga semua lampu merah ada stopwatchnya hehehhee
Quote:


Iya sih, cuman emang disarankan bagi yg banyak jam terbangnya aja wkwkwk
Bagi para newbie sih mending manual aja dl bawa mobilnya, soalnya bawa matic tuh rasanya simple, tapi justru harus menguasai feel, jangan sampe capek trs salah injak gas pdhal harusnya rem emoticon-Toast
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Quote:


Ada pengaruhnya gak gan kalo brenti sesaat gitu pake mode P?
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post sat_nugroz
Kalau menurut saya, N + hand brake lebih aman, krn biasanya D itu deket dengan N. Kalau P biasanya melewati R lagi..
Kalau D tidak dianjurkan krn, kita harus menginjak rem, mesin juga masih terus berputar.
Permisi agan-agan, mohon maaf agak out of topic, tapi ane disini mau nawarin jasa ane buat bantu jual mobil agan-agan sekalian, prefer mobil Eropa (BMW, Mercy, Landy dsb). Dijamin aman bgt, saat ini orientasi kerja ane bukan uang, tp value dan trust dulu. Boleh bgt kepoin IGnya di @jktcartrader atau boleh langsung hubungi via WA di 0812-1353-5319 (JODI) Terimakaasih banyak gan!
Quote:


Iy juga ya gan, baru ngeh ane, kalo dari P psti lewatin R, kalo gk nyadar di gas mlah mundur tuh boil..emoticon-Ngakak
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post sat_nugroz
Hehhehe safe drive, gan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di