alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Eks Panglima GAM Klarifikasi soal Referendum: Itu Spontan, Aceh Tetap Pro-NKRI!
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d00ab72e83c7201956f902a/eks-panglima-gam-klarifikasi-soal-referendum-itu-spontan-aceh-tetap-pro-nkri

Eks Panglima GAM Klarifikasi soal Referendum: Itu Spontan, Aceh Tetap Pro-NKRI!

Eks Panglima GAM Klarifikasi soal Referendum: Itu Spontan, Aceh Tetap Pro-NKRI!

Banda Aceh - Eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf mengklarifikasi soal ajakan referendum bagi rakyat Aceh. Dia mengaku ajakan mengikuti jejak Timor Timur dilakukannya secara spontan.

"Saya lakukan hal tersebut secara spontan kebetulan pada event peringatan haul meninggalnya Teungku Hasan Muhammad Ditiro (Wali Nanggroe Aceh)," kata Muzakir dalam video yang dilihat detikcom, Rabu (12/6/2019).

Muzakir terlihat berbicara di depan kamera sambil berdiri. Dalam video berdurasi 1 menit 16 detik itu, pria yang akrab disapa Mualem ini memperkenalkan diri sebagai Ketua Partai Aceh (PA) dan Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA).

KPA sendiri adalah organisasi tempat bernaungnya mantan kombatan GAM pasca-perdamaian MoU Helsinki pada 15 Agustus 2005. Dalam video tersebut, Mualem juga mengungkapkan empat poin.

"Saya menyadari rakyat Aceh saat ini cinta damai dan pro-NKRI," jelasnya.

Dia juga berharap butir-butir perdamaian yang diteken antara GAM dan pemerintah Indonesia yang belum sesuai dituntaskan ke depan. Selain itu, Mualem berharap Aceh lebih maju.

"Saya berharap Aceh ke depan harus lebih maju, membangun provinsi Aceh dalam bingkai NKRI," bebernya.

Berikut ini klarifikasi lengkap Muzakir Manaf:

Saya Muzakir Manaf selaku Ketua PA dan KPA menyatakan sebagai berikut:
1. Bahwa menyatakan saya tentang referendum tidak... (satu kata tidak jelas terdengar pengucapannya) rakyat Aceh saya lakukan hal tersebut secara spontan kebetulan pada event peringatan haul meninggalnya Teungku Hasan Muhammad Ditiro.
2. Saya menyadari rakyat Aceh saat ini cinta damai dan pro-NKRI.
3. Saya berharap Aceh ke depan harus lebih maju membangun provinsi Aceh dalam bingkai NKRI.
4. Hal-hal lain yang menurut saya belum sesuai pasca-MoU Helsinki akan saya buat... (satu kata tidak jelas terdengar pengucapannya) sendiri guna menuntaskan semua butir-butir MoU Helsinki ke depan.



Seperti diketahui, pidato Muzakir terkait referendum viral di media sosial. Dilihat detikcom, Rabu (29/5/2019), pria yang akrab disapa Mualem ini menyampaikan pidato saat memperingati sembilan tahun wafatnya Wali Neugara Aceh, Paduka Yang Mulia Tgk Muhammad Hasan Ditiro. Acara digelar di Banda Aceh pada Senin (27/5) malam.

Acara haul ini dihadiri sejumlah pejabat di Aceh dan mantan kombatan GAM. Dalam sambutannya, Mualem mengaku Indonesia saat ini sudah di ambang kehancuran.

"Alhamdulillah, kita melihat pada masa ini, bahwa negara kita Indonesia keadilan entah ke mana dan demokrasi entah ke mana. Jadi kita sama-sama melihat Indonesia diambang kehancuran dari segi apa saja. Kita ikut merasa sedih melihat keadaannya. Itu sebabnya, Pak Pangdam saya minta maaf, Aceh mungkin ke depan lebih baik kita minta referendum saja," kata Mualem disambut tepuk tangan tamu undangan.
Terkaing-kaing

Kenapa ga jadi? Padahal sudah banyak yg bergembira terhadap pernyataan mau merdeka ini...
emoticon-Leh Uga



profile-picture
profile-picture
profile-picture
korbanfirdosoil dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh unicorn.phenex
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Kek emoticon-Tai: emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kurang2in nyimeng pak,korslet kan otak lu
profile-picture
deferclown memberi reputasi


Quote:


Sampah memang nih daerah emoticon-Ngakak
belon sebulan udah lembek
siapanya si brutus nih? kok mirip wajahnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan anjaz17 memberi reputasi
uhuyy
Wolololo, akhirnya
emoticon-Leh Uga dikira grandong & gerombolannya Wiwi cuma planga plongo, ledha ledhe... eh inner circle wowok sekelas kiplan, sunarko, sofyan jacob, (mnyusul lainnya) pada ditangkepin... jiper juga dia emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan deferclown memberi reputasi
kalau 50% lebih APBA masih menggantungkan dari dana otsus mending instropeksi deh.
profile-picture
korbanfirdosoil memberi reputasi
spontan.....khilaf......???


Eks Panglima GAM Klarifikasi soal Referendum: Itu Spontan, Aceh Tetap Pro-NKRI!






emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
korbanfirdosoil dan 4 lainnya memberi reputasi
Takut diciduk, takut ngikuti jejak kipli zen...
Makanya rame2 pd sok2an mendukung RI
Kek si Rijik tuh emoticon-Leh Uga
profile-picture
korbanfirdosoil memberi reputasi
spontan alias ga mikir duluan ya blog?
profile-picture
korbanfirdosoil memberi reputasi
idup drsubsidi pusat income aceh minus .... termiskin terkorup hmmmm apa istimewanya slain itu
GIF
profile-picture
korbanfirdosoil memberi reputasi
kalo ini takutnya bukan karena diancam dikarungin atau ditangkep, kalo yang ini takutnya karena periuk nasinya alias duit otonomi khusus Aceh kalo di-stop, bisa bahaya buat pendapatan sehari-hari dia. Gak bisa hidup enak lagi nanti, bisa hidup morat-marit kalo gak ada duit itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 2 lainnya memberi reputasi
Spontan gara gara pake ganja ya ?


emoticon-fuck
Takut banget dipenjara. emoticon-Ngakak
Bijimane sih.. emoticon-Big Grin
ngaku ae mau caper demi si wok yak

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh scorpiolama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baksourattulang dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh baka1412
kicepkah?? atau menyusun strategi baru
intel pentium 3 + ram 64mb


beginilah hasilnya emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
korbanfirdosoil dan scorpiolama memberi reputasi
emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di