alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tim Prabowo Minta Restu MK Hadirkan Saksi Via Telekonferensi
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d06247bfac4485bae70c667/tim-prabowo-minta-restu-mk-hadirkan-saksi-via-telekonferensi

Tim Prabowo Minta Restu MK Hadirkan Saksi Via Telekonferensi

Tim Prabowo Minta Restu MK Hadirkan Saksi Via Telekonferensi

Jakarta, CNN Indonesia -- Tim kuasa hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga berencana menyurati Mahkamah Konstitusi (MK) untuk meminta restu keterlibatan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). 

Juru Bicara BPN Andre Rosiade menyatakan keterlibatan LPSK diperlukan untuk menjamin rasa aman bagi saksi dan ahli yang dihadirkan pasangan capres dan cawapres 02 untuk kepentingan pembuktian pada persidangan sengketa Pemilu 2019 di MK.

Lihat juga:

 Tim Prabowo akan Surati MK Soal Jaminan Perlindungan Saksi


Andre mengklaim saat ini setidaknya sudah ada 30 saksi yang bersedia membongkar bukti kecurangan Pilpres 2019. Namun mereka yang berasal dari sejumlah daerah di daerah pemilihan ini meminta jaminan keselamatan sebelum, saat, dan sesudah datang ke MK Jakarta untuk bersaksi. 

"Demi keselamatan saat memberikan keterangan nanti, saksi yang dihadirkan dapat menggunakan sejumlah metode LPSK. Misalnya bersaksi dari jarak jauh menggunakan teleconference, berbicara di ruangan bertirai hitam untuk menyamarkan lokasi saksi, hingga menyamarkan sejumlah informasi tentang saksi demi keselamatan pribadi," ujar Andre melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (16/6).

Jubir BPN Andre Rosiade. (CNN Indonesia/Hesti Rika)


Lihat juga:

 Mahfud Sebut Sengketa Pilpres Prabowo Belum Tentu Dikabulkan


Tak hanya bagi saksi yang akan memberikan keterangan dalam persidangan, kata Andre, Tim hukum Prabowo-Sandi juga mendorong agar LPSK turut melindungi dan menjamin keamanan seluruh hakim MK agar terlepas dari bentuk intervensi dan ancaman dalam memutuskan sengketa Pilpres 2019.


Ketua Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi Bambang Widjojanto sebelumnya telah mendatangi LPSK untuk meminta bantuan dan jaminan perlindungan terhadap saksi-saksi yang akan mereka hadirkan di persidangan.

Pasal 2 dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban menyatakan bahwa undang-Undang tersebut memberikan perlindungan pada saksi dan korban dalam semua tahap proses peradilan pidana dalam lingkungan peradilan. Sementara persidangan di MK bukan kategori peradilan pidana. Bambang berharap atas keterbatasan ini MK dapat memberikan terobosan hukum.

Lihat juga:

 Ramai-ramai Protes Dikutip Tim Prabowo dalam Sengketa Pilpres


LPSK sendiri menyatakan telah siap melindungi saksi yang dihadirkan dalam sidang PHPU Pilpres 2019 di MK. 

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan pihaknya dan MK telah meneken nota kesepakatan pada 6 Maret 2018 yang memberikan kewenangan LPSK untuk melindungi saksi yang sedang bersidang di lembaga peradilan konstitusi itu.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...telekonferensi


"Demi keselamatan saat memberikan keterangan nanti, saksi yang dihadirkan dapat menggunakan sejumlah metode LPSK. Misalnya bersaksi dari jarak jauh menggunakan teleconference, berbicara di ruangan bertirai hitam untuk menyamarkan lokasi saksi, hingga menyamarkan sejumlah informasi tentang saksi demi keselamatan pribadi," ujar Andre melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (16/6).


Bisakah seperti itu? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 18 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Gk Via Valen aja skalian emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Asal tetap bersedia disumpah diatas kitab suci aja sih minimal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
si jijik ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
Biar ga gelagapan dan bisa dibisikin ya emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 9 lainnya memberi reputasi
Wok lu tu niat menang apa kaga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 7 lainnya memberi reputasi
menjijikan...
Giring opini truzz!!..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 6 lainnya memberi reputasi
Tepu tepu. Apa rakyat Indonesia masih oon oon?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


klw teleconference dlakukan d PN setempat.... dsumpah n identitas jlas mkin msh bisa dpertimbangkan majelis....... klw pke tirai dll..... pendapat ane cman hahahaha

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 9 lainnya memberi reputasi
Biar bebas ngehoax tanpa bisa ditangkep itu mah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 15 lainnya memberi reputasi
Biar gak grogi kayak yg 2014 dulu ye emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 13 lainnya memberi reputasi
Maksutnya kayak yang ditipi2 gitu saksinya mukanya digelapin trus suaranya dirubah kek suara mencit kek kasus tahu formalin ato bakso tikus? Yg bener aja!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ANJIRRRRRRRR................................NGELAWAK LAGI!!!!!!



Padahal kenyataannya mereka TIDAK BISA MENGHADIRKAN SAKSI!!!!!


Jadi inget 11 Truk yang TIDAK JADI DATANG cuma gara-gara CAPEK, MEEEEEEEEH!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 7 lainnya memberi reputasi
prasaan ada kmaren2 kaskusers bilang nanti ada saksi yg akan telekonpres eh ternyata bener .....emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh simsol...
saksinya kirim lewat jne aja.. aman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
lebay najeezzz, kenapa ga via kartu pos aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
Saksinya Neno Warisman? Lha ngapain harus dirahasiakan? Atau udah kehabisan saksi, gara-gara ditangkepin polisi Karen nyebar Hoax?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
mata saksinya dikasi garis item
suaranya disamarin jd cempreng
namanya disamarkan jd mawar
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 5 lainnya memberi reputasi
si bibib mau bikin kesaksian kah?

wow aku tercengang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
Setelah dibuka tirai 1 isinya zonk emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 6 lainnya memberi reputasi
Sekarang yang ngetop mah Via Vallen, bukan Via telekonferensi. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di