alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Imbauan Jokowi Pakai Baju Putih ke TPS Masuk Gugatan Prabowo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d00d0702f568d48905af44f/imbauan-jokowi-pakai-baju-putih-ke-tps-masuk-gugatan-prabowo

Imbauan Jokowi Pakai Baju Putih ke TPS Masuk Gugatan Prabowo

Jakarta, CNN Indonesia -- Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai sikap Joko Widodo yang mengimbau pendukungnya agar memakai baju putih saat mencoblos sebagai pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM). Itu termaktub dalam pokok permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 yang diserahkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi ke Mahkamah Konstitusi.

Pada poin 104 berkas permohonan, BPN menilai imbauan memakai baju putih termasuk pelanggaran terstruktur karena dilakukan langsung oleh Jokowi, yang merupakan calon presiden petahana pemegang struktur tertinggi dalam pemerintahan Indonesia.

Kemudian, imbauan mengenakan baju putih dinilai sebagai pelanggaran sistematis karena dengan matang direncanakan agar dilaksanakan di hari pencoblosan 17 April lalu.

Imbauan mengenakan baju putih ke TPS disebut sebagai pelanggaran masif karena dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia yang dapat mempengaruhi psikologi pemilih. Bahkan, juga dikatakan bisa menimbulkan intimidasi kepada kalangan yang tidak memilih Jokowi di TPS.


BPN menganggap imbauan Jokowi tersebut sebagai pelanggaran TSM terhadap asas pemilu yang rahasia.

BPN menilai imbauan tersebut termasuk dalam pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) atas asas pemilu yang bebas dan rahasia.

"Ajakan dari kontestan pemilu yang demikian bukan hanya berbahaya menimbulkan pembelahan di antara para pendukung, tetapi juga nyata-nyata telah melanggar asas rahasia dalam Pilpres 2019," mengutip poin 102 dalam pokok permohonan Prabowo-Sandi yang diserahkan ke MK.

BPN juga menganggap imbauan tersebut pun termasuk pelanggaran serius atas asas pemilu yang bebas. Menurut mereka, imbauan itu mempunyai pengaruh psikologis terhadap para pemilih di TPS.

"Amat boleh jadi menimbulkan tekanan psikologis dan intimidatif bagi pemilih yang tidak memilih Paslon 01, dan karenanya tidak berkenan memakai baju putih," mengutip bunyi poin 103.

BPN menganggap imbauan memakai baju putih ke TPS bertentangan dengan asas pemilu yang bebas dan rahasia seperti yang termaktub dalam Pasal 22E Ayat (1) UUD 1945. Mereka menilai itu sebagai pelanggaran yang mendasar.

"Dan karenanya sudah sepatutnya Paslon 01 didiskualifikasi sebagai pasangan calon peserta Pilpres 2019," mengutip poin 105.

Mengenai hal ini, BPN menyertakan bukti berupa tiga link berita media dalam jaringan atau online. Bukti tersebut dilampirkan dengan nomor P-36, P-37 dan P-37a.

Pengamat hukum tata negara Feri Amsari menganggap imbauan memakai baju putih ke TPS sulit dibuktikan sebagai pelanggaran bersifat TSM.

Pertama, karena tidak banyak pendukung Jokowi yang mengikuti imbauan tersebut pada 17 April 2019 lalu. Kedua, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf juga berhenti melontarkan imbauan tersebut setelah dikritik sejumlah pihak.

"Enggak banyak kan yang mengikuti, jadi ya enggak bisa dikatakan TSM," tutur Feri saat dihubungi, Rabu (12/6).

"Kayaknya semua hal dimasukkan BPN, bisa-bisa permohonan tidak fokus," kata Feri.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ugatan-prabowo

Trus yg ajak lebaran di TPS kmrn piye, mbang!!???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hatalomba dan 8 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Baiknya gak pake baju aja
profile-picture
c4rizma memberi reputasi
benar2 terstruktu, sistematis dan masiv

































KEGOBLOKAN BPN 02
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donothing dan 8 lainnya memberi reputasi
baiknya ga usah pake baju ja, bahkan sempak pun jangan karena mengandung iluminati


kampretlogic
profile-picture
devi.jon memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Om wowo
tolong ini masukin juga ke gugatan

patut dicurigai panitia pemungutan suaranya belum cukup umur
Imbauan Jokowi Pakai Baju Putih ke TPS Masuk Gugatan Prabowo



emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryozak dan 15 lainnya memberi reputasi
subannalloh...

jaka sembung bawa golok..ga ada nasbung yg ga goblok emoticon-Mad

Mat Kopet kesamber Gledek..Ga ada kampret yang ga geblek emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
C~LUVers dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ceo.amigroup
kan kan kan
nunggu episode selanjutnya aja lah
yang episode ini jadinya malah semacam lucu lucuan emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
Lt.Evans dan hatalomba memberi reputasi
sakarepmu lah wooooook
profile-picture
hatalomba memberi reputasi
Ga ada orang goblog senatural nasbung konthol


emoticon-Ngakak
jangan kasih kendor pret
Kaesang pake celana jeans ke acaranya bu ani gak dimasukin jg ama BPN. Kecurangan jg kan itu? Curang soalnya SBY gak ikutan marah ke kaesang seperti halnya wowok yg dimarahi SBY.... emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
C~LUVers dan donothing memberi reputasi
masa disuruh bugil ke tps emoticon-Ngakak

BPN menilai imbauan tersebut termasuk dalam pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) atas asas pemilu yang bebas dan rahasia.
Kalo bebas berarti boleh milih pimpinan non muslim tanpa takut jenazahnya ga di mandiin dong?
Wkwkkkķk
Lebayyyyyy
Quote:


Astajim inih rejim menghalalkan segala caraemoticon-Mad









emoticon-Leh Uga
Siapapun yg dukung oposisi kenapa nyeleneh sih. Sakit loh otaknya
Ga sekalian masukin gugatan petugas kpps yg pakai baju avenger gitu? Pake topeng jadi ga keliatan anggota kpps beneran apa anggota avengers beneran.
wah kurang bahan nih
goblog ape kekanakan yak
Hahaha,

Yang penting 01 harus didiskualifikasi dan 02 harus segera di lantik jadi Pleciden....

emoticon-Ngakak
profile-picture
diehard57 memberi reputasi
ayo balas....

https://www.liputan6.com/pilpres/rea...-17-april-2019
https://www.merdeka.com/politik/joko...t-nyoblos.html

padahal mo nyama2in juga, gimana mo intimidasi ? emoticon-Big Grin
https://news.detik.com/berita/d-4488...akai-baju-sama

emoticon-Ngacir

Quote:


pantas aja 02 KALAH kemaren, banyak pengkhianat nih dr kubu 02 emoticon-Mad

para PENGKHIANAT dari kubu 02 nih ayo di bully emoticon-Ngacir

Spoiler for Pengkhianat:


pantes aja 02 bisa kalah nih karena di khianati ? emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
donothing dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Uthe18
lah itukan cuma imbauan emoticon-Cape d... (S) gw kemaren nyoblos pake celana santai sama kaos tulisan jeep boleh kok nyoblos ga dipermasalahkan emoticon-Cape d... (S)
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di