alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[HOAKS] Kapolri Sebut TNI Akan Tunduk pada Hukum Kepolisian
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d02122ad439724baf023520/hoaks-kapolri-sebut-tni-akan-tunduk-pada-hukum-kepolisian

[HOAKS] Kapolri Sebut TNI Akan Tunduk pada Hukum Kepolisian

[HOAKS] Kapolri Sebut TNI Akan Tunduk pada Hukum Kepolisian

Sebuah pesan berisi informasi mengenai pernyataan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian yang mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Polri dan menyebut bahwa TNI akan tunduk pada hukum kepolisian beredar.

Pesan tersebut beredar secara berantai melalui grup percakapan di aplikasi percakapan WhatsApp dan media sosial Facebook pada Senin (10/6/2019).

Informasi ini dipastikan hoaks alias tidak benar. Klarifikasi mengenai hal ini disampaikan Polri melalui Kepala Biro Pelayanan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, pesan tersebut berisi konten dengan 8 poin yang disebutkan merupakan arahan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. Pesan ini juga diunggah oleh salah satu pengguna Facebook pada Rabu (12/6/2019).

Selain itu, dalam pesan yang beredar itu juga disebutkan arahan dari Kapolda dan Asisten Operasi (Asops) yang terdiri dari beberapa poin.

Pada poin pertama, disebutkan ucapan terima kasih dari Kapolri kepada jajaran polri yang telah berhasil memukul mundur massa pendukung pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selanjutnya, Kapolri meminta kepada jajaran polri untuk bersabar dan mengalah untuk mewujudkan kepentingan Democratic Policing.

Maksud dari istilah ini, TNI nantinya akan tunduk pada hukum kepolisian.
"C. Arahan Kapolri sbb:

1. Ucapan terimakasih untuk jajaran Polri di lap dlm KPU yang telah berhasil memukul mundur dan mendemoralisasi massa pro 02.

2. Agar semua jajaran Polri bersabar, kita mengalah untuk kepentingan yang lebih besar yaitu mewujudkan Democratic Policing *yang nantinya TNI akan tunduk pada hukum kepolisian. Untuk itu agar terus rangkul TNI.

3. Situasi umum secara umum baik tapi dengan catatan 2 kasus menonjol yaitu kerusuhan di Buton dan ledakan bom di Kartasura.

4. Kelola media dengan baik, berita yang menyudutkan Polri agar segera di-counter. Cari dan tindak penyebarnya.

5. Perbaikan layanan publik secara online.

6. Menekan terjadinya konflik sosial, aksi teroris, kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat.

7. Babinkhatibmas harus mengetahui secara dini potensi konflik sosial yang ada di wilayahnya.

8. Sat intel harus tahu secara dini potensi konflik dengan *TNI selesaikan sebelum potensi konflik menjadi besar*".


Penelusuran Kompas.com:

Kepala Biro Pelayanan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa pesan tersebut tidak benar alias hoaks.

"Pesan yang mengatasnamakan Kapolri itu hoaks. Beredar melalui WA dan diviralkan di medsos," ujar Dedi saat dihubungi Kompas.com , Kamis (13/6/2019).

Dedi mengungkapkan, awalnya pesan tersebut diterima oleh pihak Kepolisian sejak Senin (10/6/2019).

Ia juga mengatakan, istilah Democratic Policing bukan bermakna TNI tunduk pada hukum kepolisian.

"Democratic Policing maksudnya pemolisian masyarakat di era demokrasi dengan ciri-ciri bahwa Polri menjunjung tinggi supremasi hukum, hak asasi atau sebagian hak-hak sipil, dan mengamankan nilai-nilai demokratis," ujar Dedi.

Menurut Dedi, hingga saat ini tim siber masih mendalami akun-akun penyebar konten-konten hoaks tersebut.

Sementara itu, bantahan juga dituliskan oleh admin Instagram Divisi Humas Polri.

"Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., tidak pernah mengeluarkan Arahan dalam bentuk brodcast tersebut. Bagi penyebar berita atau konten hoax dapat dipidana sesuai dengan UU ITE Nomor. 19 Tahun 2016 dan UU Nomor. 1 Tahun 1946 dengan ancaman hukuman sampai 10 tahun," tulis admin Divisi Humas Polri.



SUMBER
Kompas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
serius ini ada hansiphoaks? keren kaskus neh!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
why.raya dan 8 lainnya memberi reputasi
lol... kaum sumbu pendek dan sejenisnya ga cape2 bikin hoax dengan tujuan membenturkan TNI vs Polri emoticon-Embarrassment

Fitnah dan adu domba hukumnya apa sih di agama mereka? emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 7 lainnya memberi reputasi
hoax dan propaganda....hmmmm kerjaan partai PK...I...S.
bagi mereka jihad mah bebas,menghalalkan segara cara....khilaf ah harga mati...
adu domba tni dan polri...penjagaan jd kendor...booom booom booom...dapet mek 72 bidadara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 10 lainnya memberi reputasi
Ada kaum yang ingin mengadu domba POLRI dan TNI. Kalau urusan hoax meng hoax siapa lagi suhunya kalau bukan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Jelas ada dong gan hehe,
Pantengin terus ya!
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gimmefive dan 10 lainnya memberi reputasi
pejwan kah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 2 lainnya memberi reputasi
Mantap gan... Berantas hoax
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
kapan ya kita gak kena berita hoaxemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
broadcast ke grup wa emak emak deh langsung pada heboh nanti emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ntar ss-in tanggapan emak-emak yg heboh ya bree...

Asyik banget beud liat muke emak-emak ketakutan klo kena razia hoax, pasti alesannya asplak emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gimmefive dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh profesor.id
hansip hoax???

Kaskus makin mantab.... emoticon-Belo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 5 lainnya memberi reputasi
jadiin HT biar pd tau

terima BATA ONLY!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 5 lainnya memberi reputasi
Semua tunduk pada rakyat, bukan sebagian rakyat!

Pitonah lebih kejam daripada pembunuhan emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
ternak kampret gampang ya, kasih makan hoax ckup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AntiMAHOgan dan 3 lainnya memberi reputasi
Makin luas kewenangan polri... besok presiden bisa d tangkap pulisi klo salah dikit..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
kalo udah kebanyakan malah bingung mana berita yang kaga hoax dan mana yang hoax mesti ditelusuri dulu uang akurat emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
yg bikin mesti dicari dan dihukum mati nih !!
udah membahayakan negara soalnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gimmefive dan 3 lainnya memberi reputasi
Ntar dihajar 2 kubu baru minta maaf yahemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
gokil kaskus ada hansip hoaks emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Emak2 pada lari lari emoticon-Ngacir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di